Allah adalah pencipta dan penguasa alam semesta.ia lah yang memberi nafas hidup kepada kita dan segala ciptaan bergantung kepadanya (Kis 17:28).ia adalah allah yang kita sembah,lebih daripada itu ia telah memberi anugrah keselamatan kepada kita (Mzm 40 :6 ;Rat 3:22-23).

Keselamatan yang kita terima dalam yesus kristus tidak dapat dipisahkan dari pengenalan akan allah yang benar (Yoh 17:3).karena panggilan keselamatan dari allah atas kita bukan hanya untuk menikmati anugrah dan kebaikannya,melainkan juga untuk mengasihinya dan memperkenankan hatinya (Mat 22:34-40).

Bagaimana kita dapat mengasihi allah tanpa kita mengenalnya?

Jawabannya,sesungguhnya kita telah menerima anugrah keselamatan dan mengalami kebaikan allah harus bertumbuh dalam pengenalan akan dia (Kol 1:10).

1.Cara memahami hal-hal tentang allah secara terbatas

Pembicaraan tentang allah merupakan hal yang abstrak,karena allah bukanlah objek yang dapat dianalisa,diraba,dilihat dan diobservasi.namun hal ini tidak berarti kita tidak dapat memahami hal-hal tentang diri allah.

kita dapat mengenal allah dan memahami tentang diri allah bukan berdasarkan upaya rasio dan pengamatan kita,melainkan berdasarkan pernyataan allah sendiri kepada kita melalui wahyu dan firmannya yaitu Alkitab.

Siapakah allah? kita dapat menjawab pertanyaan ini dengan sempurna.Musa pernah bertanya kepada allah tentang namanya,tetapi allah menjawab :aku adalah aku (Kel 3:14).jawaban allah ini mengandung makna bahwa ia adalah pribadi yang tidak dapat dibatasi dengan penjelasan kata-kata.

Kita dapat memahami dan mengenal allah,namun tidak dapat seutuhnya atau sempurna (Ul 29:29).jadi tidak ada seorang pun yang bisa berkata bahwa ia telah mengenal dan memahami hal-hal tentang allah dengan sempurna,bukan karena kita berdosa,melainkan karena ketidakterbatasan allah dan keterbatasan kita.Manusia sebagai ciptaan yang terbatas tidak mungkin dapat memahami sepenuhnya pencipta yang tidak terbatas.

Meskipun kita dapat mengenal allah secara sempurna,tetapi kita dapat mengenal hal-hal yang benar tentang diri allah,karena Alkitab sebagai firman allah mengungkapkan itu semua,misalnya : Allah adalah kasih (1 Yoh 4:8), Allah adalah roh (Yoh 4:24), Allah adil dan benar (rom 3:4).

2.Atribut-atribut / sifat yang menjadi ciri khas  allah

Sebagai yang maha tinggi,Allah memiliki atribut-atribut jati dirinya yang merupakan karakteristik dan kualitas yang tetap dari allah.atribut-atribut tersebut dapat digolongkan menjadi :

  1. Atribut-atribut metafisis
  2. Atribut-atribut moral
  3. Doktrin Tritunggal

 

1.Atribut-atribut metafisis adalah atribut-atribut yang berada diluar jangkauan pemahaman manusia,karena hal tersebut tidak dimiliki oleh ciptaan (Manusia), mislnya :

  • Allah ada pada dirinya sendiri (Kis 17:24-25).atribut ini disebut juga atribut independen.Allah tidak bergantung pada apapun diluar dirinya.ini berarti allah tidak disebabkan oleh apapun dan tidak harus membutuhkan ciptaan bagi kepentingannya.
  • Allah tidak terbatas dalam segala hal,baik dalam kuasanya,pengetahuannya maupun keberadaannya,termasuk kuasa iblis dan setan yang melampaui kuasa allah.Allah adalah raja atas dunia dan alam semesta. allah juga maha tahu.Allah mengetahui segala peristiwa dengan sempurna baik yang sudah terjadi,sedang terjadi maupun yang akan terjadi.ia bahkan mengetahui pikiran dan hati setiap orang (Mzm 44:22,Why 2:23).sebab itu tidak satupun perbuatan kita yang luput dari pengetahuan dan perhatian allah karena ketidakterbatasannya.Allah juga bisa hadir dimana saja.
  • Allah itu esa (hanya satu). (Ul 6:4, Tim 2:5).Allah adalah keberadaan yang termulia dan unik.tidak ada sesuatu apapun diluar diri allah yang setara dengannya.
  • Allah tidak berubah (Rom 1:23 ; Tim 6:16 ;Yak 1:17).allah bersifat sempurna sehingga ia tidak mengalami proses atau perubahan.
  • Allah berada dari kekal sampai kekal (Yes 40:28;Yer 10:10;Dan 6:27;Why 1:8,4:8).kekekalan allah bukan saja berarti keberadaannya tidak berakhir,melainkan keberadaannya tidak bermula,keberadaan Allah tidak disebabkan sesuatu apapun.

 

2.Atribut-atribut moral yaitu atribut-atribut yang menunjukan karakteristik dan kualitas moral dan kebajikan allah.Atribut tersebut menyatakan kepada kita bahwa allah adalah allah yang sempurna dalam hikmat,keadilan,kebenaran dan kebajikan moral.Atribut-atribut tersebut misalnya :

  • Allah sempurna.ia tidak pernah berencana dan bertindak salah dalah kehendak dan rencananya.
  • Allah berhikmat (Ayb 9:4 ; Rom 16:27).Allah selalu mengetahui apa yang terbaik.
  • Allah penuh kebenaran (Tit 1:2 ; Ibr 6:18).allah tidak pernah berkata atau bertindak salah.
  • Allah penuh keadilan (Kej 18:25 ; Ul 32:4).Allah senantiasa bertindak,menetapkan hukum,menghakimi dan menghukum dengan adil.
  • Allah kudus/suci (Im 11:45,Sam 2:2,Yes 6:3,Why 4:8).Allah secara total dan mutlak tidak tercemar oleh dosa dan pada diri allah tidak punya dosa.
  • Allah penuh kebaikan (Mzm 100:5,Luk 18 :19).Allah tidak pernah bermaksud dan bertindak jahat atau merugikan ciptaannya.ia adalah allah yang penuh kebaikan dan kesabaran,tetapi ia juga dapat bersikap tegas dalam menghukum manusia yang menentangnya dan mendidik orang-orang percaya (Rom 11:22).
  • Allah kasih (Yoh 3:16 ; 1 Yoh 4:8).Allah menyatakan kasihnya yang terbesar dengan mewujudkan jalan keselamatan (penebusan dosa) bagi yang seharusnya mendapat hukuman.Kasih allah juga diwujudkan  dalam belas kasihannya terhadap mereka yyang tertindas dan dalam penderitaan (2 Kor 1:3).Wujud kasih allah juga nyata dalam kesabarannya untuk menanti dan memberi kesempatan pertobatan serta menahan penghukuman/murkanya (Kel 34 :6,Mzm 103:8).
  • Allah berdaulat (Rom 9:11-21). artinya adalah Allah mempunyai kekuasaan tertinggi atas segala sesuatu.tidak ada aspek atau bagian dari realitas ciptaannya dimana allah tidak berkuasa.ia berdaulat melakukan kehendak dan rencananya atas dunia dan umatnya.Ia berdaulat menjawab dan menolak permintaan dan doa kita (Ul 3:23-29 ; Dan 3:16-18), sesuai dengan kehendak dan rencananya  (Yes 55:8).

 

3.Doktrin Tritunggal / Trinitas

Doktrin tritunggal atau trinitas merupakan salah satu doktrin yang sangat penting bagi kekristenan yang sulit dipahami.ini tidak berarti doktrin ini tidak dapat dipahami atau dimengerti.

Tanpa pemahaman yang benar tentang doktrin ini ,akan sulit untuk memahami doktrin tentang pribadi yesus kristus,doktrin penebusan kristus,doktrin keselamatan ,doktrin roh kudus.

Konsep tentang allah dalam doktrin tri tunggal merupakan konsep yang unik dalam kekristenan,dan tidak terdapat dalam agama-agama lain selain kristen.

1.Pengertian Tri tunggal / Trinitas

Kata Tri tunggal berasal dari pengertian kata Inggris yaitu Trinity, dalam bahasa Indonesia Trinitas.Kata Trinity berasal dari bahasa latin merupakan gabungan dari kata tri (berarti tiga),dan Unity (berarti kesatuan),jadi secara hurufiah berarti tiga tetapi satu kesatuan.

Secara singkat doktin tri tunggal menyatakan bahwa allah adalah allah yang bertiga pribadi,tetapi buka tiga allah melainkan tetap satu allah yang esa.kata tri tunggal tidak terdapat dalam alkitab.kata itu dipakai untuk menyimpulkan pengajaran yang terkandung dalam alkitab bahwa allah adalah allah yang memiliki tiga pribadi tetapi tetap satu allah.

2.Inti doktrin tri tunggal dalam alkitab

Doktrin Tri tunggal secara singkat mengajarkan :

  • Allah adalah allah yang memiliki tiga pribadi
  • Setiap pribadi adalah allah
  • Ketiga pribadi adalah satu allah.

 

a.Allah adalah allah yang memiliki tiga pribadi

Alkitab menyatakan kepada kita  bahwa ada tiga pribadi yang memiliki atribut dan otoritas sebagai  Allah yaitu : Allah bapa,Anak dan roh kusus.

Pernyataan tiga pribadi yang berbeda ini sangat jelas dalam peristiwa pembabtisan  Yesus kristus oleh Yohanes pembabtis (Mat 3:13-17,Mark 1:9-11,Luk 3:21-22,Yoh 1:32-34).

b.Setiap pribadi adalah allah

Masing-masing pribadi :bapa,anak dan roh kudus adalah allah itu sendiri.Bapa adalah allah, anak adalah allah,roh kudus adalah allah.tentang keallahan bapa,alkitab menyatakan dengan jelas (1 Kor 8:4,1 Tim 2:5-6).

Tentang keallahan yesus kristus (Fil 2:5-11,Yoh 1:1-2) dengan jelas menyatakan :sekalipun yesus kristus memang tidak pernah menyatakan secara eksplisit bahwa ia adalah allah,tetapi berdasarkan perkataan-perkataan  dan otoritas yesus,yang dikatakan dengan sadar membuktikan dengan pasti bahwa yesus adalah allah, misalnya :

  • Yesus memiliki otoritas untuk mengutus malaikat (Mat 13:41, Luk 12:8-9)
  • Yesus memiliki otoritas untuk mengampuni dosa (Mrk 2:5)
  • Yesus memiliki otoritas untuk menghakimi (Mat 25:31-46)
  • Yesus dan bapa adalah satu (Yoh 10:30)
  • Yesus berpraeksistensi (Yoh 1:1.8:58, Fil 2:6)
  • Yesus berasal dari sorga (Yoh 3:13)
  • Yesus tidak menolak disebut secara langsung atau tidak langsung sebagai allah (Mat 16:16, 26:63, Yoh 19:7, 20:28)
  • Ia melakukan penciptaan.

 

Yesus kristus semua perkataannya benar dan membuktikan bahwa ia adalah allah atau tuhan.

Tentang ke allahan roh kudus,alkitab menyatakan bahwa ia mempunyai atribut dan otoritas ilahi yaitu :

  • Ia bersifat kekal (Ibr 9:14)
  • Ia Maha tahu (1 Kor 2;10-11)
  • Ia secara tidak langsung disebut allah (Kis 5:11, 1Kor 6:19-20)
  • Ia memiliki kuasa allah yang maha tinggi (Luk 1:35)
  • Ia memiliki kuasa untuk melakukan mujizat (Rom 15:19)
  • Ia melakukan pekerjaan yang hanya dilakukan allah (Yoh 3:5-8, 16:18-11)

 

Dari sini kita dapat menyimpulkan  bahwa roh kudus adalah pribadi ilahi,yang memiliki atribut dan kuasa sebagai allah. karena ia adalah allah,ia memiliki atribut,otoritas dan kuasa yang sama dengan allah.

Bapa, allah anak,allah roh kudus,ketiga pribadi tidak berbeda dalam atribut keallahan,baik kuasa,otoritas,kemuliaan,kekekalan,dan kesucian.

Yesus kristus adalah pribadi yang unik,khususnya dalam hal hakekat dan identitasnya.Yesus kristus adalah sepenuhnya allah,dan sepenuhnya manusia dalam satu pribadi dan keduanya tak dapat dipisahkan.

Alkitab memberi bukti bahwa yesus adalah allah itu sendiri yaitu :

  1. Keberadaan Yesus kristus bersifat praeksistensi.permulaan keberadaannya bukan sejak ia dilahirkan atau berada dalam dunia ini.sebelum ia dilahirkan,sesungguhnya ia sudah ada (Yoh 8:58). ini menunjukan bahwa keberadaannya melampaui ruang dan waktu.ia bukan berasal dari dunia ini (Yoh 8:23), dan keberadaannya bersifat kekal (Why 22:13).
  2. Yesus kristus mempunyai hidup pada dirinya sendiri. hanya allah yang mempunyai hidup pada dirinya sendiri (Yoh 5:26). tidak ada satu ciptaan allah yang sifatnya mempunyai hidup pada diri sendiri.
  3. Yesus kristus adalah pribadi yang layak untuk disembah. hanya allah yang mempunyai hak dan kelayakan ini.tidak satupun ciptaan,termasuk malaikat yang boleh disembah (Fil 2:9-11. Ibr 1:6, Why 19:10).
  4. Yesus mempunyai otoritas dalam memberi pengampunan (Mrk 2:5) dalam menghakimi dunia (umat manusia) (Mat 25:31-46) dan dalam mengirim malaikatnya (Mat 13:41)
  5. Yesus tidak berdosa.yesus tidak pernah berbuat kesalahan dan dosa.yesus adalah pribadi yang kudus,tanpa salah,tanpa noda (Ibr 7:26),tanpa dosa (1 Yoh 3:5), dan penuh kebenaran (1 Pet 3:18).

 

Setiap manusia memiliki dosa.dosa merupakan satu kenyataan yang selalu ada dalam kehidupan dan sejarah manusia.Alkitab mengajarkan bahwa dosa merupakan hal yang serius bagi  allah.berdasarkan keadilan dan kebenarannya setiap dosa pasti mengakibatkan penghukuman.Allah sangat membenci dosa karena dosa mutlak bertentangan dengan kekudusannya.

Pengertian dosa

Dosa adalah ketidaktaatan atau pelanggaran terhadap hukum moral allah,baik dalam tindakan nyata maupun dalam sikap hati atau pikiran.jadi dosa berkaitan dengan hukum moral allah.tanpa pengakuan adanya hukum allah dalam kehidupan manusia,kita tidak dapat berbicara tentang dosa.Rasul Yohanes mengatakan : setiap orang yang berbuat dosa,melanggar juga hukum allah,sebab dosa ialah pelanggaran hukum allah (1 Yoh 3:4).

Asal Usul dosa

Dari manakah asal dosa? siapa atau apakah yang menyebabkan dosa? .Kalah allah adalah pencipta segala sesuatu,apakah dengan demikian ia disebut juga penyebab adanya dosa? jawabannya adalah tidak.

Adanya dosa tidak mungkin disebabkan oleh allah.allah tidak melakukan sesuatu yang kontradiktif dengan dirinya sendiri. Golongan injili percaya bahwa dosa berasal dari kejatuhan malaikat ke dalam dosa,yaitu iblis dan pengikut-pengikutnya.

Alkitab menjelaskann asal mula dosa masuk ke dunia ini bermula dari ketidaktaatan adam dan hawa ,mereka melanggar perintah allah dengan memakan buah dari pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat (Kej 3:1-9). dalam hal ini Iblis melalui seekor ular berhasil membujuk adam dan hawa ke dalam dosa.

Dosa adam dan hawa bukan saja berakibat pada diri mereka sendiri,melainkan juga pada semua garis keturunan adam dan hawa. akibat dosa adam dan hawa tersebut pada keturunannya adalah manusia mewarisi kesalahan adam.

Semua keturunan adam dan hawa diperhitungkan atau terhisap dalam kesalahan adam dan hawa.sebab itu sama seperti oleh satu pelanggaran semua beroleh penghukuman,emikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup.jadi,sama seperti ketidaktaatan satu orang,semua orang telah berdosa,demikian pula oleh ketaatan satu orang semua menjadi orang benar (Rom 5:18-19).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here