Polkadot (DOT) Aset Kripto Multi Rantai Dan Kegunaannya

0
389

Polkadot menggunakan simbol DOT adalah salah satu aset kripto populer, Polkadot merupakan protokol jaringan yang memungkinkan data arbitrer untuk ditransfer melalui blockchain atau aplikasi multi rantai yang menghubungkan antar jaringan blockchain yang memungkinkan dilakukannya transfer data lintas rantai dan dalam hal ini bukan hanya token saja untuk ditransfer melintasi blockchain.Polkadot diketahui dikembangkan oleh Gavin James Wood seorang co founder dan direktur parity technologies.sebelumnya ia merupakan chief technology dan co founder dari proyek ethereum.

Parity technologies ditugaskan oleh Web3 foundation untuk membangun protokol Polkadot , Polkadot (DOT) merupakan proyek unggulan Web3 foundation yang didirikan untuk memfasilitasi web terdesentralisasi yang berfungsi dengan baik dan mudah untuk digunakan,mendorong pengembangan layanan dan aplikasi yang berjalan di atasnya.

Polkadot bertujuan untuk menyatukan dan mengamankan ekosistem yang berkembang dari blockchain khusus yang disebut dengan parachain,Aplikasi dan layanan dalam Polkadot tersebut dapat terhubung dengan aman di seluruh rantai,membentuk dasar web terdesentralisasi agar benar-benar dapat dioperasikan.

Beberapa kelebihan Polkadot diantaranya :

  • Skalabilitas, yaitu sistem yang mendukung banyak blockchain (parachain) sehingga transaksi dilaksanakan secara paralel dan efisien.
  • Interoperabilitas, yaitu bahwa dalam sistem Polkadot parachain dan aplikasi yang berjalan diatasnya dapat berfungsi dengan maksimal karena proyek tersebut didesain untuk dapat dioperasikan dan kompatibilitas antar blockchain.
  • Spesialisasi, yaitu Parachain dalam sistem Polkadot dapat disesuaikan dengan aplikasi tertentu atau penggunaannya.
  • Update tanpa fork, yaitu Polkadot dapat melakukan update dalam waktu singkat tanpa harus mengubah jaringan seluruhnya.

Polkadot mendukung berbagai data atau aset atau blockcain dengan transaksi yang mudah dan efisien dengan cara kerjanya secara paralel atau disebut parachain yang dapat ditambahkan atau dihapus yang berupa blockcain publik, atau aset data lainnya.

Beberapa proyek yang berdiri dalam jaringan Polkadot diantaranya :

  • Efinity,yaitu sebuah platform blockchain yang dirancang khusus untuk Non-Fungible Token atau NFT.
  • Parallel Finance,yaitu sebuah proyek Defi untuk ekosistem Polkadot dan Kusama.
  • Astar Network, yaitu Hub dApps atau aplikasi terdesentralisasi pada jaringan Polkadot.
  • Clover Finance, yaitu Sistem operasi blockchain yang menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk penyimpanan data dApp,kontrak pintar,protokol keuangan terdesentralisasi , dompet cryptocurrency yang tersedia pada browser web dan aplikasi seluler.

Harga Polkadot (DOT) saat ini berdasarkan pada coinmarketcap 1 token seharga Rp 96,546,66 IDR ,dengan volume perdagangan 24 jam Rp 2,553,330,816,875 IDR ,jumlah Kapitalisasi pasar Rp 108,810,638,334,048 IDR , jumlah peredaran suplai sebesar 1,127,026,422 DOT koin dengan peringkat 12#.

Disclaimer: Perdagangan aset kripto beresiko pasar yang tinggi, karena fluktuasi harga yang dapat berubah setiap saat, harap selalu melakukan riset dan mencari informasi suatu aset kripto sebelum melakukan perdagangan aset kripto apapun ,admin tidak menyarankan untuk membeli atau menjual suatu aset kripto tertentu melainkan hanya membahas informasi untuk menambah wawasan tentang suatu aset kripto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here