Beberapa Rekomendasi Wallet Kripto Yang Terbaik

0
522

Wallet Kripto (Cryptocurrency) sangat diperlukan untuk menyimpan koin-koin atau token kripto secara digital,jadi bisa diartikan sebagai dompet kripto digital berguna untuk melakukan penyimpanan aset-aset kripto misalnya : Bitcoin, Ethereum, Tether, XRP, Cardano,Solana,Dogecoin dan lain-lain.

Wallet kripto banyak model dan jenisnya maka tergantung pengguna dapat memilih mana yang lebih cocok untuk digunakan, dan intinya pengguna akan berusaha mencari Wallet kripto atau dompet kripto yang lebih aman,karena keamanan sangat penting apabila pengguna menyimpan aset kripto pada suatu wallet kripto karena nilai yang ada pada aset kripto tertentu maka keamanan dompet kripto sangat penting agar tidak diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Banyak pengguna yang masih awam belum terlalu paham akan pentingnya Wallet kripto, karena wallet kripto sendiri biasanya sudah disediakan oleh suatu Platform Kripto Exchange,adapun contoh Kripto Exchange yang terkenal misalnya Coinbase,Binance,KuCoin,FTX, dan untuk Exchange lokal Indonesia misalnya Indodax,TokoCrypto,Pintu dan lain-lain.

Namun Kripto Exchange pada dasarnya digunakan untuk melakukan transaksi jual atau beli aset-aset kripto dan suatu Bursa Exchange Kripto tersebut biasanya akan membebankan sedikit biaya atas transaksi jual atau beli terhadap suatu jenis aset kripto.Suatu Exchange Kripto juga akan menyediakan Wallet kripto atau dompet kripto digital kepada penggunanya yang dapat digunakan untuk menyimpan aset kripto ataupun melakukan jual beli.Tetapi bagi pengguna yang ingin menyimpan suatu aset kripto tertentu untuk jangka waktu yang lama misalnya 5 sampai 10 tahun,tentu saja menyimpan suatu aset kripto di Exchange cukup beresiko karena pengguna tidak sepenuhnya memiliki kendali sepenuhnya atas Wallet Kripto atau Dompet Kripto yang disimpan tersebut karena tidak diberikan private key. Private Key tersebut dapat diartikan sebuah kunci rahasia yang digunakan untuk melakukan enskripsi atau enskripsi data pada sebuah blockchain.

Jadi Wallet dan Exchange itu adalah dua hal yang berbeda dimana Exchange sebagai tempat transaksi jual beli sedangkan wallet adalah dompet atau tempat penyimpanan aset kripto yang dilengkapi dengan kunci rahasia (private key).Jadi setiap wallet kripto pasti memiliki private key yang diberikan kepada penggunanya.

Untuk penggunaan wallet juga cukup mudah yaitu dengan cukup membeli suatu aset kripto tertentu pada suatu Exchange kripto dan kemudian ditransfer ke wallet pribadi kamu untuk disimpan apabila akan disimpan untuk jangka waktu yang lama.oleh sebab itu sering orang mengatakan Kamu benar-benar memiliki aset kripto apabila kamu memiliki private key. Apabila tidak memiliki private key secara sederhana bisa istilahnya kamu menitip dana milikmu kepada orang lain.Dalam kehidupan sehari-hari dalam dunia nyata kadang seseorang menitip dana ke orang lain bisa juga disalahgunakan ,jadi untuk meminimalkan resiko maka perlu memiliki dompet atau wallet pribadi untuk menyimpan aset kripto.

Wallet kripto sendiri ada beberapa macam,ada yang didapatkan secara gratis dan ada yang berbayar.tergantung pengguna atau sesuai selera wallet mana yang akan dipilih untuk digunakan menyimpan aset kripto, ada pun beberapa wallet kripto tersebut yaitu :

  1. LEDGER NANO

Ledger Nano adalah Wallet kripto atau dompet atau tempat penyimpanan aset kripto seperti Bitcoin,Ethereum,Litecoin dan lain-lain yang aman dan bisa dibawa kemana saja ,Ledger Nano merupakan Hardware wallet bentuknya seperti USB dan mudah digunakan oleh pemula sekalipun ,keamanannya bagus. Ledger Nano merupakan dompet kripto berbayar sehingga pengguna harus membeli hardware terlebih dahulu.

Hardware wallet pada dasarnya tujuannya digunakan untuk menyimpan Private key ,dimana private key tersebut berguna untuk melakukan otentifikasi diri sehingga dapat mengakses blockchain dan aset-aset kripto yang ada pada blockchain.

Untuk menggunakannya juga cukup mudah dengan cara menghubungkan hardware wallet ke perangkat komputer untuk mengakses private key, dan keuntungan karena hardware yang ada bentuk fisiknya sehingga sulit untuk di intip oleh orang lain yang tidak berkepentingan.Apabila hardware wallet milikmu tersebut hilang maka tidak ada orang lain atau siapapun yang dapat mengakses wallet milikmu tersebut karena private key hanya kamu yang tahu, dan tanpa pemiliknya maka wallet tersebut tidak akan bisa dibuka. Apabila pemiliknya lupa kode private key maka pengguna dapat menggunakan seed phrase untuk membuat private key lagi.

2. TREZOR

Trezor merupakan hardwallet yang dapat digunakan untuk menyimpan bitcoin dan aset kripto lainnya dengan tingkat keamanan yang tinggi.wallet trezor tersebut cocok untuk orang yang ingin memiliki dompet kripto dengan keamanan yang tinggi,pengguna mendapatkan barang atau fisik wallet tersebut .Trezor dibuat oleh SatoshiLab yang ukurannya cukup kecil ,setiap wallet Trezor memiliki kode PIN yang akan selalu dibuat baru dari wallet dan meminimalkan resiko Private key diketahui oleh orang lain.Untuk penggunaannya wallet Trezor dapat digunakan melalui perangkat android atau aplikasi Trezor Wallet.

3. EXODUS

Wallet Exodus adalah salah satu dompet kripto yang mudah digunakan cocok untuk pemula karena gratis, yang mendukung banyak jenis aset-aset kripto yang dapat digunakan melalui perangkat komputer,laptop,Handphone.Wallet Exodus juga memiliki keamanan yang tinggi karena pengguna memiliki Private key dan pengguna memiliki kendali penuh atas aset-aset kripto yang disimpan di wallet tersebut.

Pada wallet Exodus juga terdapat layanan pelanggan 24/7 yang dapat dihubungi apabila ada pengguna yang membutuhkan bantuan layanan, dan juga terdapat inbuild exchange sehingga mudah melakukan transaksi aset kripto.

4. Trust Wallet

Trust wallet merupakan Dompet kripto yang sudah diakuisisi oleh Binance yang berguna untuk menyimpan,mengirim,menerima Aset-aset kripto seperti Bitcoin,Ethereum dan alt coin lainnya sampai dengan koin-koin micin yang berdiri pada jaringan Binance.

Dompet Trust Wallet menggunakannya juga cukup mudah karena terinstal di Handphone ,jadi bisa dibawa kemana saja. Untuk mendapatkan Wallet ini adalah Gratis dan tinggal melakukan download di Play Store.Pada Trust Wallet pada saat baru menggunakan dan ingin membuat Wallet baru, akan ada kode phrase sebanyak 12 kata yang kemudian akan diurutkan. Sebaiknya 12 kata dalam kode phrase tersebut ditulis terlebih dahulu di kertas atau apapun agar tidak lupa, dan kegunaan kode phare 12 kata tersebut harus disimpan dan jangan sampai hilang,karena itu berguna apabila Handphone milik kita hilang maka untuk melakukan recovery diperlukan 12 kata phrase tersebut.

Kelebihan lainnnya Trust Wallet juga memiliki DApps browser yang bisa diakses langsung dari dompet Trust Wallet. DApps sendiri dapat diartikan sebagai Aplikasi yang berjalan secara terdesentralisasi yang mengandalkan sistem blockchain yang menjaga keberlangsungannya melalui validator. Selain itu bisa juga melakukan staking aset-aset kripto khususnya yang berdiri pada jaringan Binance,BEP-20,ada juga NFT,dan banyak token-token lainnya.Mengirim atau menerima koin kripto dari trust Wallet ke Exchange juga cukup mudah dilakukan dengan waktu yang tidak terlalu lama.

5. Atomic Wallet

Atomic Wallet adalah dompet kripto terdesentralisasi yang mendukung kenyamanan,keamanan bagi penggunanya,kripto yang dapat disimpan di Atomic Wallet juga cukup banyak jenisnya.Kenyamanan pengguna lebih kepada privasi pengguna.

6. Metamask

Wallet Metamask merupakan wallet yang cukup populer dan gratis yang dapat digunakan untuk menyimpan koin atau aset kripto terutama yang berdiri pada jaringan Ethereum, Koin atau token pada Wallet Metamask lebih fokus pada Ethereum, ERC-20 dan juga bekerja sama dengan Uniswap sehingga sangat mudah untuk melakukan swap koin-koin yang berada pada jaringan Ethereum.

Keamanan Wallet Metamusk juga sangat bagus,penggunaanya cukup mudah.untuk instalasinya mirip dengan Trust Wallet dimana terdapat 12 kata kode phrase dan kode tersebut harus disimpan untuk mengantisipasi hilangnya akses ke dompet Metamusk milik anda.

Wallet kripto yang gratis tentu sangat mudah mendapatkannya dengan cara melakukan download dari play strore dan kemudian instalasi lalu siap untuk digunakan, untuk Wallet kripto yang berbayar seperti Ledger Nano,Trezor apabila ingin membeli sebaiknya langsung memesan melalui official storenya atau melalui situs resminya agar lebih terpercaya, memang akan ada biaya tambahan sedikit untuk pajak impor dan ongkos kirim tetapi untuk keamanan kode recovery wallet tersebut sebaiknya dipesan melalui situs resminya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here