Beranda blog

Ancaman hukuman bagi Pelaku Perbuatan tidak menyenangkan Memfitnah dan Pencemaran nama baik Menurut Hukum Pidana

0

Seseorang yang hidup di tengah-tengah masyarakat dan manusia sebagai mahkluk sosial tidak dapat terlepas dari berbagai kepentingan dalam interaksi sosial di dalam masyarakat,Dalam interaksi sosial tersebut banyak kejadian yang terjadi berupa perbuatan yang tidak dapat diterima oleh pihak lain atas perbuatan seseorang sehingga salah satu pihak merasa tidak nyaman,tidak tenang dengan adanya suatu masalah seperti pencemaran nama baik,memfitnah orang lain sehingga nama baiknya terganggu.

Di Indonesia setiap perbuatan tersebut apabila merugikan orang lain diatur dalam hukum positif yaitu Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan tentang hukum pidana.KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana) mengatur tentang perbuatan dan sanksi hukum bagi pelaku yang melakukan tindak pidana Melakukan Fitnah,Pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan. Adapun Pasal-pasal tersebut adalah :

1. Pasal 310 ayat (1,2,3) KUHP

  1. Barang siapa dengan sengaja menyerang kehormatan atau nama baik orang dengan jalan menuduh dia melakukan suatu perbuatan , dengan maksud yang nyata untuk menyiarkan tuduhan itu supaya diketahui oleh umum , karena bersalah menista orang , dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya sembilan bulan atau denda sebanyak-banyaknya empat ribu lima ratus rupiah.
  2. Kalau hal itu terjadi dengan surat atau gambaran ,yang disiarkan, dipertunjukan atau ditempelkan maka karena bersalah mencemar orang dengan surat , si pembuat dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya satu tahun empat bulan atau denda sebanyak-banyaknya empat ribu lima ratus rupiah.
  3. Tidak dapat dikatakan mencemar atau mencemar dengan surat jika nyata perbuatan itu dilakukan untuk mempertahankan kepentingan umum atau karena terpaksa untuk mempertahankan harga diri.

2. Pasal 311 KUHP ayat (1,2) KUHP

  1. Barangsiapa melakukan kejahatan mencemar atau mencemar dengan surat dalam ia diizinkan membuktikan kebenaran tuduhannya itu, karena bersalah memfitnah , ia dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya empat tahun , jika ia tiada dapat membuktikan kebenaran itu dan jika tuduhan itu dilakukannya sedang diketahuinya tidak benar.
  2. Pencabutan hak tersebut dalam pasal 35 No 1-3 boleh dijatuhkan.

3. Pasal 315 kUHP : Tiap-tiap penghinaan dengan sengaja yang tidak bersifat mencemar atau mencemar dengan surat yang dilakukan terhadap seseorang , baik di muka umum dengan lisan atau dengan surat , baik di muka orang itu sendiri dengan lisan atau dengan perbuatan, atau dengan surat yang dikirimkan atau diterimakan kepadanya ,karena bersalah melakukan penghinaan ringan , dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya empat bulan dua minggu atau denda sebanyak-banyaknya empat ribu lima ratus rupiah.

4. Pasal 317 ayat (1,2) KUHP

  1. Barang siapa dengan sengaja memasukkan atau menyuruh menuliskan surat pengaduan atau surat pemberitahuan yang palsu tentang seseorang kepada pembesar negeri ,sehingga kehormatan atau nama baik orang itu terserang, dipidana karena bersalah memfitnah dengan pengaduan dengan pidana penjara selama-lamanya empat tahun.
  2. Pencabutan hak tersebut dalam pasal 35 No 1-3 dapat dijatuhkan.

5. Pasal 318 ayat (1,2) KUHP

  1. Barangsiapa sengaja dengan sesuatu perbuatan ,menyebabkan orang lain dengan palsu tersangka membuat pidana , dipidana karena bersalah memfitnah dengan perbuatan , dengan pidana penjara selama-lamanya empat tahun.
  2. Pencabutan hak tersebut pada pasal 35 No 1-3 boleh dijatuhkan.

Pasal 35 ayat (1) KUHP : Hak orang yang bersalah, yang dapat dicabut dalam putusan hakim dalam hal yang ditentukan dalam kitab undang-undang ini atau dalam peraturan umu lain , yaitu yang tersebut di bawah ini :

ke-1 Menjabat segala jabatan atas jabatan tertentu

ke 2 menjadi militer

ke 3 memilih dan dapat dipilih pada pemilihan yang dilakukan karena undang-undang umum

ke 4 menjadi penasehat atau wali,atau wali pengawas atau pengampu atau pengampu pengawas atas orang lain daripada anaknya sendiri

ke 5 kekuasaan bapak, perwalian dan pengampuan atas anaknya sendiri

ke 6 melakukan pekerjaan yang ditentukan.

Pasal 310 KUHP tentang Penghinaan , Menurut R.Sugandhi,SH dalam buku KUHP dan penjelasannya menjelaskan bahwa Menurut pengertian umum , “menghina” adalah ” menyerang kehormatan” dan “nama baik” seseorang. akibat daripada serangan ini biasanya penderita akan merasa malu. Agar dapat dituntut pasal tersebut, maka penghinaan harus dilakukan dengan cara demikian rupa ,sehingga dalam kata-kata hinaan itu terselip tuduhan ,seolah-olah orang yang dihina itu telah melakukan perbuatan tertentu , dengan maksud agar tuduhan itu tersiar (diketahui oleh orang banyak). Sasaran dari penghinaan tersebut harus diarahkan kepada manusia perseorangan ,jelasnya bukan instansi pemerintah,pengurus suatu perkumpulan,segolongan penduduk dan lain-lain. Semua penghinaan ini dapat dituntut, hanya apabila ada pengaduan dari orang yang dihina kecuali penghinaan terhadap seorang pegawai negeri yang sedang melakukan tugasnya (Pasal 316 dan 319 KUHP).

Penghinaan seperti Menista (Pasal 310 ayat 1 KUHP), menista dengan surat Pasal (310 ayat 2 KUHP), Memfitnah (pasal 311), penghinaan ringan (pasal 315 KUHP), Mengadu secara memfitnah (Pasal 317 KUHP),Menuduh secara memfitnah Pasal 318 KUHP) hanya dapat dituntut ,hanya apabila ada pengaduan dari orang yang dihina dan Penghinaan (Pasal 310 KUHP) termasuk dalam delik aduan absolut (mutlak) yang artinya peristiwa pidana yang hanya dapat dituntut , apabila ada pengaduan.

Pengajuan dan penarikan kembali pengaduan perkara kejahatan yang hanya dapat dituntut atas pengaduan yaitu pada pasal 72 KUHP.

Pasal 72 ayat (1,2) KUHP :

  1. Selama orang yang terhadapnya dilakukan kejahatan yang hanya dapat dituntut atas pengaduan ,umurnya belum cukup enam belas tahun dan lagi di bawah umur,atau selama ia di bawah pengampuan yang disebabkan oleh hal lain daripada keborosan, maka wakilnya yang sah dalam perkara sipil yang berhak mengadu.
  2. Kalau yang berhak mengadu itu tidak ada ,atau kalau ia sendiri yang harus diadukan ,maka penuntutan dapat dilaksanakan atas pengaduan wali atau pengawas,atau pengampu atau majelis yang menjalankan kewajiban wali pengawas atau yang menjalankan kewajiban wali pengampuan itu ,atas pengaduan isteri,pengaduan seorang keluarga sedarah dalam turunan yang lurus ,atau kalau keluarga sedarah itu tidak ada di atas pengaduan keluarga sedarah dalam turunan yang menyimpang sampai derajad ketiga.

Kepada orang yang diduga sebagai pelaku pidana Penghinaan sebagaimana pada pasal 310,pasal 311 KUHP tidak dapat dilakukan penahanan,merujuk pada pasal 21 ke 4 huruf (a) KUHAP. Adapun isi pasal tersebut yaitu :

Pasal 21 ke 4 huruf (a) : Penahanan tersebut hanya dapat dikenakan terhadap tersangka atau terdakwa yang melakukan tindak pidana dan atau percobaan maupun pemberian bantuan dalam tindak pidana tersebut dalam hal : a). Tindak pidana itu diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih.

PENCEMARAN NAMA BAIK , MEMFITNAH DAN PERBUATAN TIDAK MENYENANGKAN DENGAN SARANA MEDIA SOSIAL ATAU MEDIA ELEKTRONIK / ITE

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan kemudahan masyarakat mengakses internet,masyarakat saat ini sangat mudah membuat akun media sosial di dunia maya untuk dapat berinteraksi dengan orang lain tanpa harus bertemu atau bertatap muka. Media sosial menjadi sarana bagi masyarakat untuk bersosialisasi satu orang dengan orang lainnya tanpa ada batasan ruang dan waktu . Beberapa media sosial yang umumnya digunakan untuk berinteraksi oleh berbagai masyarakat misalnya Facebook,Twitter,Instagram dan lain-lain dimana penggunanya dapat menggunakannya untuk berbagi informasi tentang sesuatu hal dengan cara melakukan posting sebuah status atau unggahan gambar atau video yang dapat dilihat dan dibagikan/disebarkan orang lainnya dengan tidak terbatas.

Dalam menggunakan media sosial tersebut kadang terjadi suatu permasalahan yang diakibatkan oleh penyimpangan pengguna dalam menggunakan media sosial yaitu menyalahgunakan media sosial tersebut untuk menyerang kehormatan orang lain baik dengan cara menuduh sesuatu perbuatan yang tidak benar kepada pihak lainnya yang belum tentu kebenarannya, atau menyebarkan informasi palsu atau hoax yang dapat menyebabkan pihak lain merasa malu atau tuduhan tersebut tidak benar sehingga nama baiknya merasa terganggu dan kadang menjadi korban perundungan dalam dunia maya (cyberbullying). Apabila korban merasa tidak terima atas perbuatan tersebut maka dapat dilaporkan ke pihak Kepolisian.

Apabila terjadi perbuatan menyerang kehormatan orang lain atau pencemaran nama baik dengan menggunakan sarana media digital atau elektronik, maka terdapat sanksi hukum dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi elektronik dan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pada Bab VII Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008, Perbuatan yang dilarang yaitu Pada Pasal 27 ayat (3) yang isinya : Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

Ancaman hukumannya terhadap perbuatan apabila melakukan pidana sesuai Pasal 27 ayat (3) diatur dengan Ketentuan Pidana dalam Pasal 45 ayat (1) Undang-undang No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang isinya yaitu :

Pasal 45 ayat (1) : Setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Dalam pelaksanaanya ancaman hukuman bagi orang yang melakukan pencemaran nama baik atau memiliki muatan penghinaan sebagaimana dimaksud dalam pasal 45 ayat (1) UU No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik lebih berat yaitu 6 (enam) tahun penjara dan pelaku dapat ditahan sesuai pasal 21 ke 4 huruf (a) KUHAP ,jika dibandingkan dengan Pasal 311 KUHP yang ancaman hukumannya 4 (empat) tahun penjara, yang mana yang membedakan perbuatan tersebut adalah berupa sarana media atau sistem elektronik.

Pemerintah kemudian melakukan revisi terhadap Undang-undang ITE tersebut dengan tujuan untuk menghindari multi-tafsir terhadap penerapan pasal 27 ayat (3) UU No 11 Tahun 2008 yang mengatur mengenai penghinaan dan/atau pencemaran nama baik melalui sistem elektronik.

Pada Tanggal 25 November 2016 Pemerintah Mengeluarkan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan salah satu pertimbangan untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan keamanan dan ketertiban umum agar terwujud keadilan,ketertiban umum,dan kepastian hukum.

Pada Undang-undang No 19 tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan transaksi Elektronik pada Pasal I angka 4 menyatakan : Ketentuan Pasal 27 tetap dengan perubahan penjelasan ayat (1) , ayat (3), dan ayat (4) sehingga penjelasan pasal 27 menjadi sebagaimana ditetapkan dalam penjelasan pasal demi pasal Undang-undang ini.

Dalam Penjelasan Undang-undang No 19 tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan transaksi Elektronik, bagian II angka 4 , Pasal 27 ayat (3) : Ketentuan pada ayat ini mengacu pada ketentuan pencemaran nama baik dan/atau fitnah yang diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

Setelah perubahan UU ITE tersebut dalam pelaksanaannya masih menimbulkan multi-tafsir dan kontroversi di tengah masyarakat, Kemudian Pemerintah Mengeluarkan Keputusan Bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Jaksa Agung Republik Indonesia, dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 229 Tahun 2021, Nomor 154 Tahun 2021, Nomor KB/2/VI/2021 yang ditetapkan tanggal 23 Juni 2021 Tentang Pedoman Implementasi Atas Pasal Tertentu Dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Salah satu pertimbangan ditetapkannya Keputusan bersama tersebut adalah Dalam pelaksanaannya masih menimbulkan multitafsir dan kontroversi di masyarakat sehingga perlu menyusun pedoman implementasi bagi aparat penegak hukum dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya.

Keputusan Bersama tersebut Menetapkan pedoman implementasi atas pasal 27 ayat (1), pasal 27 ayat (2), pasal 27 ayat (3), pasal 27 ayat (4), pasal 28 ayat (1), pasal 28 ayat (2), pasal 29, dan pasal 36 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pasal 27 ayat (3) UU No 11 Tahun 2008 sebagaimana telah diubah dengan UU No 19 Tahun 2016 yang isinya : Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik. Dalam pedoman implementasi sebagaimana tertuang Keputusan Bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Jaksa Agung Republik Indonesia, dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 229 Tahun 2021, Nomor 154 Tahun 2021, Nomor KB/2/VI/2021 yaitu :

a. Sesuai dasar pertimbangan dalam Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 50/PUU-VI/2008 Tahun 2008 , dan penjelasan pasal 27 ayat (3) UU ITE ,Pengertian muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik merujuk dan tidak bisa dilepaskan dari ketentuan pasal 310 dan pasal 311 KUHP.Pasal 310 KUHP merupakan delik menyerang kehormatan seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal agar diketahui oleh umum.Sedangkan Pasal 311 KUHP berkaitan dengan perbuatan menuduh seseorang yang tuduhannya diketahui tidak benar oleh pelaku.

b. Dengan pertimbangan Putusan Mahkamah konstitusi Nomor 50/PUU-VI/2008 Tahun 2008 tersebut maka dapat disimpulkan , bukan sebuah delik pidana yang melanggar pasal 27 ayat (3) UU ITE, jika muatan atau konten yang ditransmisikan,didistribusikan,dan/atau dibuat dapat diaksesnya tersebut adalah berupa penghinaan yang kategorinya cacian,ejekan, dan/atau kata-kata tidak pantas. Untuk perbuatan yang demikian dapat menggunakan kualifikasi delik penghinaan ringan sebagaimana dimaksud pasal 315 KUHP yang menurut Penjelasan Undang-undang No 19 tahun 2016 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 dan Putusan Mahkamah Konstitusi, Tidak termasuk acuan dalam Pasal 27 ayat (3) UU ITE.

c. Bukan delik yang berkaitan dengan muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dalam pasal 27 ayat (3) UU ITE , jika muatan atau konten yang ditransmisikan,didistribusikan, dan atau dibuat dapat diaksesnya tersebut adalah berupa penilaian ,pendapat, hasil evaluasi atau sebuah kenyataan.

d. Dalam hal fakta yang dituduhkan merupakan perbuatan yang sedang dalam proses hukum maka fakta tersebut harus dibuktikan terlebih dahulu kebenarannya sebelum aparat penegak hukum memproses pengaduan atas delik penghinaan dan/atau pencemaran nama baik UU ITE.

e. Delik pidana pasal 27 ayat (3) UU ITE adalah delik aduan absolut sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Pasal 45 ayat (5) UU ITE. Sebagai delik aduan absolut, maka harus korban sendiri yang mengadukan kepada Aparat Penegak Hukum, Kecuali dalam hal korban masih di bawah umur atau dalam perwalian.

f. Korban sebagai pelapor harus orang perseorangan dengan identitas spesifik, dan bukan institusi, korporasi, profesi atau jabatan.

g. Fokus Pemidanaan pasal 27 ayat (3) UU ITE bukan dititikberatkan pada perasaan korban, melainkan pada perbuatan pelaku yang dilakukan secara sengaja (dolus) dengan maksud mendistribusikan/mentansmisikan/membuat dapat diaksesnya informasi yang muatannya menyerang kehormatan seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal supaya diketahui oleh umum (Pasal 310 KUHP).

h. Unsur ” Supaya Diketahui Umum ” (dalam konteks transmisi,distribusi, dan/atau membuat dapat diakses) sebagaimana harus dipenuhi dalam unsur pokok (Klacht delic) Pasal 310 dan Pasal 311 KUHP yang menjadi rujukan pasal 27 ayat (3) UU ITE yang harus dipenuhi.

i. Kriteria “Supaya diketahui umum ” dapat dipersamakan dengan “agar diketahui publik” . Umum atau publik sendiri dimaknai sebagai kumpulan orang banyak yang sebagian besar tidak saling mengenal.

j. Kriteria “Diketahui umum” bisa berupa unggahan pada akun sosial media dengan pengaturan bisa diakses publik, unggahan konten atau mensyiarkan sesuatu pada aplikasi grup percakapan dengan sifat grup terbuka dimana siapapun bisa bergabung dalam grup percakapan ,serta lalu lintas isi atau informasi tidak ada yang mengendalikan, siapapun bisa upload dan berbagi (share) keluar,atau dengan kata lain tanpa adanya moderasi tertentu (open group).

k. Bukan merupakan delik penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dalam hal konten disebarkan melalui sarana grup percakapan yang bersifat tertutup atau terbatas, seperti grup percakapan keluarga, kelompok pertemanan akrab, kelompok profesi, grup kantor,grup kampus, atau institusi pendidikan.

l. Untuk pemberitaan di internet yang dilakukan institusi pers , yang merupakan kerja jurnalistik yang sesuai dengan ketentuan Undang-undang nomor 40 tahun 1999 Tentang Pers, diberlakukan mekanisme sesuai dengan Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 Tentang Pers sebagai Lex specialis, bukan pasal 27 ayat (3) UU ITE. Untuk kasus terkait pers perlu melibatkan Dewan pers. Tetapi jika wartawan secara pribadi mengunggah tulisan pribadinya di media sosial atau internet , maka tetap berlaku UU ITE termasuk pasal 27 ayat (3).

Jadi dapat dibuat kesimpulan bahwa apabila terjadi suatu perbuatan yang dilarang sebagaimana terdapat Pada Pasal 27 ayat (3) UU No 11 Tahun 2008 Tentang ITE yang isinya : Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik. dan kemudian diubah menjadi Undang-undang No 19 tahun 2016 Tentang ITE, Dan dalam Penjelasan Undang-undang No 19 tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan transaksi Elektronik, bagian II angka 4 , Pasal 27 ayat (3) : Ketentuan pada ayat ini mengacu pada ketentuan pencemaran nama baik dan/atau fitnah yang diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), dan Keputusan Bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Jaksa Agung Republik Indonesia, dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 229 Tahun 2021, Nomor 154 Tahun 2021, Nomor KB/2/VI/2021 Tentang Pedoman Implementasi Atas Pasal Tertentu Dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik , mengacu pada Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) Perbuatan Penghinaan,memfitnah dan atau pencemaran nama baik diatur dalam Pasal 310 KUHP, Pasal 311 KUHP.

Reff:

  1. Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan tentang hukum pidana.
  2. Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi elektronik
  3. Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
  4. Keputusan Bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Jaksa Agung Republik Indonesia, dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 229 Tahun 2021, Nomor 154 Tahun 2021, Nomor KB/2/VI/2021 Tentang Pedoman Implementasi Atas Pasal Tertentu Dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik
  5. https://www.kominfo.go.id/content/detail/6538/siaran-pers-no99pihkominfo122015-tentang-presiden-resmi-mengajukan-revisi-uu-ite-ke-dpr/0/siaran_pers#:~:text=Lebih%20lanjut%20Menkominfo%20menjelaskan%20bahwa,ancaman%20pidana%20pencemaran%20nama%20baik
  6. https://www.mkri.id/index.php?page=web.Berita&id=18365&menu=2

Legalitas Aset Kripto Di Indonesia dan Manfaat Investasi Kripto Bagi Investor

0

Kata Kripto berasal dari kata Cryptocurrency yaitu Cryptography dan currency .jadi dapat diartikan mata uang digital yang terdesentralisasi yang dilindungi oleh kode rahasia dan tidak dapat dikendalikan oleh pemerintah manapun,dan pada tahun 1980 an dikenal dengan istilah uang dunia maya dan kemudian mulai populer pada tahun 2008 dengan dikenalnya Bitcoin yang dibuat oleh seorang atau sekelompok Programmer anonim dengan nama Satoshi Nakamoto.

Satoshi Nakamoto menciptakan protokol Bitcoin pada tahun 2009 dan diluncurkan sebagai perangkat lunak sumber terbuka,dan lama kelamaan akhirnya Bitcoin semakin populer digunakan oleh orang yang ingin mengirim uang ke orang lain tanpa campur tangan pemerintah atau Bank.

Kripto dipercaya oleh sebagian kalangan akan tumbuh pesat karena ekonomi digital terus tumbuh dan saat ini sudah sangat banyak sekali berbagai jenis kripto yang dikenal dalam dunia investasi kripto seperti : Bitcoin, Ethereum,Tether,BNB,Cardano,Solana,Tron dan lain sebagainya.

KELEBIHAN KRIPTO

Diketahui ada beberapa kelebihan dari Aset Kripto yaitu :

  • Kripto memiliki kecepatan transaksi dibandingkan dengan Bank konvensional dan menggunakan kripto pengirimannya hanya selesai dalam hitungan menit setelah blok transaksi dikonfirmasi oleh jaringan.
  • Biaya transaksi pengiriman menggunakan kripto relatif murah.
  • Aksesibilitas,yaitu siapapun dapat menggunakan kripto, dan yang dibutuhkan hanya Komputer atau smartphone yang terhubung ke internet dan dapat mengirim uang digital tanpa melalui bank.
  • Keamanan sangat tinggi karena seseorang dapat membuat dompet digitalnya sendiri dengan mudah ,dan memiliki password yang rumit, dan apabila anda lupa password dompet digital anda maka selamanya akun tersebut tidak akan bisa dibuka.
  • Transparansi, yaitu bahwa semua transaksi kripto yang dilakukan dapat diakses oleh publik .

Di Indonesia sudah dilakukan pengaturan perdagangan aset fisik kripto dengan tujuan untuk :

  • Memberikan kepastian hukum terhadap pelaku usaha perdagangan aset kripto di Indonesia.
  • Memberikan perlindungan kepada pelanggan aset kripto dari kemungkinan kerugian dari perdagangan aset kripto.
  • Memfasilitasi inovasi, pertumbuhan dan perkembangan kegiatan usaha perdagangan aset fisik kripto di Indonesia.
  • Mencegah aset kripto digunakan untuk tujuan ilegal seperti pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Adapun latar belakang dilakukannya pengaturan terhadap aset kripto ( crypto asset) bahwa aset kripto telah digunakan oleh masyarakat secara luas dan layak dijadikan subjek kontrak berjangka di bursa berjangka dalam rangka perlindungan kepada masyarakat dan memberikan kepastian hukum kepada pelaku usaha sehingga perlu diadakan pengaturan aset kripto tersebut.

Komoditi digital atau komoditi kripto dari sistem blockchain dapat dikategorikan sebagai hak atau kepentingan sehingga masuk dalam kategori komoditi yang diatur dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 2011 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 32 Tahun 1997 Tentang Perdagangan Berjangka Komoditi.

Hasil Rakor Kemenko Perekonomian Nomor S-302 /M.EKON/09/2018 tanggal 24 September 2018 Tentang perihal Tindak lanjut rakor pelaksanaan pengaturan aset kripto sebagai komoditi yang diperdagangkan di bursa berjangka. Aset kripto tetap dilarang sebagai alat pembayaran ,namun sebagai alat investasi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka dengan pertimbangan karena secara ekonomi potensi investasi yang besar dan apabila dilarang maka akan berdampak pada banyaknya investasi yang keluar karena konsumen akan mencari pasar yang melegalkan transaksi kripto. dan kemudian aset kripto tersebut terlebih dahulu akan diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan yang memasukkan aset kripto sebagai komoditi yang diperdagangkan di bursa berjangka.

Adapun Peraturan-peraturan yang mengatur aset kripto di Indonesia yaitu :

  1. Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2018 Tentang Kebijakan Umum Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Aset Kripto ( Crypto Asset).
    • Pasal 1) yang berbunyi : Aset Kripto (Crypto Asset) ditetapkan sebagai komoditi yang dapat dijadikan subjek kontrak berjangka yang diperdagangkan di bursa berjangka.
    • Pasal 2) yang berbunyi : Pengaturan lebih lanjut mengenai penetapan aset kripto (Crypto Asset) sebagai komoditi yang dapat dijadikan subjek kontrak berjangka yang diperdagangkan di bursa berjangka ,pembinaan,pengawasan, dan pengembangannya ditetapkan oleh Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.
  2. Undang undang Nomor 10 Tahun 2011 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 32 Tahun 1997 Tentang Perdagangan Berjangka Komoditi.
    • Pasal 1 ayat (2) Berbunyi : Komoditi adalah semua barang,jasa,hak dan kepentingan lainnya dan setiap derivatif dari komoditi ,yang dapat diperdagangkan dan menjadi subjek kontrak berjangka ,kontrak derivatif syariah,dan atau kontrak derivatif lainnya.
  3. Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.
    • Pasal 1 ayat (1) : Komoditi adalah semua barang,jasa,hak dan kepentingan lainnya dan setiap derivatif dari komoditi ,yang dapat diperdagangkan dan menjadi subjek kontrak berjangka,kontrak derivatif syariah ,dan atau kontrak derivatif lainnya.
    • Pasal 1 ayat (2) : Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi yang selanjutnya disebut Bappebti adalah Lembaga pemerintah yang tugas pokoknya melakukan pembinaan,pengaturan, Pengembangan,dan pengawasan Perdagangan Berjangka.
  4. Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Komoditi yang dapat dijadikan subjek kontak berjangka, Kontrak Derifativ syariah ,dan/atau Kontrak Derivatif lainnya yang diperdagangkan di bursa berjangka.
    • Pasal 1 Huruf (f) : Komoditi di bidang aset digital.
    • Ke 1 : Aset Kripto (Crypto Asset).
  5. Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 68/PMK.03/2022 Tentang Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penghasilan Atas Transaksi Perdagangan Aset Kripto.
    • Pasal 1 ke (14) : Aset Kripto adalah komoditi tidak berwujud yang berbentuk aset digital ,menggunakan kriptografi, jaringan peer-to-peer ,dan buku besar yang terdistribusi ,untuk mengatur penciptaan unit baru,memverifikasi transaksi ,dan mengamankan transaksi tanpa campur tangan pihak lain.
    • Pasal 2 huruf (a) : Barang kena pajak tidak berwujud berupa aset kripto oleh penjual aset kripto.
    • Huruf (b) : Jasa kena pajak berupa jasa penyediaan sarana elektronik yang digunakan untuk transaksi perdagangan aset kripto ,oleh penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik; dan/atau
    • Huruf (c) : Jasa kena pajak berupa jasa verifikasi transaksi aset kripto dan/atau jasa manajemen kelompok penambang (mining pool) oleh penambang aset kripto dikenai Pajak pertambahan nilai.
    • Pasal 12 : Jasa penyediaan sarana elektronik yang digunakan untuk memfasilitasi transaksi aset kripto sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 huruf (b) paling sedikit berupa kegiatan pelayanan:
      • Jual beli aset kripto menggunakan mata uang fiat.
      • Tukar menukar aset kripto dengan aset kripto lainnya (swap), dan/atau
      • Dompet elektronik ( e-wallet) meliputi deposit,penarikan dana (withdrawal), Pemindahan (transfer) aset kripto ke akun pihak lain ,dan penyediaan dan/atau pengelolaan media penyimpanan aset kripto.

Jadi kesimpulannya bahwa aset kripto legal untuk dijadikan sebagai sarana investasi,dan bukan sebagai alat pembayaran /uang karena alat pembayaran yang sah di Indonesia adalah Rupiah sebagaimana diatur dalam Pasal 1 Ke (1) dan (2) Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Mata Uang. oleh sebab itu sebelum melakukan investasi pada aset digital kripto agar terlebih dahulu mencari dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terhadap suatu jenis aset kripto sebelum melakukan investasi agar terhindar dari kerugian yang tidak diinginkan.

Untuk membeli koin kripto sendiri caranya juga cukup mudah,dimulai dengan membuat ewallet di exchange terpercaya di Indonesia misalnya indodax ,kemudian dapat melakukan deposit melalui bank lokal ataupun toko retail seperti Indomaret atau Alfamart,dan investor tinggal memilih apa jenis koin kripto atau token yang akan di investasikan. Bagi yang belum memiliki akun di Exchange Indodax silahkan daftar terlebih dahulu dengan mempersiapkan beberapa dokumen data diri, untuk link daftar klik DISINI

Akibat-akibat perkawinan dan putusnya perkawinan menurut hukum

0

Akibat-akibat hukum dari perkawinan yang menyangkut suami istri diatur dalam pasal 30 sampai pasal 34 UU nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan, adapun akibat hukum yang bersifat moral diantaranya :

  1. Suami memikul kewajiban hukum untuk menegakkan rumah tangga yang menjadi sendi dasar dari susunan masyarakat.
  2. Suami istri wajib saling mencintai ,hormat menghormati,setia dan memberi bantuan lahir dan bathin yang satu kepada yang lain.
  3. Hak dan kedudukan istri seimbang dengan hak dan kedudukan suami dalam kehidupan rumah tangga dan pergaulan hidup bersama masyarakat.
  4. Suami istri sama-sama berhak untuk melakukan perbuatan hukum.
  5. Suami adalah kepala rumah tangga dan istri adalah ibu rumah tangga.suami wajib melindungi istrinya dan memberi segala sesuatu keperluan hidup berumah tangga sesuai dengan kemampuannya dan istri wajib mengurus rumah tangga dengan sebaik-baiknya.
  6. Suami istri harus mempunyai tempat kediaman yang tetap ,yang ditentukan secara bersama.

Akibat-akibat hukum lainnya setelah dilangsungkannya perkawinan antara lain:

  1. Anak yang lahir dari perkawinan,adalah anak sah (Pasal 42 UU nomor 1 tahun 1974).
  2. Suami menjadi waris dari istri dan sebaliknya istri menjadi waris bagi suaminya,apabila salah seorang meninggal dalam perkawinan.
  3. Dilarang jual beli antara suami istri (Pasal 1464 KUH Perdata).
  4. Dilarang mengadakan perjanjian perburuhan antara suami istri (Pasal 1601 KUH Perdata).
  5. Dilarang memberikan (hibah) benda-benda atas nama antara suami istri (Pasal 1678 KUH Perdata).
  6. Suami tidak boleh menjadi saksi dalam perkara istrinya atau sebaliknya.
  7. Suami tidak dapat dituntut atas beberapa kejahatan terhadap istrinya atau sebaliknya (Pasal 370,376,394,404 ayat (2) dan pasal 411 KUH Pidana).

Putusnya Perkawinan

Tujuan perkawinan adalah membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan ketuhanan yang maha esa.ini artinya bahwa perkawinan itu untuk seumur hidup atau selama-lamanya serta tidak boleh diputus begitu saja.

Menurut pasal 38 UU nomor 1 tahun 1974,perkawinan putus karena :

  1. Kematian,artinya salah satu pihak suami atau istri meninggal dunia.
  2. Perceraian.
  3. Atas putusan pengadilan.

Menurut Pasal 199 KUH Perdata,putusnya perkawinan karena :

  1. Kematian,artinya salah satu pihak suami atau istri meninggal dunia.
  2. Keadaan tidak hadir si suami atau istri selama 10 tahun diikuti perkawinan baru.
  3. Putusan hakim setelah adanya perpisahan meja makan dan ranjang.
  4. Perceraian.

Perpisahan meja makan dan ranjang (Van scheiding table en bed ) dikenal dalam KUH Perdata. adapun alasan perpisahan tersebut adalah :

  1. Zinah.
  2. Pihak satu meninggalkan pihak lain selama 5 tahun tanpa kabar atau sengaja diusir.
  3. Penghukuman 5 tahun atau lebih.
  4. Penganiayaan berat.
  5. Perbuatan yang melewati batas,seperti :Penganiayaan dan penghinaan.
  6. Adanya sepakat kedua belah pihak tanpa alasan.

Perceraian

Perceraian diatur dalam Pasal 39 – 41 UU nomor 1 tahun 1974 jo pasal 19 – 36 PP nomor 9 tahun 1975,pasal 207 – 232 a KUH Perdata.Untuk bercerai harus ada alasan-alasan sah seperti yang disebutkan dalam Perundang-undangan,tidak boleh atas persetujuan kedua pihak saja.

Menurut UU nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan,alasan perceraian apabila antara suami istri tidak akan dapat hidup rukun lagi sebagai suami istri karena:

  1. Salah seorang berbuat zinah,atau menjadi pemabuk,pemadat dan lain sebagainya yang sulit disembuhkan.
  2. Salah seorang meninggalkan pihak lain selama 2 tahun berturut-turut tanpa izin pihak lain.
  3. Salah seorang mendapat hukuman penjara 5 tahun atau lebih setelah perkawinan berlangsung.
  4. Salah seorang melakukan kekejaman atau penganiayaan yang membahayakan pihak lain.
  5. Salah seorang mendapat cacat badan atau penyakit ,sehingga tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai suami istri.
  6. Selalu terjadi pertengkaran dan tidak ada harapan lagi untuk hidup rukun dalam rumah tangga.

Bagi yang beragama islam,putusnya perkawinan karena perceraian ada 2 macam yaitu :

  1. Cerai talak,yaitu putusnya perkawinan karena talak oleh suami.
  2. Cerai gugat,yaitu perceraian yang disebabkan oleh adanya suatu gugatan lebih dahulu oleh salah satu pihak kepada pengadilan dan dengan suatu putusan pengadilan.

Gugatan cerai bagi yang beragama islam diajukan ke pengadilan agama,sedangkan bagi yang beragama lainnya diajukan ke Pengadilan Negeri.Bagi yang beragama islam,perceraian beserta akibat-akibatnya terjadi terhitung sejak dijatuhkannya putusan,sedangkan bagi yang beragama lainnya terhitung sejak pendaftarannya pada daftar pencatatan oleh pegawai pencatat (Pasal 34 ayat (2) PP nomor 9 tahun 1975).

Akibat putusnya perkawinan karena kematian salah satu pihak,maka seluruh harta peninggalan diwarisi oleh suami atau istri yang masih hidup beserta keturunannya,apabila ada anak yang belum dewasa,maka anak berada dalam perwalian.

Akibat-akibat hukum putusnya perkawinan karena perceraian yaitu:

  1. Ibu atau bapak tetap berkewajiban memelihara dan mendidik anak-anaknya.
  2. Bapak yang bertanggungjawab atas semua biaya pemeliharaan anak-anak,pengadilan juga dapat menentukan lain.
  3. Pengadilan dapat mewajibkan biaya pada bekas suami untuk memberikan penghidupan dan atau menentukan sesuatu kewajiban bagi istrinya (Pasal 41 UU nomor 1 tahun 1974).

Menurut KUH Perdata,alasan-alasan perceraian antara lain:

  1. Zinah.
  2. Pihak satu meninggalkan pihak lain selama 5 tahun tanpa kabar atau sengaja diusir.
  3. Penghukuman 5 tahun atau lebih.
  4. Penganiayaan berat.

Dalam hukum islam,putusnya perkawinan dikenal dengan :

  • Syiqaq,yaitu perselisihan yang tajam dan terus menerus antara suami dan istri.
  • Talak, yaitu suatu perbuatan yang dilakukan oleh suami untuk atau memutuskan berlangsungnya suatu perkawinan.
  • Khulu,yaitu suatu perbuatan yang dilakukan oleh istri dengan cara mengembalikan mas kawin kepada suami supaya dengan demikian perkawinan dihentikan.
  • Taklik,yaitu suami melanggar sighat talik,yang diikuti pembayaran idwald (pengganti) oleh istri.

Perkawinan diluar Indonesia

Menurut pasal 56 ayat (1) UU nomor 1 tahun 1974,Perkawinan yang dilangsungkan diluar Indonesia antara dua orang warga negara Indonesia (WNI),atau antara seorang warga negara indonesia dengan seorang warga negara asing (WNA),adalah sah apabila dilakukan menurut hukum yang berlaku di negara ,yang perkawinan itu berlangsung ,dan bagi Warga negara Indonesia (WNI),tidak melanggar Undang-undang ini.

Dalam waktu 1 tahun setelah suami istri tersebut kembali ke wilayah Indonesia,maka surat bukti perkawinan mereka harus didaftarkan di kantor pencatatan perkawinan di tempat tinggal mereka (Pasal 56 ayat 2 UU nomor 1 tahun 1974).

Alasan-alasan yesus disebut allah dan tuhan

2
alasan-alasan yesus disebut allah dan tuhan

Allah adalah pencipta dan penguasa alam semesta.ia lah yang memberi nafas hidup kepada kita dan segala ciptaan bergantung kepadanya (Kis 17:28).ia adalah allah yang kita sembah,lebih daripada itu ia telah memberi anugrah keselamatan kepada kita (Mzm 40 :6 ;Rat 3:22-23).

Keselamatan yang kita terima dalam yesus kristus tidak dapat dipisahkan dari pengenalan akan allah yang benar (Yoh 17:3).karena panggilan keselamatan dari allah atas kita bukan hanya untuk menikmati anugrah dan kebaikannya,melainkan juga untuk mengasihinya dan memperkenankan hatinya (Mat 22:34-40).

Bagaimana kita dapat mengasihi allah tanpa kita mengenalnya?

Jawabannya,sesungguhnya kita telah menerima anugrah keselamatan dan mengalami kebaikan allah harus bertumbuh dalam pengenalan akan dia (Kol 1:10).

1.Cara memahami hal-hal tentang allah secara terbatas

Pembicaraan tentang allah merupakan hal yang abstrak,karena allah bukanlah objek yang dapat dianalisa,diraba,dilihat dan diobservasi.namun hal ini tidak berarti kita tidak dapat memahami hal-hal tentang diri allah.

kita dapat mengenal allah dan memahami tentang diri allah bukan berdasarkan upaya rasio dan pengamatan kita,melainkan berdasarkan pernyataan allah sendiri kepada kita melalui wahyu dan firmannya yaitu Alkitab.

Siapakah allah? kita dapat menjawab pertanyaan ini dengan sempurna.Musa pernah bertanya kepada allah tentang namanya,tetapi allah menjawab :aku adalah aku (Kel 3:14).jawaban allah ini mengandung makna bahwa ia adalah pribadi yang tidak dapat dibatasi dengan penjelasan kata-kata.

Kita dapat memahami dan mengenal allah,namun tidak dapat seutuhnya atau sempurna (Ul 29:29).jadi tidak ada seorang pun yang bisa berkata bahwa ia telah mengenal dan memahami hal-hal tentang allah dengan sempurna,bukan karena kita berdosa,melainkan karena ketidakterbatasan allah dan keterbatasan kita.Manusia sebagai ciptaan yang terbatas tidak mungkin dapat memahami sepenuhnya pencipta yang tidak terbatas.

Meskipun kita dapat mengenal allah secara sempurna,tetapi kita dapat mengenal hal-hal yang benar tentang diri allah,karena Alkitab sebagai firman allah mengungkapkan itu semua,misalnya : Allah adalah kasih (1 Yoh 4:8), Allah adalah roh (Yoh 4:24), Allah adil dan benar (rom 3:4).

2.Atribut-atribut / sifat yang menjadi ciri khas  allah

Sebagai yang maha tinggi,Allah memiliki atribut-atribut jati dirinya yang merupakan karakteristik dan kualitas yang tetap dari allah.atribut-atribut tersebut dapat digolongkan menjadi :

  1. Atribut-atribut metafisis
  2. Atribut-atribut moral
  3. Doktrin Tritunggal

1.Atribut-atribut metafisis adalah atribut-atribut yang berada diluar jangkauan pemahaman manusia,karena hal tersebut tidak dimiliki oleh ciptaan (Manusia), mislnya :

  • Allah ada pada dirinya sendiri (Kis 17:24-25).atribut ini disebut juga atribut independen.Allah tidak bergantung pada apapun diluar dirinya.ini berarti allah tidak disebabkan oleh apapun dan tidak harus membutuhkan ciptaan bagi kepentingannya.
  • Allah tidak terbatas dalam segala hal,baik dalam kuasanya,pengetahuannya maupun keberadaannya,termasuk kuasa iblis dan setan yang melampaui kuasa allah.Allah adalah raja atas dunia dan alam semesta. allah juga maha tahu.Allah mengetahui segala peristiwa dengan sempurna baik yang sudah terjadi,sedang terjadi maupun yang akan terjadi.ia bahkan mengetahui pikiran dan hati setiap orang (Mzm 44:22,Why 2:23).sebab itu tidak satupun perbuatan kita yang luput dari pengetahuan dan perhatian allah karena ketidakterbatasannya.Allah juga bisa hadir dimana saja.
  • Allah itu esa (hanya satu). (Ul 6:4, Tim 2:5).Allah adalah keberadaan yang termulia dan unik.tidak ada sesuatu apapun diluar diri allah yang setara dengannya.
  • Allah tidak berubah (Rom 1:23 ; Tim 6:16 ;Yak 1:17).allah bersifat sempurna sehingga ia tidak mengalami proses atau perubahan.
  • Allah berada dari kekal sampai kekal (Yes 40:28;Yer 10:10;Dan 6:27;Why 1:8,4:8).kekekalan allah bukan saja berarti keberadaannya tidak berakhir,melainkan keberadaannya tidak bermula,keberadaan Allah tidak disebabkan sesuatu apapun.

2.Atribut-atribut moral yaitu atribut-atribut yang menunjukan karakteristik dan kualitas moral dan kebajikan allah.Atribut tersebut menyatakan kepada kita bahwa allah adalah allah yang sempurna dalam hikmat,keadilan,kebenaran dan kebajikan moral.Atribut-atribut tersebut misalnya :

  • Allah sempurna.ia tidak pernah berencana dan bertindak salah dalam kehendak dan rencananya.
  • Allah berhikmat (Ayb 9:4 ; Rom 16:27).Allah selalu mengetahui apa yang terbaik.
  • Allah penuh kebenaran (Tit 1:2 ; Ibr 6:18).allah tidak pernah berkata atau bertindak salah.
  • Allah penuh keadilan (Kej 18:25 ; Ul 32:4).Allah senantiasa bertindak,menetapkan hukum,menghakimi dan menghukum dengan adil.
  • Allah kudus/suci (Im 11:45,Sam 2:2,Yes 6:3,Why 4:8).Allah secara total dan mutlak tidak tercemar oleh dosa dan pada diri allah tidak punya dosa.
  • Allah penuh kebaikan (Mzm 100:5,Luk 18 :19).Allah tidak pernah bermaksud dan bertindak jahat atau merugikan ciptaannya.ia adalah allah yang penuh kebaikan dan kesabaran,tetapi ia juga dapat bersikap tegas dalam menghukum manusia yang menentangnya dan mendidik orang-orang percaya (Rom 11:22).
  • Allah kasih (Yoh 3:16 ; 1 Yoh 4:8).Allah menyatakan kasihnya yang terbesar dengan mewujudkan jalan keselamatan (penebusan dosa) bagi yang seharusnya mendapat hukuman.Kasih allah juga diwujudkan  dalam belas kasihannya terhadap mereka yang tertindas dan dalam penderitaan (2 Kor 1:3).Wujud kasih allah juga nyata dalam kesabarannya untuk menanti dan memberi kesempatan pertobatan serta menahan penghukuman/murkanya (Kel 34 :6,Mzm 103:8).
  • Allah berdaulat (Rom 9:11-21). artinya adalah Allah mempunyai kekuasaan tertinggi atas segala sesuatu.tidak ada aspek atau bagian dari realitas ciptaannya dimana allah tidak berkuasa.ia berdaulat melakukan kehendak dan rencananya atas dunia dan umatnya.Ia berdaulat menjawab dan menolak permintaan dan doa kita (Ul 3:23-29 ; Dan 3:16-18), sesuai dengan kehendak dan rencananya  (Yes 55:8).

3.Doktrin Tritunggal / Trinitas

Doktrin tritunggal atau trinitas merupakan salah satu doktrin yang sangat penting bagi kekristenan yang sulit dipahami.ini tidak berarti doktrin ini tidak dapat dipahami atau dimengerti.

Tanpa pemahaman yang benar tentang doktrin ini ,akan sulit untuk memahami doktrin tentang pribadi yesus kristus,doktrin penebusan kristus,doktrin keselamatan ,doktrin roh kudus.

Konsep tentang allah dalam doktrin tri tunggal merupakan konsep yang unik dalam kekristenan,dan tidak terdapat dalam agama-agama lain selain kristen.

1.Pengertian Tri tunggal / Trinitas

Kata Tri tunggal berasal dari pengertian kata Inggris yaitu Trinity, dalam bahasa Indonesia Trinitas.Kata Trinity berasal dari bahasa latin merupakan gabungan dari kata tri (berarti tiga),dan Unity (berarti kesatuan),jadi secara hurufiah berarti tiga tetapi satu kesatuan.

Secara singkat doktin tri tunggal menyatakan bahwa allah adalah allah yang bertiga pribadi,tetapi buka tiga allah melainkan tetap satu allah yang esa.kata tri tunggal tidak terdapat dalam alkitab.kata itu dipakai untuk menyimpulkan pengajaran yang terkandung dalam alkitab bahwa allah adalah allah yang memiliki tiga pribadi tetapi tetap satu allah.

2.Inti doktrin tri tunggal dalam alkitab

Doktrin Tri tunggal secara singkat mengajarkan :

  • Allah adalah allah yang memiliki tiga pribadi
  • Setiap pribadi adalah allah
  • Ketiga pribadi adalah satu allah.

a.Allah adalah allah yang memiliki tiga pribadi

Alkitab menyatakan kepada kita  bahwa ada tiga pribadi yang memiliki atribut dan otoritas sebagai  Allah yaitu : Allah bapa,Anak dan roh kusus.

Pernyataan tiga pribadi yang berbeda ini sangat jelas dalam peristiwa pembabtisan  Yesus kristus oleh Yohanes pembabtis (Mat 3:13-17,Mark 1:9-11,Luk 3:21-22,Yoh 1:32-34).

b.Setiap pribadi adalah allah

Masing-masing pribadi :bapa,anak dan roh kudus adalah allah itu sendiri.Bapa adalah allah, anak adalah allah,roh kudus adalah allah.tentang keallahan bapa,alkitab menyatakan dengan jelas (1 Kor 8:4,1 Tim 2:5-6).

Tentang keallahan yesus kristus (Fil 2:5-11,Yoh 1:1-2) dengan jelas menyatakan :sekalipun yesus kristus memang tidak pernah menyatakan secara eksplisit bahwa ia adalah allah,tetapi berdasarkan perkataan-perkataan  dan otoritas yesus,yang dikatakan dengan sadar membuktikan dengan pasti bahwa yesus adalah allah, misalnya :

  • Yesus memiliki otoritas untuk mengutus malaikat (Mat 13:41, Luk 12:8-9)
  • Yesus memiliki otoritas untuk mengampuni dosa (Mrk 2:5)
  • Yesus memiliki otoritas untuk menghakimi (Mat 25:31-46)
  • Yesus dan bapa adalah satu (Yoh 10:30)
  • Yesus berpraeksistensi (Yoh 1:1.8:58, Fil 2:6)
  • Yesus berasal dari sorga (Yoh 3:13)
  • Yesus tidak menolak disebut secara langsung atau tidak langsung sebagai allah (Mat 16:16, 26:63, Yoh 19:7, 20:28)
  • Ia melakukan penciptaan.

Yesus kristus semua perkataannya benar dan membuktikan bahwa ia adalah allah atau tuhan.

Tentang ke allahan roh kudus,alkitab menyatakan bahwa ia mempunyai atribut dan otoritas ilahi yaitu :

  • Ia bersifat kekal (Ibr 9:14)
  • Ia Maha tahu (1 Kor 2;10-11)
  • Ia secara tidak langsung disebut allah (Kis 5:11, 1Kor 6:19-20)
  • Ia memiliki kuasa allah yang maha tinggi (Luk 1:35)
  • Ia memiliki kuasa untuk melakukan mujizat (Rom 15:19)
  • Ia melakukan pekerjaan yang hanya dilakukan allah (Yoh 3:5-8, 16:18-11)

Dari sini kita dapat menyimpulkan  bahwa roh kudus adalah pribadi ilahi,yang memiliki atribut dan kuasa sebagai allah. karena ia adalah allah,ia memiliki atribut,otoritas dan kuasa yang sama dengan allah.

Bapa, allah anak,allah roh kudus,ketiga pribadi tidak berbeda dalam atribut keallahan,baik kuasa,otoritas,kemuliaan,kekekalan,dan kesucian.

Yesus kristus adalah pribadi yang unik,khususnya dalam hal hakekat dan identitasnya.Yesus kristus adalah sepenuhnya allah,dan sepenuhnya manusia dalam satu pribadi dan keduanya tak dapat dipisahkan.

Alkitab memberi bukti bahwa yesus adalah allah itu sendiri yaitu :

  1. Keberadaan Yesus kristus bersifat praeksistensi.permulaan keberadaannya bukan sejak ia dilahirkan atau berada dalam dunia ini.sebelum ia dilahirkan,sesungguhnya ia sudah ada (Yoh 8:58). ini menunjukan bahwa keberadaannya melampaui ruang dan waktu.ia bukan berasal dari dunia ini (Yoh 8:23), dan keberadaannya bersifat kekal (Why 22:13).
  2. Yesus kristus mempunyai hidup pada dirinya sendiri. hanya allah yang mempunyai hidup pada dirinya sendiri (Yoh 5:26). tidak ada satu ciptaan allah yang sifatnya mempunyai hidup pada diri sendiri.
  3. Yesus kristus adalah pribadi yang layak untuk disembah. hanya allah yang mempunyai hak dan kelayakan ini.tidak satupun ciptaan,termasuk malaikat yang boleh disembah (Fil 2:9-11. Ibr 1:6, Why 19:10).
  4. Yesus mempunyai otoritas dalam memberi pengampunan (Mrk 2:5) dalam menghakimi dunia (umat manusia) (Mat 25:31-46) dan dalam mengirim malaikatnya (Mat 13:41)
  5. Yesus tidak berdosa.yesus tidak pernah berbuat kesalahan dan dosa.yesus adalah pribadi yang kudus,tanpa salah,tanpa noda (Ibr 7:26),tanpa dosa (1 Yoh 3:5), dan penuh kebenaran (1 Pet 3:18).

Setiap manusia memiliki dosa.dosa merupakan satu kenyataan yang selalu ada dalam kehidupan dan sejarah manusia.Alkitab mengajarkan bahwa dosa merupakan hal yang serius bagi  allah.berdasarkan keadilan dan kebenarannya setiap dosa pasti mengakibatkan penghukuman.Allah sangat membenci dosa karena dosa mutlak bertentangan dengan kekudusannya.

Pengertian dosa

Dosa adalah ketidaktaatan atau pelanggaran terhadap hukum moral allah,baik dalam tindakan nyata maupun dalam sikap hati atau pikiran.jadi dosa berkaitan dengan hukum moral allah.tanpa pengakuan adanya hukum allah dalam kehidupan manusia,kita tidak dapat berbicara tentang dosa.Rasul Yohanes mengatakan : setiap orang yang berbuat dosa,melanggar juga hukum allah,sebab dosa ialah pelanggaran hukum allah (1 Yoh 3:4).

Asal Usul dosa

Dari manakah asal dosa? siapa atau apakah yang menyebabkan dosa? .Kalau allah adalah pencipta segala sesuatu,apakah dengan demikian ia disebut juga penyebab adanya dosa? maka jawabannya adalah tidak.

Adanya dosa tidak mungkin disebabkan oleh allah.allah tidak melakukan sesuatu yang kontradiktif dengan dirinya sendiri. Golongan injili percaya bahwa dosa berasal dari kejatuhan malaikat ke dalam dosa,yaitu iblis dan pengikut-pengikutnya.

Alkitab menjelaskan asal mula dosa masuk ke dunia ini bermula dari ketidaktaatan adam dan hawa ,mereka melanggar perintah allah dengan memakan buah dari pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat (Kej 3:1-9). dalam hal ini Iblis melalui seekor ular berhasil membujuk adam dan hawa ke dalam dosa.

Dosa adam dan hawa bukan saja berakibat pada diri mereka sendiri,melainkan juga pada semua garis keturunan adam dan hawa. akibat dosa adam dan hawa tersebut pada keturunannya adalah manusia mewarisi kesalahan adam.

Semua keturunan adam dan hawa diperhitungkan atau terhisap dalam kesalahan adam dan hawa.sebab itu sama seperti oleh satu pelanggaran semua beroleh penghukuman,demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup.jadi,sama seperti ketidaktaatan satu orang,semua orang telah berdosa,demikian pula oleh ketaatan satu orang semua menjadi orang benar (Rom 5:18-19).

Demikianlah penjelasan singkat kenapa yesus disebut tuhan karena memang dia adalah tuhan yang memiliki otoritas untuk mengampuni dosa manusia,dia memiliki kuasa untuk menghakimi manusia,mengutus malaikat,dia berasal dari sorga,Yesus dan allah bapa adalah satu.

Penggolongan penduduk Indonesia pada masa pemerintahan kolonial Belanda

0
penggolongan penduduk indonesia pada masa pemerintahan kolonial belanda

Untuk memungkinkan berlakunya hukum Belanda bagi golongan penduduk bukan Belanda (eropa),oleh pemerintah Hindia Belanda dikeluarkan peraturan ketatanegaraan Hindia Belanda atau yang disebut “Indische Staatregeling” (I.S) yang mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 1926 melalui Stb.1925-577.

Pasal 163 I.S berasal dari pasal 109 R.R baru menetapkan bahwa dalam berlakunya B.W di hindia belanda,Penduduk Hindia belanda dibedakan dalam 3 golongan yaitu :

  1. Golongan eropa
  2. Golongan timur asing
  3. Golongan Pribumi (bumi putra/Indonesia asli)

selanjutnya dalam pasal 163 ayat (2) I.S penduduk Hindia belanda dibagi dalam 3 golongan penduduk yaitu:

1.Golongan eropa,berdasarkan pasal 163 ayat (2) I.S terdiri dari :

  • Semua orang belanda
  • Semua orang yang berasal dari eropa yang tidak termasuk orang-orang Belanda.
  • Semua orang jepang
  • Semua orang yang berasal dari tempat lain yang tidak termasuk apa yang disebut dalam (1) dan (2),yang dinegaranya mempunyai hukum keluarga yang azasnya sama dengan hukum Belanda.
  • Anak dari mereka yang disebut dalam (2) dan (3) yang dilahirkan di Indonesia secara sah atau menurut Undang-undang diakui,dan turunan mereka selanjutnya.

2.Golongan Pribumi (Bumi putra).menurut pasal 163 ayat (3) I.S yang termasuk golongan bumi putra adalah :

  • Mereka yang termasuk penganut pribumi (Indonesia asli) yang tidak pindah ke lain golongan.
  • Mereka yang tadinya termasuk golongan lain,tetapi yang telah meleburkan diri ke dalam golongan pribumi.

3.Golongan timur asing.

Menurut pasal 163 ayat (4) I.S yang termasuk golongan timur asing adalah mereka yang tidak termasuk golongan eropa dan tidak termasuk golongan pribumi (Bumi putra) misalnya : orang cina,mesir,sudan,arab,pakistan,bangladesh.

Pembagian golongan penduduk Hindia Belanda berdasarkan pasal 163 I.S dimaksudkan untuk menentukan sistem hukum yang berlaku bagi masing-masing golongan penduduk seperti yang diatur dalam pasal 131 I.S.

Hukum perdata (B.W dan W.v.K) yang diberlakukan terhadap tiap-tiap golongan penduduk tersebut adalah :

  1. Menurut pasal 131 ayat (2) sub.a I.S,hukum perdata dan dagang yang berlaku untuk golongan eropa adalah Burgerlijk Wetboek (B.W) dan Wetboek van Koophandel (W.v.K) tanpa kecuali termasuk Undang-undang diluar kedua kitab Undang-undang tersebut,misalnya Undang-undang Octrooi (Undang-undang hak cipta dalam industri dan perdagangan),Undang-undang autheur (Undang-undang yang mengatur hak cipta dalam bidang kesusastraan),juga hukum pidana material dan hukum acara (Pidana dan perdata).
  2. Menurut pasal 131 ayat (2) sub.b I.S,maka hukum perdata yang berlaku terhadap golongan bumi putra (pribumi) adalah hukum perdata adat (hukum yang tidak tertulis) yang berlaku bagi penduduk pribumi.
  3. Menurut pasal 131 ayat (2) sub.b I.S,hukum perdata yang berlaku terhadap golongan timur asing,adalah sejajar atau sama dengan golongan pribumi yakni hukum perdata adat.

Hukum perdata adat disini bukanlah yang berlaku bagi golongan pribumi,tetapi hukum perdata adat yang berlaku bagi golongan timur asing (menurut hukum adatnya) sendiri.

setelah dikeluarkannya Stb.1917-129,golongan timur asing dibedakan dalam dua golongan (mulai berlaku tanggal 1 Mei 1919 (Stb.1919-81) yaitu :

  1. Golongan timur asing tionghoa
  2. Golongan timur asing bukan tionghoa

Berdasarkan pasal 131 ayat (2) sub.b I.S jo.Stb.1917-129 jo.Stb 1924-557 mulai berlaku pada tanggal 1 Maret 1925,maka seluruh hukum perdata eropa (B.W dan W.v.K) dan peraturan kepailitan berlaku bagi golongan timur asing tionghoa,kecuali mengenai adopsi dan kongsi.

Adopsi adalah pengambilan atau pemungutan anak yang berlaku bagi golongan timur asing tionghoa,yaitu mengangkat anak laki-laki orang lain sebagai anak laki-lakinya.

Adopsi tidak dikenal dalam lapangan hukum perdata barat,tetapi diperuntukkan bagi golongan timur asing tionghoa yang masih memerlukan menurut hukum adatnya,oleh karena itu ketentuan adopsi diatur dalam Stb.1917-129 bab II.

Kongsi menurut hukum adat tionghoa adalah suatu perdagangan berbentuk perusahaan,yang merupakan badan hukum dan mirip dengan suatu perseroan menurut hukum perdata eropa.setelah sepuluh tahun mulai berlakunya Stb.1917-129,kongsi tidak lagi diakui sebagai badan hukum.

Bagi golongan timur asing bukan tionghoa,menurut pasal 131 ayat (2) sub.b I.S. jo Stb.1917-129 jo Stb.1924-556 hukum perdata yang berlaku bagi golongan timur asing bukan tionghoa adalah seluruh hukum perdata dan hukum dagang eropa (B.W. dan W.v.K),kecuali hukum keluarga dan hukum waris tanpa wasiat (hukum waris menurut Undang-undang) masih berlaku menurut hukum adat mereka masing-masing.

PENUNDUKAN PADA HUKUM PERDATA EROPA

Pada mulanya menurut pasal 75 ayat (4) R.R. lama yang kemudian diubah menjadi pasal 131 ayat (4) I.S. menyatakan bahwa “Bagi orang Indonesia asli (pribumi/bumi putra) dan timur asing sepanjang mereka belum ditempatkan dibawah suatu peraturan bersama dengan bangsa eropa,diperbolehkan menundukkan diri pada hukum yang berlaku untuk eropa” (peraturan penundukan diri diatur dalam Stb.1917-12 jo 528).

Berdasarkan pasal 131 I.S. ayat (4) maka dibuatlah peraturan tentang penundukan sukarela ke dalam hukum perdata eropa yang diatur dalam Stb. 1917-12 jo 528. Stb.1917-12 ini pada mulanya akan diperuntukkan untuk golongan bukan eropa yaitu untuk golongan pribumi (bumi putra) dan timur asing. setelah dikeluarkannya Stb.1917-129 dan Stb.1924 Nomor 556 dan 557 yang memberlakukan seluruh hukum perdata eropa untuk golongan timur asing tionghoa dan bukan tionghoa dengan pengecualian hukum adat yang tertentu.

Stb.1912-12 hanya berlaku terhadap golongan pribumi,yang mana saat itu golongan pribumi masih berlaku hukum adatnya.

Stb.1917-12 menentukan adanya 4 macam cara penundukan sukarela kedalam hukum perdata eropa yaitu :

  1. Penundukan untuk seluruhnya kepada hukum perdata eropa. ini berarti seluruh hukum perdata eropa berlaku baginya ( pasal 1 sampai 17) untuk selama-lamanya, tetapi tidak berarti ia pindah golongan dari golongan pribumi ke golongan eropa.ia tetap golongan Pribumi.
  2. Penundukan dengan sukarela untuk sebagian dari hukum perdata eropa.artinya orang yang melakukan tindakan ini ,kemudian hari berlaku baginya sebagian hukum perdata eropa.menurut pasal 18 s/d pasal 25,penundukan sebagian ini seperti yang berlaku bagi golongan timur asing bukan tionghoa (Stb.1924-556) misalnya hukum kekayaan/harta benda dan hukum waris testamenten,tidak termasuk hukum keluarga dan hukum waris tanpa wasiat.
  3. Penundukan dengan sukarela kepada hukum perdata eropa mengenai suatu tindakan hukum tertentu. tindakan penundukan hukum tertentu ini merupakan penundukan asli,artinya adalah penundukan kedalam hukum perdata eropa yang pertama-tama dibuka bagi mereka yang baginya tidak berlaku hukum perdata eropa.bagi yang melakukan penundukan tertentu ini yang bersangkutan menyadari bahwa tindakan yang dilakukan dan akibat hukum yang terjadi dikemudian hari dikuasai oleh hukum eropa misalnya hukum yang berhubungan dengan kekayaan,jual beli,sewa menyewa.
  4. Penundukan anggapan atau penundukan diam-diam.penundukan diri tidak dengan sengaja pada hukum perdata eropa,misalnya menandatangani surat-surat dagang,wesel atau cek,promes,mengasuransikan jiwa pada suatu perusahaan asuransi,menjadi anggota perseroan yang tunduk pada hukum perdata eropa.

Pengertian,Manfaat dan Tujuan Artificial Intelligence atau AI

0

Artificial Intelligence (AI) atau lazimnya dikenal dengan istilah karakter AI , dalam bahasa Inggris “character” merupakan cabang ilmu komputer yang bertujuan membuat entitas buatan yang memiliki kemampuan berpikir layaknya manusia dan dapat melakukan interaksi dengan manusia , karakter tersebut berupa entitas digital atau karakter virtual yang dibuat dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dapat berinteraksi dengan pengguna manusia. Artificial Intelligence tersebut diciptakan untuk dapat berperan dalam suatu lingkungan virtual atau simulasi misalnya karakter dalam permainan video, film animasi atau asisten virtual.

Artificial Intelligence atau AI memiliki kemampuan untuk belajar dan beradaptasi yang dilakukan melalui teknik pembelajaran mesin, dimana karakter AI tersebut dapat mengumpulkan data yang didapat dari interaksi pengguna dan kemudian menggunakan data tersebut untuk meningkatkan kinerja , selain itu AI tersebut juga dapat digunakan dalam simulasi pelatihan untuk melatih para profesional mengatasi situasi yang berbahaya.

Artificial Intelligence atau AI diciptakan oleh orang dan tim pengembang di seluruh dunia , tidak satupun orang atau entitas tunggal yang dapat melakukan klaim sebagai pencipta karakter AI karena secara keseluruhan Artificial Intelligence atau karakter AI merupakan kolaborasi dari berbagai disiplin ilmu misalnya Ilmu komputer, rekayaasa perangkat lunak, desain grafis, seni dan lain-lain dan kemudian bekerjasama dan menciptakan karakter digital yang realistis dan dapat melakukan interaksi dengan manusia.

Beberapa sejarah awal pengembangan karakter Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan tersebut yaitu :

  1. Periode tahun 1950 s/d 1960 : Pada periode ini merupakan awal dilakukannya riset dalam menciptakan kecerdasan buatan misalnya program komputer ELIZA dimana program komputer tersebut dapat melakukan percakapan dengan manusia walaupun dengan cara yang sangat sederhana.
  2. Periode tahun 1970 s/d 1980 : Pada masa periode ini terdapat perkembangan penelitian dalam bidang grafika komputer,animasi dan kemudian membuka jalan bagi karakter AI lebih visual ,contoh karakter tersebut berupa game dan simulasi.
  3. Periode tahun 1990 s/d 2000 : Dilakukan penelitian lebih lanjut dalam grafika komputer, pemrosesan bahasa alami dan kecerdasan buatan membawa karakter AI ke tingkat yang lebih tinggi misalnya permainan video pertama dengan karakter AI yang canggih dan populer saat itu yaitu Tamagotchi
  4. Periode tahun 2000 sampai saat ini : Dalam periode ini penggunaan karakter AI telah digunakan dalam permainan video modern, film animasi, penggunaan aplikasi layanan pelanggan, asisten virtual, google assistent yang memungkinkan karakter AI belajar dari interaksi manusia dan mudah menyesaikan diri dengan keadaan.

Dalam perkembangannya karakter AI digunakan untuk berbagai tujuan misalnya :

  1. Untuk hiburan.tujuan AI untuk hiburan umumnya digunakan dalam permainan video, film animasi, sehingga membuatnya sangat menarik dan terlihat nyata bagi penonton.
  2. Untuk pendidikan dan pelatihan. Karakter AI juga digunakan dalam pendidikan atau pelatihan bagi profesional misalnya Pilot yang akan menerbangkan pesawat.Karakter AI digunakan dalam pelatihan Pilot melakukan simulasi kondisi penerbangan yang berbeda
  3. Asisten virtual. digunakan sebagai asisten virtual yang dapat membantu melakukan pencarian informasi ,mengatur jadwal dll
  4. Komunikasi antar bahasa. karakter AI juga dapat berbicara dalam beberapa bahasa yang berbeda sehingga dapat membantu komukasi antar beberapa bahasa yang berbeda
  5. Penelitian psikologi dan sosiologi .karakter AI juga digunakan dalam penelitian psikologi dan sosiologi untuk memahami bagaimana manusia melakukan interaksi dengan kecerdasan buatan yang seperti manusia.

Penggunaan karakter AI juga memiliki dampak positif dan negatif , dampak positifnya misalnya karakter AI sudah merubah cara kita mengalami hiburan misalnya permainan video, pendidikan dan pelatihan menjadi lebih efektif, meningkatkan efisiensi dan produktifitas, sedangkan dampak negatifnya yaitu karakter AI yang digunakan sebagai asisten virtual dapat mengumpulkan dan memproses data pengguna, selain itu karakter AI dapat mengganti pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia seperti pekerjaan layanan pelanggan, karakter AI membuat manusia memiliki ketergantungan pada teknologi.

Artificial Intelligence atau AI juga berdampak kepada para pencari kerja, jika sebelumnya suatu pekerjaan dilakukan oleh manusia dan kemudian digantikan oleh karakter AI dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi,mengurangi biaya pengeluaran, beberapa pekerjaan yang digantikan oleh karakter AI tersebut yaitu :

  1. Pelayanan pelanggan, karakter AI atau chatbot dapat digunakan dalam layanan pelanggan untuk menjawab pertanyaan umum,memberikan panduan atau mengatasi masalah pelanggan.
  2. Analisis data, AI dapat digunakan untuk menganalisis data yang cukup besar dan rumit dengan waktu yang lebih cepat dan akurat daripada dilakukan oleh manusia.
  3. Penterjemah bahasa, AI dapat digunakan untuk menterjemahkan bahasa yang berbeda.
  4. Pengujian perangkat lunak
  5. Pengembangan konten digital seperti menghasilkan konten digital artikel berita
  6. Survei dan penelitian,AI dapat digunakan untuk mengumpulkan data seperti melakukan survei opini publik atau penelitian pasar.

Hal-hal yang harus dihindari orang yang mengalami anxiety kecemasan berlebih

0

Bagi orang yang sedang berjuang untuk pulih dan sembuh dari anxiety memang tidaklah mudah tapi bukan tidak mungkin bagi orang yang punya tekad untuk pulih dari kondisi tersebut.Cemas itu merupakan suatu hal yang normal manusia tetapi apabila sampai pada kecemasan berlebihan tentu saja hal tersebut tidak wajar. Cemas yang berlebihan pada seseorang dapat berdampak secara psikologis pada seseorang misalnya merasakan kekhawatiran yang berlebihan terhadap sesuatu hal misalnya kesehatan,tentang masa depan yang akhirnya akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dan perasaan tidak nyaman itu tidak jelas datangnya darimana ,dan juga bisa mengakibatkan dampat kepada fisik misalnya orang dapat mengalami Kliengan,pandangan mata blur kurang jelas padahal mata baik-baik saja,kemudian masalah lambung yang suka kembung,sendawa,badan lemas,otot tegang dan serasa akan mau pingsan , saat bernafas terasa pendek dan cepat sehingga sangat sering menarik nafas dengan cepat dan lain-lain, hal tersebut merupakan dampak apabila mengalami kecemasan berlebihan.

Akibat sering mengalami sensasi-sensasi yang tidak nyaman tersebut akhirnya membuat kita hanya berfokus kepada perasaan sensasi-sensasi fisik yang terjadi dan tidak memikirkan hal lain yang menjadi penyebabnya. Pada dasarnya tubuh manusia tersebut terdiri dari dua unsur utama yaitu Jiwa dan Raga. Perasaan sensasi-sensasi pada fisik terdapat pada Raga atau badan kita. Jiwa dan Raga dijembatani oleh nafas kita . Kondisi jiwa sangat dipengaruhi oleh pikiran, pikiran yang terlalu aktif tanpa jeda akan mempengaruhi ketenangan jiwa. yang harus disadari bahwa setiap orang memiliki Jiwa,pikiran dan realita hidup. Kita harus bisa mengendalikan pikiran karena kalau tidak maka yang terjadi adalah pikiran yang akan mengendalikan diri kita,makanya selalu merasakan sensasi khawatir berlebih akan sesuatu yang belum pasti terjadi karena pikiran yang mengendalikan diri kita. pikiran yang sangat aktif sangat berpotensi membuat stres, insomnia,perasaan mengantuk tetapi tidak bisa tidur karena pikiran berputar kemana-mana,sebentar pikiran ke masa lalu,sebentar lagi ke masa depan begitu terus bolak balik tanpa henti membuat perasaan tidak nyaman, membuat jiwa tidak tenang hingga akhirnya bernafas menjadi pendek-pendek/cepat secara tanpa sadar akhirnya mempengaruhi raga sehingga ada perasaan sensasi sakit pada dada,sensasi tidak nyaman pada tubuh dan lain-lain.

Bernafas secara rilex merupakan suatu hal yang sangat penting saat datangnya perasaan tidak nyaman tersebut,maka akan sangat membantu apabila serangan anxiety tersebut tiba-tiba datang, kita harus segera mengendalikan pikiran ,tidak perlu fokus kepada sensasi sakit yang datang atau fokus pada dada yang terasa sesak, kendalikan pikiran dan mulailah berfokus pada nafas atau mengamati nafas, fokus saat menarik nafas dari hidung dan saat membuang nafas dari hidung.

Ketika merasakan pola nafas sudah teratur dan pikiran sering mengamati nafas tersebut maka pikiran tersebut akan terasa jeda tidak terlalu aktif dalam berpikir hal-hal lain,karena kita memerintahkan pikiran agar fokus pada nafas dan hasilnya kita akan mulai tenang dan sesuai dengan realita hidup saat ini yaitu sedang mengamati nafas , rasa damai akan terasa dalam hidup kita.maka oleh sebab itu apabila gangguan cemas tersebut datang tiba-tiba atau datang karena dipicu oleh sesuatu keadaan maka sesering mungkin lakukan mengamati nafas kita dan pola nafas tersebut sampai teratur dan tenang , dan sesering mungkin lakukan suasana hening pada pikiran agar jiwa dan raga seimbang dan ketenangan perasaan akan tercapai. Untuk agar lebih terlatih melakukan atur pola nafas dapat dilakukan saat meditasi ,hal tersebut sangat-sangat membantu menyembuhkan kecemasan.

Kecemasan berlebih selain datang tiba-tiba juga dapat dipicu oleh suatu kondisi atau keadaan yang sedang dialami atau akan di alami, beberapa hal-hal yang dapat memicu terjadinya gangguan panik pada orang yang mengalami anxiety yaitu :

  1. Trauma, suatu kejadian yang pernah di alami yang dirasakan tidak nyaman atau mengancam hidup dapat menjadi penyebab sulit sembuh dari gangguan kecemasan tersebut, yang perlu dilakukan bisa dengan menyadari bahwa semua baik-baik saja dan tidak ada hal buruk yang akan terjadi.
  2. Berada di keramaian, orang yang sebelumnya sangat senang berada di keramaian ,apabila mengalami gangguan kecemasan maka situasi keramaian dapat memicu terjadinya kecemasan yang menyebabkan orang tersebut lebih senang berada di rumah daripada di tempat ramai.
  3. Kemacetan, Bagi orang yang mengalami gangguan kecemasan, kemacetan di jalan raya pada saat menyetir kendaraan atau naik sepeda motor baik sedang membawa sepeda motor atau dibonceng juga dapat memicu terjadinya gangguan kecemasan,maka sebaiknya apabila mengalami serangan panik saat berkendara sebaiknya berhenti dan cari tempat untuk istirahat sebentar dan apabila sudah reda maka boleh melanjutkan perjalanan kembali.
  4. Minum kopi, apabila banyak meminum kopi juga dapat memicu gangguan kecemasan karena tubuh akan menjadi tidak nyaman pada lambung ,sehingga saat lambung tidak nyaman makan tidur pun akan terganggu dan bahkan tidak dapat tidur semalaman karena minum kopi, maka sebaiknya hindari minum kopi walau sedikit kecuali sudah benar-benar pulih.
  5. Makan mie instan.bagi orang yang mengalami gangguan kecemasan sebaiknya tidak memakan mie instan karena biasanya makanan yang berbahan tepung dapat membuat perut kembung yang dapat memicu gangguan kecemasan.
  6. Makan buah-buahan. banyak manfaat buah-buahan pada tubuh manusia, tetapi bagi orang yang mengalami gangguan kecemasan tidak boleh memakan sembangan buah-buahan diantaranya nanas,cempedak,nangka,durian,mangga,jeruk, sebaiknya memakan buah yang tidak terlalu asam dan tidak banyak memproduksi gas dalam lambung misalnya melon,pisang,pepaya. kalau memakan buah yang dapat memproduksi gas dalam lambung hal tersebut dapat memicu perut kembung dan perasaan tidak nyaman sehingga dapat memicu terjadinya gangguan kecemasan.
  7. Pikiran. memikiran suatu keadaan yang dialami apabila kita tidak terima dengan keadaan tersebut dapat juga memicu kecemasan ,misalnya memikirkan kehilangan seseorang,memikirkan masa depan yang tidak pasti dan lain-lain, yang perlu dilakukan sebaiknya menyadari keadaan tersebut dan berserah kepada yang maha kuasa,berdoa,sehingga pikiran tidak diajak untuk mencari jawaban-jawaban yang tidak pasti.
  8. Tidur, Kurang tidak atau tidak ada tidur pada malam hari sangat mudah mengalami gangguan kecemasan ,maka sebaiknya diupayakan agar dapat tidur secara teratur.
  9. Marah, sebaiknya orang yang mengalami kecemasan tidak melakukan marah-marah ,harus selalu menjadi orang yang sabar dan selalu berpikir positif.
  10. Melamun, sebaiknya hindari melamun karena hanya akan membawa pikiran jalan-jalan keliling dunia tapi tidak merubah apa-apa, sebaiknya carilah kegiatan yang bisa dilakukan sehingga fokus pikiran menjadi teralihkan.
  11. Orang yang toxic, Agar fisik dan emosional terjaga dengan baik sebaiknya menjauh dari orang atau lingkungan yang membuat tidak nyaman.
  12. Kesehatan, Selalu lah berpikir positif akan apa yang sedang di alami oleh tubuh, kalau tiba-tiba dada terasa sakit jangan langsung berpikiran bahwa kamu sudah sakit jantung,pikiran itu harus dikendalikan, dan jangan membawa penyakit orang lain ke diri kita ,misalnya orang lain sakit X maka kita juga sakit X, hal itu bisa memicu gangguan kecemasan.
  13. Kenangan yang menyakitkan,sebaiknya dilupakan dan hiduplah pada saat ini,saat kita mengenang masa lalu belum tentu orang yang berada dimasa lalu atau yang dipikirkan tersebut juga memikirkan kita,mencoba berdamai dengan masa lalu dan bersyukur atas apa yang telah kita lalu,kita capai sampai saat ini.

Demikianlah hal-hal yang harus dihindari oleh orang yang mengalami gangguan kecemasan,kita adalah tuan atas pikiran kita,maka kita dapat mengendalikan apa yang kita pikirkan,kalau kita selalu berfikir negatif maka hasilnya akan negatif,tetapi apabila kita selalu berpikir hal-hal yang baik maka hasilnya pun akan baik untuk pikiran kita.

” Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang ” (Amsal 17:22)

Cara mengatasi anxiety kecemasan berlebihan dengan cara yang mudah dan tepat

0

Cemas merupakah perasaan khawatir,takut akan sesuatu yang belum tentu terjadi. Anxiety adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan cemas, khawatir, atau ketakutan yang berlebihan terhadap situasi atau peristiwa tertentu. Ini adalah reaksi alami yang dialami oleh banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ketika rasa cemas menjadi berlebihan, berkelanjutan, atau mengganggu aktifitas sehari-hari seseorang, ini dapat dianggap sebagai gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan adalah kondisi mental yang melibatkan gejala-gejala seperti:

  1. Merasakan ketegangan dan perasaan gelisah yang berlebihan
  2. Perasaan tidak nyaman terhadap sebuah situasi misalnya keramaian,mendengar kabar kematian dan lain-lain
  3. Merasakan ketakutan tanpa alasan yang jelas dan belum tentu terjadi
  4. Mengalami kesulitan tidur dan merasa mudah Lelah
  5. Sulit untuk rilex
  6. Merasakan gejala fisik terasa sakit seperti pinggang sakit,detak jantung terasa cepat,sendawa,kembung,gemetaran dan lain-lain.

Gangguan kecemasan ada beberapa jenis diantaranya : Gangguan Kecemasan Umum (Generalized Anxiety Disorder), Gangguan Kecemasan Sosial (Social Anxiety Disorder), Gangguan Panik (Panic Disorder), dan lain-lain. Kondisi ini dapat berpengaruh terhadap cara seseorang menjalani kehidupan seseorang menjadi berubah sehingga perlu segera diobati.

Banyak orang yang mengalami rasa cemas dari waktu ke waktu. Namun, jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami kecemasan yang berlebihan atau sudah mengganggu aktifitas sehari-hari maka sebaiknya segera melakukan konsultasi kepada  profesial, seperti seorang psikolog atau psikiater, untuk evaluasi dan pengobatan yang sesuai. Terapi kognitif perilaku dan pengobatan dengan obat-obatan tertentu adalah beberapa pilihan yang dapat membantu mengelola gangguan kecemasan.

Sebab-sebab Anxiety

Anxiety merupakan respon alami tubuh terhadap stres atau ancaman , jadi banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami anxiety dan sering terjadi hal tersebut terjadi sebagai akibat dari beberapa faktor dan umumnya penyebabnya antara lain:

  1. Genetik, faktor keturunan atau riwayat keluarga yang memiliki anxiety memiliki peluang dan berperan dalam meningkatkan seseorang mengalami anxiety atau gangguan kecemasan berlebih.
  2. Adanya ketidakseimbangan kimia otak seperti perubahan kadar zat kimia otak, seperti serotonin, dopamine, atau norepinefrin, dapat berkontribusi pada perkembangan anxiety. Ketidakseimbangan ini dapat disebabkan oleh faktor genetik atau lingkungan.
  3. Trauma atau pengalaman traumatis, seperti pelecehan, kecelakaan, atau kejadian traumatis lainnya dapat memicu terjadinya anxiety. Gangguan stres pasca trauma adalah bentuk yang lebih serius dari gangguan kecemasan yang dapat timbul setelah pengalaman traumatis.
  4. Stres yang berkepanjangan seperti masalah keluarga, keuangan, pekerjaan yang menuntut, dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami anxiety
  5. Kondisi kesehatan mental lainnya seperti depresi, dapat berhubungan dengan anxiety
  6. Kondisi kesehatan fisik seperti mengalami sakit jantung,diabetes atau penyakit lainnya dapat memicu seseorang mengalami kecemasan
  7. Kebiasaan minum alkohol secara berlebihan juga dapat memicu dan memperburuk terjadinya anxiety
  8. Tidak memahami cara mengatasi dan mengendalikan stres yang di alami dan juga ketidakmampuan mengelola perasaan cemas juga memicu terjadinya anxiety
  9. Perubahan hidup seperti terjadinya Perkawinan,perceraian,kelahiran anak atau kematian orang yang dicintai juga dapat memicu terjadinya anxiety.

Dari beberapa faktor tersebut tiap orang tidaklah memiliki ketahanan yang sama dalam menghadapi beberapa penyebab anxiety tersebut .ada orang yang memiliki mental kuat dalam menghadapi suatu masalah dan ada yang tidak mampu dalam menangani masalah yang dihadapi dalam menjalani kehidupan.

Ciri-ciri atau tanda-tanda orang mengalami anxiety

Orang yang mengalami anxiety dapat menunjukkan beberapa tanda-tanda dan gejala, baik secara fisik, emosional, maupun perilaku. Tanda-tanda tersebut dapat bervariasi dari satu individu ke individu lainnya dan bisa menjadi ringan hingga berat. Berikut ini adalah beberapa tanda umum bahwa seseorang mungkin mengalami anxiety diantaranya :

  1. Gejala fisik yang dirasakan diantaranya detak jantung cepat dan merasakan sesak sehingga dikira sedang mengalami sakit jantung padahal setelah dilakukan pengecekan kondisi jantung baik baik saja, badan gemetar, mengalami ketegangan otot, keringat berlebih, mengalami gangguan pencernaan seperti perut kembung, begah, sendawa berlebihan,sulit buang air besar,merasa akan pingsan.
  2. Gejala emosional, seperti sering merasa cemas dan khawatir akan masa depan, merasa takut yang tidak jelas atau tidak rasional, merasa khawatir berlebihan tentang pekerjaan,kesehatan atau hubungan, perasaan sering gugup,sulit berkonsentrasi ,rasa tidak nyaman dan gelisah.
  3. Gejala perilaku, seperti menghindari tempat atau situasi yang memicu kecemasan ,menghindari interaksi sosial dengan orang lain,malas keluar dari rumah dan lebih nyaman selalu berada di rumah, mengalami kesulitan tidur , merasakan ketidakpastian yang berlebihan.
  4. Gejala kognitif seperti pikiran negatif berulang tentang diri sendiri, merasakan ketakutan akan hal buruk akan menimpa dan terjadi padanya, sulit menghentikan pikiran yang selalu berputar.
  5. Gejala fisiologis, seperti Merasakan lelah atau kelelahan yang tidak wajar padahal tidak sedang melakukan pekerjaan berat, sakit kepala, sensasi kesemutan ,mimpi buruk dan terbangun di malam hari.

Serangan Panik (Panic Attack)

Orang yang mengalami anxiety bisa mengalami serangan panik . Serangan panik adalah pengalaman mendalam rasa takut atau kecemasan yang tiba-tiba dan intens. Serangan panik seringkali muncul tanpa peringatan dan bisa sangat mengganggu kehidupan sehari-hari misalnya pada saat sedang menyetir mobil sendirian dan mengalami serangan panik, perut akan tiba-tiba merasa kembung,sendawa dan mengalami sulit bernafas. Beberapa gejala yang umum terjadi selama serangan panik meliputi Jantung berdebar dan detak cepat, nafas pendek dan sesak, mengalami gemetaran, merasa badan panas atau dingin tiba-tiba, perasaan tercekik atau sesak, perasaan di dada tidak nyaman, pusing dan merasa mau pingsan ,merasa kehilangan kendali dan takut mati.Serangan panik biasanya mencapai puncaknya dalam beberapa menit, tetapi gejalanya dapat berlanjut atau berkurang selama beberapa waktu sampai keadaan normal kembali.

Serangan panik merupakan gejala dari gangguan kecemasan yang disebut “gangguan panik.” Jika seseorang mengalami serangan panik berulang, maka orang tersebut perlu melakukan konsultasi ke psikiater sehingga dapat dibantu dengan terapi kognitif perilaku , terapi obat, atau kombinasi dari keduanya untuk mengelola serangan panik dan gangguan panik. Penting untuk mencari pertolongan medis jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami serangan panik secara teratur atau jika serangan panik mengganggu kehidupan sehari-hari.

Cara mengobati anxiety

Pengobatan anxiety dapat mencakup berbagai pendekatan, dan pada tingkat keparahan, preferensi individu, dan saran dari dokter spesialis kejiwaan misalnya psikiater. Berikut adalah beberapa cara umum untuk mengobati anxiety diantaranya :

  1. Terapi kognitif perilaku, yang mana dalam terapi ini fokus kepada mengidentifikasi dan mengubah pola pikiran dan perilaku yang menyebabkan atau memperburuk anxiety, sehingga dapat membantu individu mengatasi ketakutan, mengelola kecemasan, dan mengembangkan keterampilan untuk menghadapi situasi yang menimbulkan kecemasan Terapis CBT akan bekerja dengan klien untuk mengidentifikasi pikiran negatif atau irasional dan menggantinya dengan pikiran yang lebih sehat dan realistis.
  2. Terapi psikoterapi , terapi perilaku dialektik (DBT), terapi interpersonal, atau terapi psikoanalitik dapat digunakan tergantung pada kebutuhan individu, terapi ini dapat membantu individu dalam mengatasi pemahaman yang lebih dalam tentang penyebab anxiety mereka dan membantu mereka mengatasi masalah-masalah tertentu yang mungkin berhubungan dengan anxiety.
  3. Menggunakan obat-obatan, penggunaan obat antidepresan (contohnya, SSRI atau SNRI) dan benzodiazepin, dapat diresepkan oleh seorang psikiater untuk mengobati anxiety dan penggunaan obat-obat tersebut harus dalam pengawasan dokter sehingga dapat diketahui perkembangannnya.
  4. Terapi berbicara, orang yang mengalami anxiety dapat berbicara dengan seorang teman, anggota keluarga, atau konselor yang dipercayai dapat membantu dalam mengatasi kecemasan. Terkadang, berbicara tentang perasaan dan masalah dapat meredakan beban pikiran yang sedang di alami.
  5. Meditasi, melakukan relaksasi ,latihan pernafasan untuk mengurangi stres dan kecemasan
  6. Melakukan gaya hidup sehat, yaitu dengan cara menerapkan pola tidur yang baik, makan makanan sehat, dan menghindari alkohol, kafein, dan obat-obatan dapat membantu mengelola anxiety.
  7. Bergabung dengan kelompok orang yang mengalami masalah serupa sehingga bisa saling menguatkan dan menyemangati orang lain dengan masalah serupa.

Meditasi

Melakukan meditasi merupakan salah satu cara yang sangat ampuh untuk mengatasi anxiety.Ada beberapa meditasi yang biasa dilakukan diantaranya :

  1. Meditasi kesadaran (Mindful meditation), dalam meditasi kesadaran anda memperhatikan pikiran-pikiran yang melintas tanpa menghakimi atau terlibat secara emosional,anda cukup mengamatinya.Latihan ini menggabungkan konsentrasi dengan kesadaran,anda akan merasa terbantu dengan fokus pada sebuah objek atau nafas anda saat anda mengamati sensasi pada tubuh,pikiran atau perasaan. Jenis meditasi ini baik untuk anda yang tidak memiliki guru untuk membimbing karena mudah dilakukan baik dipraktekkan di rumah,tempat kerja atau tempat lainnya.
  2. Meditasi spiritual,orang yang melakukan meditasi spiritual mencari hubungan dengan tuhan ,alam atau alam semesta,meditasi ini mirip seperti doa karena anda merenungkan keheningan di sekitar anda dan mencari hubungan dengan yang maha kuasa. Tempat yang dapat untuk melakukan meditasi spiritual dapat dilakukan di rumah,tempat ibadah,padang rumput,hal tersebut bermanfaat bagi anda yang berkembang dalam keheningan dan mencari pertumbuhan spiritual.
  3. Meditasi terfokus, yaitu menyelaraskan diri ke kondisi yang lebih tinggi yang melibatkan salah satu dari lima indra misalnya anda melakukan fokus anda pernafasan anda (internal) atau pada suara sekitar (objek eksternal).
  4. Meditasi gerakan,bagi orang yang memiliki kecenderungan untuk gelisah atau merasa damai saat sedang aktif,maka meditasi aktif cocok dilakukan misalnya Berjalan di alam,membersihkan rumah atau membangun sesuatu dengan tangan sendiri.
  5. Meditasi Mantra, yaitu meditasi yang cukup menonjol dalam banyak ajaran termasuk dalam ajaran hindu dan budha,meditasi tersebut menggunakan suara yang diulang-ulang,diucapkan dengan keras untuk menjernihkan pikiran.orang merasa lebih mudah melakukan meditasi mantra karena orang lebih mudah untuk fokus pada sebuah kata daripada nafas mereka,hal ini juga latihan yang baik untuk orang yang tidak terlalu suka keheningan .
  6. Meditasi transendental,orang yang melakukan meditasi ini akan mencapai kondisi dimana mereka melampaui proses berpikir mereka dan masuk ke dalam pengalaman yang lebih tinggi.latihan ini bermanfaat bagi mereka yang ingin melakukan meditasi lebih dalam dan merasakan hasil yang lebih nyata dari waktu yang dihabiskan untuk bermeditasi hal tersebut dianggap sebagai kondisi kesadaran sempurna ,istirahat,stabilitas dan kesadaran.

Dalam melakukan meditasi perlu menanamkan kata-kata afirmasi positif misalnya “Aku bersyukur untuk hidupku,Aku beruntung,Aku semangat,Aku semakin percaya diri,Apapun yang kulakukan selalu berhasil,Tidak ada keraguan untuk memulai sesuatu,Aku layak dicintai,Aku layak sukses,Aku semakin bahagia,Aku percaya pada diriku sendiri,Aku Sehat dan baik-baik saja”.

Tips dan Cara Meditasi

Untuk orang yang mengalami anxiety dapat mencoba melakukan meditasi diam , hal-hal yang dilakukan yaitu :

  1. Siapkan waktu dimana waktu itu benar-benar waktu yang sangat pribadi untuk anda misalnya waktu akan mau tidur. Prinsip daripada meditasi diam tersebut kita akan melakukan sebuah aktifitas yang mungkin dalam satu hari kita jarang melakukannya dan saat ini akan mencoba akan melakukannya saat akan mau tidur.pada prinsipnya adalah kita diam, tenang tidak melakukan apapun. Jika memang ada pikiran yang datang dan berputar dalam pikiran kita biarkan saja dan fokus adalah diam
  2. Ambil posisi duduk,dapat duduk bersila seperti orang yang sedang melakukan meditasi tapi tidak terlentang karena bisa ketiduran.jadi sebaiknya coba duduk di kursi atau duduk bersila seperti posisi orang yang melakukan meditasi.
  3. Duduk diam dan sambil pejamkan mata, usahakan semua bagian tubuh anda dikontrol sendiri bahwa saat ini anggota tubuh anda dikontrol untuk diam,tidak perlu memikirkan pikiran yang datang dan biarkan lewat,dan kemudian ingatkan kembali diri anda untuk diam,tidak perlu fokus pada nafas dahulu,yang penting diam,lakukan hal ini selama 5 menit dan lakukan secara berkelanjutan besok hari sampai 7 hari karen meditasi pada hakekatnya adalah tentang praktek

Untuk mengatasi Anxiety atau panic attack Selanjutnya dapat melakukan meditasi pernafasan dengan menggunakan metode 4,7,8

  1. Dalam duduk posisi meditasi lakukan menarik nafas dari hidung sebanyak 4 hitungan kemudian nafas ditahan sampai hitungan angka 7 dan kemudian nafas dihembuskan pelan-pelan dari hidung sampai 8 hitungan.
  2. Setelah selesah dihembuskan nafas dalam 8 hitungan kemudian di sugestikan dalam hati kata-kata “Ini semua akan berlalu”, “Semua akan baik-baiik saja”, Pada saat badan belum bisa rilex ulang lakukan kembali pola menarik nafas tadi sampai terasa rilex. saat olah nafas tersebut dilakukan maka serangan panik yang terjadi dan di alami akan normal kemudian dan semuanya akan baik-baik saja.

Beberapa Perbedaan Kripto dengan Saham Secara Mudah Dipahami

0

Investasi beberapa waktu belakangan menjadi pilihan bagi banyak orang, hal tersebut didukung oleh mudahnya mendapat informasi tentang instrumen investasi yang diperoleh baik melalui Media sosial,Berita dan lain-lain.Investasi pada umumnya memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan cara penanaman modal atau uang pada suatu perusahaan atau proyek untuk memperoleh keuntungan.secara sederhana dipahami bahwa Investasi adalah Membeli sesuatu dan berharap pada masa yang akan datang dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi dari semula saat dibeli. Jenis investasi berdasarkan tujuannya juga berbeda-beda diantaranya 1. Investasi jangka pendek, 2.Investasi jangka menengah, 3.Investasi jangka panjang.

Ada banyak instrumen investasi yang saat ini mudah ditemukan misalnya instrumen investasi yang sudah lama dilakukan orang misalnya emas. harga emas cenderung naik sehingga banyak orang melakukan investasi pada emas tersebut dan emas juga tidak terpengaruh oleh inflasi.Beberapa contoh jenis-jenis investasi yaitu :

  1. Deposito, merupakan simpanan uang pada Bank yang pencairannya dapat dilakukan dalam waktu tertentu.
  2. Emas, merupakan investasi yang umum dilakukan orang dan menyimpan dalam bentuk perhiasan dan apabila membutuhkan dana yang mendesak maka dapat dijual dengan mudah.
  3. Reksadana, merupakan wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum bernama manejer investasi yang kemudian dana tersebut di investasikan ke dalam surat berharga seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.
  4. Saham, merupakan bukti kepemilikan nilai suatu perusahaan atau bukti penyertaan modal.
  5. Properti, merupakan pembelian properti real estate yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang dapat dilakukan melalui cara sewa atau penjualan kembali.
  6. Cryptocurrency, merupakan investasi mata uang digital dan melakukan aktifitas jual beli suatu aset kripto pada exchange.
  7. Franchise, merupakan suatu bentuk kerjasama usaha antara pemilik merek dagang,produk atau sistem operasional dengan pihak yang mendapatkan izin untuk pemakaian merek ,produk atau sistem operasional tersebut dalam menjalankan suatu usaha.Contoh Franchise misalnya Indomaret,Alfamart.

Cryptocurrency atau Kripto dan Saham merupakan instrumen investasi yang saat ini banyak diminati orang untuk memperoleh keuntungan.Kripto dan saham memiliki resiko yang tinggi dan juga memiliki potensi keuntungan yang tinggi pula.Tetapi walaupun Cryptocurrency tersebut sama-sama dapat dilakukan Investasi maupun di Trading, tetapi ada perbedaan mendasar antara Saham dan Cryptocurrency tersebut diantaranya :

  1. Cryptocurrency atau Kripto pada saat diciptakan dengan tujuan sebagai mata uang digital yang diharapkan dapat diterima dan digunakan pada masa depan sebagai alat pembayaran yang dibuat dengan teknologi yang sangat aman dengan biaya transaksi yang murah. Contoh aset kripto yaitu Bitcoin,Ethereum,Cardano,Tron dll, , sedangkan saham diciptakan untuk mendapatkan dana dari publik dan kemudian dana tersebut digunakan untuk mengembangkan perusahaan dan sebagai gantinya investor mendapatkan sebagian kecil saham dari perusahaan tersebut yang nantinya saham tersebut dapat diperjualbelikan atau mendapatkan pembagian deviden atau keuntungan perusahaan.
  2. Cryptocurrency dan saham dari penggunaanya yaitu kalau Aset Kripto dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atau membiayai suatu proyek Defi atau mendapatkan pinjaman pada suatu platfom tertentu,sementara Saham tidak dapat dilakukan sebagai alat pembayaran karena saham bukanlah uang.Saham sendiri juga tidak dapat dijadikan sebagai alat jaminan pinjaman.
  3. Cryptocurrency dan saham sama-sama memiliki Volatilitas Pasar,pada Cryptocurrency bedanya adalah kenaikan aset kripto tidak dibatasi, sehingga bisa saja naik hingga ratusan atau ribuan persen atau turun puluhan persen merupakan suatu hal yang biasa dalam Kripto, sedangkan pada Saham Harganya dibatasi oleh regulasi .
  4. Cryptocurrency dan Saham memiliki perbedaan jam buka yaitu Pasar Kripto buka selama 24 jam sedangkan pada saham diatur jam buka atau tutup atau hari libur.
  5. Cryptocurrency dan Saham diatur oleh Pemerintah.Pada Aset Kripto atau Cryptocurrency dimasukkan dalam kategori komoditas sehingga diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti),sementara pada Saham diawasi oleh Otoritas jasa keuangan (OJK) dan diselenggarakan oleh Bursa Efek indonesia (BEI) yang memfasilitasi jual beli saham perusahaan yang sudah go publik.
  6. 6.Cryptocurrency dan Saham dalam penyimpanan aset memiliki perbedaan, kalau Cryptocurrency asetnya disimpan dalam wallet atau dompet elektronik, wallet umumnya disediakan oleh Exchange, sedangkan saham disimpan dalam bentuk data elektronik di sistem Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jadi seandainya perusahaan sekuritas tertentu yang kita ikuti misalnya bangkrut maka saham kita masih aman .
  7. Cryptocurrency dan Saham dalam segi analisa,terdapat kesamaan diantaranya sama-sama dapat dilakukan analisa teknikal, analisa fundamental, bedanya kalau analisa fundamental Cryptocurrency tergantung pada teknologi kegunaan koin dan kepercayaan publik untuk menggunakan koin tersebut, sedangkan Pada Saham tergantung pada kondisi financial perusahaan, pendapatan perusahaan dan potensinya di masa depan
  8. Cryptocurrency dan Saham dilihat dari aktifitas investasinya , kalau Aset Kripto dapat dilakukan trading,dijaminkan untuk mendapatkan pinjaman, atau untuk membiayai proyek defi, Staking, untuk mendapatkan bunga,dapat digunakan untuk membeli aset kripto yang sudah listing pada exchange, dapat di transfer kepada orang lain , sedangkan pada Saham hanya dapat melakukan trading dan mendapat deviden.
  9. Cryptocurrency dan saham dilihat dari penerbitnya yaitu Kalau Aset kripto dapat dibuat oleh siapapun,sedangkan Saham untuk membuat suatu perusahaan go publik cukup sulit karena sangat banyak regulasi yang diatur yang harus di taati perusahaan .
  10. Cryptocurrency dan Saham dari segi keamanan asetnya , kalau Aset kripto dapat disimpan di Wallet yang disediakan oleh Exchange atau Decentralized Exchange.jadi disimpan di internet,jsedangkan saham disimpan dalam bentuk data elektronik di sistem Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Memilih Nama Anak Bayi Laki-laki dan Perempuan Kristen Dengan Maknanya

0

Bagi Pasangan yang telah memiliki anak bayi ataupun yang akan segera menantikan kehadiran buah hati maka sebagai orang tua tentu pasti akan mulai mencari nama yang baik untuk anaknya dengan harapan sesuai dengan makna nama yang akan diberikan tersebut. Bagi pasangan yang beragama kristen yang ingin memberikan nama pada anak karena anak adalah karunia tuhan, maka sebagai wujud syukur kepada tuhan maka dapat memberikan nama pada anak-anaknya sebagaimana terdapat pada nama tokoh-tokoh dalam alkitab yang memiliki makna dengan harapan anak tersebut sesuai dengan harapan kelak setelah anak tersebut menjadi dewasa menjadi orang yang baik dan bermanfaat.

Berikut Nama-nama yang dapat diberikan kepada bayi laki-laki dan perempuan kristen beserta maknanya :

  1. Abraham : Bapak segala bangsa
  2. Adam : Milik Bumi
  3. Adriell : Pengikut tuhan
  4. Agustinus : Yang agung dan mulia
  5. Alexander : Pejuang umat
  6. Alfred : Penasihat yang bijaksana
  7. Ananias : Awan tuhan
  8. Andre : Pemberani
  9. Ambrosius : Keabadian
  10. Ayub : Yang saleh dan jujur
  11. Aquila :Rajawali
  12. Abel : Perempuan yang bijaksana dan teguh
  13. Abellona : Berani
  14. Abira : Kekuatan
  15. Adara : Kecantikan
  16. Adea : Pemberian baik dari tuhan
  17. Adela ; Wanita bangsawan
  18. Adeline : mulia dan baik hati
  19. Adina : Lemah lembut
  20. Adriel : Kawanan tuhan
  21. Adoncia ; manis
  22. Adonna : Cantik
  23. Aguilina : Keadilan
  24. Adonnica : cantik
  25. Agalia : Kebahagiaan
  26. Agatha : Wanita baik
  27. Agnes : Lembut
  28. Agnetha ; murni dan suci
  29. Agustina : Suci
  30. Aerilyn : Menyejukkan
  31. Agnesia : Suci
  32. Ailsie : Mengabdi kepada tuhan
  33. Akira : Pintar,cerdas
  34. Alberta : Cerdas
  35. Alice : Perempuan yang bijaksana
  36. Alexandra : Penolong,pelindung
  37. Anastasia : Kebangkitan
  38. Angel : Pengirim pesan tuhan, malaikat
  39. Angela : Pengirim pesan tuhan
  40. Angelina : Pembawa pesan tuhan
  41. Anna ; Mulia,pemaaf
  42. Anna marie : Disukai tuhan
  43. Ane : tuhan maha mulia
  44. Ariana : Suci
  45. Asa : Penyembuh
  46. Asher : Diberkati
  47. Astrid : Diberkati
  48. Atalia : Penjaga benteng
  49. Atara : Mahkota
  50. Audy : Penjaga kemakmuran
  51. Audrey ; Kekuatan
  52. Aurora ; terbenam
  53. Avri ; Penasihat
  54. Barukh : diberkati
  55. Benedict : Diberkati
  56. Bernardus : Kuat
  57. Bonaventura : Tidak mudah menyerah
  58. Beatrice : Pembawa sukacita
  59. Beatrix : pembawa sukacita ,diberkati
  60. Belinda ; kekuatan
  61. Briana : berbudi luhur,terhormat
  62. Bethany : Rumah untuk bernyanyi
  63. Bella : Keindahan
  64. Bellvania : diberkati, hadiah dari tuhan
  65. Benedikta : diberkati
  66. Bertha : Pemimpin yang cerdas
  67. Bethel : Rumah allah
  68. Betsyeba : Istri yang cantik
  69. Bonita : Cantik
  70. Caiden : Pejuang
  71. Caleb : Orang kepercayaan
  72. Caesar : Laki-laki berambut panjang
  73. Charles : laki-laki yang kuat
  74. Carolus : Pejuang
  75. Christian : pengikut kristus
  76. Christoper ; Pengikut kristus
  77. Constantine : Tegas dan konsisten
  78. Calista : perempuan paling cantik
  79. Camila : perempuan sempurna
  80. Carla : perempuan yang kuat
  81. Carmelita : Taman tuhan
  82. Carolina : perempuan cantik
  83. Chloe : Bersemi
  84. Catalina : suci
  85. Catharine : Murni, Suci
  86. Carissa : Anak yang penuh semangat
  87. Chesa : pelindung
  88. Christina : Pengikut kristus
  89. Claire : bercahaya
  90. Clara : cerah
  91. Clarine :Gadis yang bersinar
  92. Claudia : Lembut
  93. Calia : cantik
  94. Damian : Penjinak
  95. Daniel : Yang dipilih tuhan
  96. Daud/ David : dicintai
  97. Dean : Sang pemimpin
  98. Demitrus : Pencinta bumi
  99. Dionisius : Pria sehat
  100. Dominica : Aku milik tuhan
  101. Dalila : Lembut
  102. Damaris : Pemberita kabar baik
  103. Dania : Tuhan adalah hakimku
  104. Daniella : Tuhan adalah hakim
  105. Darra : Tuan putri
  106. Darina : Pemberian
  107. Davina : Dicintai
  108. Deana : Kuat dan anggun
  109. Della : Perilaku yang anggun
  110. Denada : Kuat dan anggun
  111. Debora : Hakim perempuan dalam alkitab
  112. Delilah : Sukacita
  113. Diana : Hebat
  114. Dina : Kuat
  115. Edward : Wali dari warisan
  116. Eezar : Yang bercahaya
  117. Efraim : Berhasil dengan baik,subur
  118. Eleazar : Pertolongan tuhan
  119. Eliezer : Pertolongan tuhan
  120. Elia : tuhan adalah allahku
  121. Elishama : Tuhan mendengar
  122. Elkanah : Ciptaan tuhan
  123. Elnathan : Dia yang memberi
  124. Elshaddai : Allah yang maha perkasa
  125. Elyakim : Ditinggikan tuhan
  126. Erastus : Dicintai
  127. Ethan : Perkasa, Kuat
  128. Elvano : percikan api dari dua batu
  129. Evano : Anugrah tuhan yang paling indah
  130. Ezra : Sang penyelamat
  131. Easther : Paskah
  132. Edna : Pemulihan
  133. Efrata : Berbuah
  134. Emmanuel : Tuhan Bersama kita
  135. Epivanio : Membawa cahaya
  136. Elsa : Kebahagiaan
  137. Emma : Kekuatan
  138. Eliana : Tuhan telah menjawab
  139. Elisha : Tuhan jalan keselamatan
  140. Elisheva : Yang dijanjikan tuhan
  141. Elisebah : Tuhan adalah keyakinanku
  142. Elaine : Cahaya yang terang
  143. Eliana : tuhan telah menjawab
  144. Elisabeth : Keselamatan tuhan
  145. Emilia : Cerah
  146. Elenora : Bijaksana
  147. Ester : Bintang
  148. Eva : Kehidupan
  149. Evelyn : Kehidupan
  150. Ezra : Penolong
  151. Farrel : Pemberani
  152. Fedrick : Penguasa kedamaian
  153. Ferdinand : Bijaksana dan pembuat kedamaian
  154. Felix : Tuhan penolongku
  155. Fransiskus : Kerendahan hati,Kesederhanaan
  156. Faina : Kegembiraan
  157. Farah : Cantik dan rupawan
  158. Felice : bahagia,beruntung
  159. Feodisia : Hadiah dari tuhan
  160. Fiona : Perempuan yang baik hati
  161. Florence : Berbunga
  162. Fortuna : Beruntung
  163. Fransiska : Wanita dermawan
  164. Frederica : Pemberi kedamaian
  165. Gabrian : tuhan adalah kekuatanku
  166. Gabriel : Kesatria allah
  167. Gaffar : Pemaaf
  168. Gavi : Tuhan kekuatanku
  169. Gerald : Perkasa dengan tombak
  170. Gideon : Pekerja keras
  171. Gilbert : pria muda yang cerdas
  172. Giovanni : Kemegahan tuhan
  173. Genie : tuhan yang baik
  174. Gemma : Permata
  175. Geraldine : Bangsawan
  176. Gisel ; Menepati janji, mulia
  177. Giselle : Orang yang menepati janji
  178. Gloria : memuji tuhan
  179. Godiva : Pemberian tuhan
  180. Grace : Cantik,murah hati
  181. Gracie : Anugrah tuhan
  182. Gratia : Berkat
  183. Gregoria : Pengawas
  184. Griselda : orang yang cerdas
  185. Griselle : Bijaksana dan cerdas
  186. Habakuk : Petarung
  187. Haman : Keagungan
  188. Hans : Keagungan allah
  189. Hardy : Kuat, pemberani
  190. Harvey : Prajurit
  191. Haris : Pelindung
  192. Harold : Sang raja
  193. Hector : Tabah
  194. Henokh : Patuh,berserah
  195. Hezekiah : Kekuatan allah
  196. Hizkia : Tuhan adalah kekuatanku
  197. Hosea : Sang penyelamat
  198. Hagar : Ditinggalkan
  199. Halleluya : Pujian kepada tuhan
  200. Hana : Berkah
  201. Hananiah : Hadiah dari tuhan
  202. Hanita : Berkah tuhan
  203. Hannah : Anugrah
  204. Hannella : Berbudi baik
  205. Hania : Baik hati,anggun
  206. Haniyah : Taat kepada tuhan
  207. Hawa : wanita, Kemuliaan
  208. Hazel : Penuh semangat
  209. Helda : Pejuang
  210. Helen : Terang,cahaya
  211. Helena : Cahaya,suka menolong orang lain
  212. Helga : Suci
  213. Hilda : Kerahasiaan
  214. Hillary : Kebahagiaan
  215. Holly : Suci
  216. Hosanna : Selamatkan kami, Kami berdoa
  217. Ignasius : Kemegahan tuhan
  218. Immanuel : Allah beserta kita
  219. Ishak : Kebahagiaan
  220. Ismael : Tuhan mendengar
  221. Israel : Berjuang bersama allah
  222. Isakhar : Penghargaan
  223. Ivan : Kemegahan Tuhan
  224. Immanuella : Allah beserta kita
  225. Irene : Kedamaian
  226. Isabella : Tuhan adalah kesempurnaan
  227. Ita : Haus
  228. Iva : Pemberian dari tuhan
  229. Ivana : hadiah spesial
  230. Izebel : Membela kebenaran
  231. Joseph : Tuhan akan menambahkan kepadamu
  232. Joel : Cepat dalam melayani
  233. Johan : Tuhan maha pengasih
  234. John : Karunia tuhan
  235. Jonah : Burung merpati
  236. Jonathan : Anugrah allah
  237. Jordan : Rendah hati
  238. Joy : Gembira
  239. Juan : Kemegahan Tuhan
  240. Jane : Pengampunan tuhan
  241. Janet : Berkat tuhan
  242. Jasmin : Sebuah bunga
  243. Jean : Pengampunan tuhan
  244. Jeanette : Tuhan itu murah hati
  245. Jenica : Tuhan maha pengasih
  246. Jennifer : Adil
  247. Jenita : Tuhan maha pengasih
  248. Jesse : Pemberian tuhan
  249. Jessica : Tuhan melihat
  250. Jerina : Cantik,penyayang
  251. Johanna : Hadiah dari tuhan
  252. Jordan : mengalir ke bawah
  253. Josefa : Bertambah
  254. Jovita : Tuhan mengasihi
  255. Jovanca : Kekasih tuhan
  256. Joyce : Milik tuhan
  257. Juanita : Kemuliaan tuhan
  258. Julia : Sumber cahaya
  259. June : Pengampunan tuhan
  260. Justina : Adil
  261. Kaden : Pejuang yang tangguh
  262. Kevin : Yang terlahir mulia
  263. Kenneth : Pria tampan
  264. Kenzie : Bijaksana
  265. Kaila : Mahkota
  266. kanaya : Bahagia,sempurna
  267. Karolina : Wanita pemberani
  268. Katarina : pelindung orang mulia
  269. Klarisa : Lahir kembali
  270. Kristie : bebas
  271. Kate : Cantik
  272. Karin : Murni,suci
  273. Kiaara : Cantik
  274. Kristina : Pengikut kristus
  275. Lala : Ceria
  276. Larissa : baik hati
  277. Leslie : Kebahagiaan
  278. Lavina : Kesucian
  279. Lily : Suci
  280. Liora : Anugrah dari tuhan yang menerangi
  281. Lea : Lembut
  282. Lisa : tuhan adalah perkataanku
  283. Lois : Yang diinginkan
  284. Lusia : Cahaya
  285. Lidia : Menyegarkan
  286. Lazarus : allah akan menolong
  287. Leonardus : Pemberani
  288. Leonathan : Singa anugrah tuhan
  289. Lewis : Terkenal
  290. Lukas : Pembawa cahaya
  291. Manuel : Tuhan beserta kita
  292. Marcelino : Pejuang tangguh
  293. Markus : Pemberi tanda
  294. Matius : Hadiah dari tuhan
  295. Mesakh : Cerdas
  296. Michael : tuhan pembawa keadilan
  297. Mika : Penyelamat
  298. Musa : Menyampaikan
  299. Magdalena : Pengikut allah
  300. Merry : selamat
  301. Maria : Berharap
  302. Michel : seperti tuhan
  303. Martha : Perempuan
  304. Mary : Bintang di atas lautan
  305. Maya : Perempuan baik
  306. Mona : Mulia,baik
  307. Monika : Perempuan bijaksana
  308. Meira : terang
  309. Naftali : Rangkaian bunga bulat
  310. Natanael : Hadiah dari tuhan
  311. Nathan : Murah hati
  312. Nehemia : Dihiburkan oleh tuhan
  313. Noah : Kedamaian
  314. Nadia : harapan
  315. Natalia : Kelahiran juru selamat
  316. Nara : Cahaya
  317. Nasia : Keajaiban tuhan
  318. Natasha : Lahir saat natal
  319. Nava : Cantik
  320. Nora : Cahaya
  321. Nathania : hadiah dari tuhan
  322. Naomi : Gembira
  323. Nova : Muda
  324. Nazaria : untuk tuhan
  325. Octavia : anak ke delapan
  326. Odele :kaya
  327. Odelle : Kemakmuran
  328. Odelia : seseorang yang memuji tuhan
  329. Ohana : Anugrah tuhan
  330. Olga : suci
  331. Olly : Suci dan diberkati
  332. Olin : Berhasil dengan baik
  333. Olive : Baik,damai
  334. Orient : Cantik,menyenangkan
  335. Ozzie : Pria yang kuat
  336. Othniel : Kekuatan tuhan
  337. Paul : Pembawa kabar gembira
  338. Peter : Batu karang
  339. Petrus : batu karang
  340. Philiph : Pecinta kuda
  341. Pabiola : Sederhana
  342. Patricia : Orang suci
  343. Paula : Rendah hati
  344. Paulina : Kebahagiaan
  345. Philomena : Cinta yang kuat
  346. Priscila : jiwa lama
  347. Priska : kuno
  348. Priskila : Yang patut dihormati
  349. Putri : Anak perempuan
  350. Quennie : ratu
  351. Quilina : produktif
  352. Quinn : Bijaksana
  353. Rachel : Domba betina
  354. Rafaella : Tuhan menyembuhkan
  355. Rahab : Luas
  356. Rebecha: Pemikat
  357. Renata : Dilahirkan kembali
  358. Raymond : Pelindung bijaksana
  359. Regina : Penasehat raja
  360. Ribka : Pemikat
  361. Rossa : Bunga yang indah
  362. Rosalina : Lembut, Halus
  363. Ruth : Kecantikan
  364. Rafael : tuhan menyembuhkan
  365. Ruben : Anak laki-laki
  366. Randy : Berani
  367. Reyan : Hadiah dari tuhan
  368. Ricardo : Kuat,berani
  369. Ricky : Penguasa damai
  370. Robert : Bercahaya
  371. Salomo : Damai
  372. Samuel : pria yang dipilih tuhan
  373. Shalom : damai sejahtera
  374. Sebastian : dihormati
  375. Seth : Perjanjian
  376. Simson : Perkasa,melayani tuhan
  377. Shem : Kemasyuran
  378. Simon : batu karang
  379. Steven : Bangsawan
  380. Sabella : Tuhan adalah sumpahku
  381. Shani : Tuhan mengirimnya
  382. Shavonne : Tuhan maha penyayang
  383. Santa : Suci
  384. Samara : Dilindungi tuhan
  385. Sarah : Putri
  386. Sela : Memuji
  387. Selvia : Sukacita yang sederhana
  388. Sonia : Bijaksana
  389. Sheba : janji
  390. Sofia : Kebijaksanaan
  391. Sonya : Kebijaksanaan
  392. Stephani : Bijaksana
  393. Theodorus ; disayang tuhan
  394. Thomas : Anak kembar
  395. Titus : yang mendapat kehormatan
  396. Timothi/ Timotius ; Dihargai tuhan
  397. Tobias : Tuhan itu baik
  398. Tabita : Pandangan jernih
  399. Talia : Embun surga
  400. Tania : Putri peri
  401. Theodora : tuhan menjawab doa
  402. Tabitha : Karunia
  403. Theofani : Penampakan tuhan
  404. Tiffani : Pencerahan
  405. Terra : Bumi
  406. Torianna : Pemenang
  407. Uriel : Tuhan adalah penerangku
  408. Uriah : Tuhan adalah cahaya penuntunku
  409. Uzziah : Kekuatan tuhan
  410. Ursula : Beruang kecil
  411. Vicky : kemenangan
  412. Victor : Penakluk
  413. Vincent : penakluk
  414. Vector : Pahlawan
  415. Valentina : Kuat dan sehat
  416. Valeria : Kuat
  417. Valen : Kuat, sehat
  418. Valencia : Kuat,sehat
  419. Vania : hadiah dari tuhan
  420. Vanessa : Pembawa kemenangan
  421. Veronika : Pembawa kemenangan
  422. Venice : Cantik
  423. Vera : Kepercayaan
  424. Victoria : Kemenangan
  425. Wilhelmina : makmur
  426. Winona : Anak perempuan sulung
  427. Waldo : Diberkati
  428. William : Pelindung
  429. Willy : Berpikiran kuat
  430. Xavier : Bercahaya
  431. Xaviera : Pintar
  432. Yakub : Cerdik
  433. Yanis : Hadiah dari tuhan
  434. Yehezkiel :Tuhan yang memberi kekuatan
  435. Yehuda : Memuji, bersyukur
  436. Yeremia : Keagungan tuhan
  437. Yesaya : tuhan adalah penyelamat
  438. Yosef : Tuhan akan menambahkan
  439. Yusuf : Tuhan mengabulkan
  440. Yohannes : Karunia tuhan
  441. Yosafat : Tuhan yang menghakimi
  442. Yosua : Pertolongan tuhan
  443. Yael : Anggun
  444. Yohana : Tuhan itu pengasih
  445. Yosephine : Yesus bangkit
  446. Yolanda : Bunga violet
  447. Yonata : Burung merpati
  448. Yuanita : tuhan pengasih
  449. Yuliana : lembut
  450. Yudita : Memuji
  451. Zakaria : Tuhan akan mengingatnya
  452. Zane : Hadiah dari tuhan
  453. Zedekia : Kebenaran tuhan
  454. Zefanya : Tuhan telah menyembunyikan
  455. Zion : Titik tertinggi
  456. Zuriel ; Tuhan adalah gunung batuku
  457. Zaneta : Pemberian tuhan
  458. Zara : Cemerlang
  459. Zelda : Melawan kegelapan

Ancaman Hukuman Bagi Pelaku Penganiayaan dan Pengeroyokan Menurut Hukum Pidana

0

Penganiayaan dalam KUHP Indonesia diatur dalam Bab XX,dan terdapat pasal-pasal yang mengatur tentang Penganiayaan diantaranya Pasal 351, Pasal 352, Pasal 353,Pasal 354, Pasal 355, Pasal 358 KUHP.Menurut Yurisprudensi Penganiayaan ialah perbuatan dengan sengaja yang menimbulkan rasa tidak enak, rasa sakit atau luka ,Perbuatan dengan sengaja merusak kesehatan orang (R.Sugandhi,SH). Melakukan kekerasan yaitu membuat orang jadi pingsan atau tidak berdaya lagi (Pasal 89 KUHP).

Adapun Pasal-pasal penganiayaan dan ancaman hukumannya menurut KUHP yaitu :

Pasal 351 KUHP

(1). Penganiayaan dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya dua tahun delapan bulan atau denda sebanyak-banyaknya empat ribu lima ratus rupiah.

(2). Jika perbuatan itu berakibat luka berat, yang bersalah dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima tahun.

(3). Jika perbuatan itu berakibat matinya orang, maka yang bersalah dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya tujuh tahun.

(4). Dengan penganiayaan disamakan merusak kesehatan orang dengan sengaja.

(5). Percobaan melakukan kejahatan itu tidak dapat dipidana.

Pasal 352 KUHP

(1). Lain daripada hal tersebut dalam pasal 353 dan 356, penganiayaan yang tidak menyebabkan sakit atau halangan untuk menjalankan jabatan atau pekerjaan ,dipidana sebagai penganiayaan ringan, dengan pidana penjara selama-lamanya tiga bulan atau denda sebanyak-banyaknya empat ribu lima ratus rupiah.Pidana itu dapat ditambah sepertiganya bagi orang yang melakukan kejahatan itu terhadap orang yang bekerja padanya atau yang di bawah perintahnya.

(2). Percobaan melakukan kejahatan itu tidak dapat dipidana.

Pasal 353 KUHP

(1). Penganiayaan dengan direncanakan lebih dulu , dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya empat tahun.

(2). Jika perbuatan itu berakibat luka berat , maka yang bersalah dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya tujuh tahun.

(3). Jika perbuatan itu berakibat matinya orang, maka yang bersalah dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya sembilan tahun.

Pasal 354 KUHP

(1). Barang siapa dengan sengaja melukai berat orang lain , dipidana karena penganiayaan berat , dengan pidana penjara selama-lamanya delapan tahun.

(2). Jika perbuatan itu berakibat matinya orang, maka yang bersalah dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya sepuluh tahun.

Pasal 355 KUHP

(1). Penganiayaan berat dengan direncanakan lebih dulu , dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya dua belas tahun.

(2). Jika perbuatan itu berakibat matinya orang, maka yang bersalah dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima belas tahun.

Pasal 356 KUHP

Pidana yang ditentukan dalam pasal 351, 353, 354, dan 355 dapat ditambah sepertiganya .

ke-1. bagi yang bersalah melakukan kejahatan itu terhadap ibunya,bapaknya yang sah,isterinya atau anaknya;

ke-2. jika kejahatan itu dilakukan terhadap seorang pegawai negeri ,ketika atau karena pegawai itu menjalankan jabatannya secara sah;

ke-3. jikalau kejahatan itu dilakukan dengan memakai bahan yang dapat merusak nyawa atau kesehatan orang.

Pasal 358 KUHP

Barangsiapa dengan sengaja turut serta dalam penyerangan atau perkelahian yang dilakukan oleh beberapa orang, maka selain dari tanggungannya masing-masing atas perbuatan yang istimewa dilakukannya dipidana :

ke-1. dengan pidana penjara selama-lamanya dua tahun delapan bulan, jika penyerangan atau perkelahian itu hanya berakibat ada orang luka berat;

ke-2. dengan pidana penjara selama-lamanya empat tahun , jika penyerangan atau perkelahian itu berakibat ada orang mati.

Pasal 170 KUHP

(1). Barang siapa di muka umum, bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima tahun enam bulan.

(2). Yang bersalah dipidana :

  1. dengan pidana penjara selama-lamanya tujuh tahun kalau ia dengan sengaja merusak barang atau dikalau kekerasan yang dilakukannya itu menyebabkan orang mendapat luka.
  2. dengan pidana penjara selama-lamanya sembilan tahun kalau kekerasan itu menyebabkan orang mendapat luka berat.
  3. dengan pidana penjara selama-lamanya dua belas tahun kalau kekerasan itu menyebabkan matinya orang.

(3). Pasal 89 tidak berlaku bagi pasal ini.

Dalam Pasal 90 KUHP Luka berat berarti :

  • penyakit atau luka yang tak dapat diharap akan sembuh kembali dengan sempurna atau yang dapat mendatangkan bahaya maut.
  • senantiasa tidak cakap mengerjakan pekerjaan jabatan atau pekerjaan pencaharian.
  • tidak dapat lagi memakai salah satu pancaindera.
  • mendapat cacat besar.
  • lumpuh (kelumpuhan).
  • akal (tenaga paham) tidak sempurna lebih lama dari empat minggu.
  • gugurnya atau matinya kandungan seorang perempuan.

Menurut Prof.Dr.jur.Andi Hamzah dalam buku Delik-delik tertentu di dalam KUHP Dalam Pasal 170 KUHP yang dilarang ialah perbuatan kekerasan yang merupakan tujuan dan bukan merupakan alat atau daya upaya untuk mencapai suatu kekerasan ,yang dilakukan biasanya merusak barang atau menganiaya atau dapat pula mengakibatkan sakitnya orang atau rusaknya barang walaupun dia tidak bermaksud menyakiti orang atau merusak barang misalnya perbuatan melempar batu kepada kerumunan orang atau kepada suatu barang ,mengobrak-abrik barang dagangan hingga berantakan atau membalikkan kendaraan.

Reff :

  1. Prof.Dr.jur. Andi Hamzah, Delik-delik Tertentu (Speciale Delicten) di dalam KUHP, Sinar Grafika, Jakarta, 2009
  2. R. Sugandi, SH, Kitab Undang-undang Hukum Pidana dengan Penjelasannya, Usaha Nasional, Surabaya,1980.

100 Peringkat Kripto Terbaik Berdasarkan Coin Marketcap Desember 2022

0

Pada bulan November 2022 terjadi satu isu besar yang menghantam pasar kripto secara global yaitu bangkrutnya bursa kripto terbesar kedua di dunia yaitu FTX yang didirikan oleh Sam Bankman-Fried (SBF). FTX adalah bursa pertukaran cryptocurrency tersentralisasi yang berbasis di Bahama, Produk yang ditawarkan FTX diantaranya perdagangan cryptocurrency, termasuk derivatif, opsi,produk volatilitas, dan token laverage.

FTX memiliki token aslinya yaitu FTT yang merupakan token ERC20 berbasis jaringan Ethereum yang diterbitkan dan didukung oleh bursa FTX,dan token tersebut digunakan untuk staking,perdagangan dengan diskon, dan memberikan jaminan bagi produk-produk perdagangan dengan laverage.Sam Bankman-Fried merupakan miliuner dengan kekayaan yang mengalami penurunan tercepat dalam sejarah.kekayaannya merosot dari Rp 247 triliun rupiah hingga menguap tidak berbekas dalam beberapa hari,kehancuran bursa kripto FTX tersebut bersama dengan alamada research dan 130 perusahaan affiliasinya kemudian menggemparkan pasar kripto secara keseluruhan.Kebangkrutan tersebut dipicu oleh aksi penjualan semua token kripto yang terkait dengan FTX oleh Binance, dan kemudian langkah tersebut diikuti dengan penjualan token FTT secara besar-besaran oleh jutaan investornya. dan kemudian tanggal 11 November 2022 FTX mengajukan kebangkrutan dan Sam Bankman-Fried mengundurkan diri sebagai CEO FTX.

Pada awal bulan November 2022 pasar kripto sempat pulih tetapi kemudian tidak berapa lama mengalami penurunan tajam yang diduga terkait bangkrutnya bursa kripto terbesar kedua didunia FTX , Adapun harga-harga koin kripto dalam 100 Peringkat Kripto berdasarkan CoinMarketCap pada tanggal 04 Desember 2022 yaitu :

  1. Bitcoin : BTC , harga US$16.967,35
  2. Ethereum : ETH ,harga US$1.257,39
  3. Tether : USDT , harga US$1,000
  4. BNB : BNB , harga US$290,29
  5. USD Coin : USDC , harga US$1,000
  6. Binance USD : BUSD , harga US$1,000
  7. XRP : XRP , harga US$0,3896
  8. Dogecoin : DOGE , harga US$0,103
  9. Cardano : ADA ,harga US$0,3202
  10. Polygon : MATIC , harga US$0,9119
  11. Polkadot : DOT , harga US$5,530
  12. Dai : DAI , harga US$0,9998
  13. Litecoin : LTC , harga US$76,14
  14. Shiba Inu : SHIB , harga US$0,00000927
  15. TRON : TRX , harga US$0,0532
  16. Solana : SOL , harga US$13,41
  17. Uniswap : UNI , harga US$6,160
  18. Avalanche : AVAX , harga US$13,70
  19. Chainlink : LINK , harga US$7,343
  20. UNUS SED LEO : LEO , harga US$3,770
  21. Wrapped Bitcoin : WBTC , harga US$16.926,33
  22. Cosmos : ATOM , harga US$10,12
  23. Ethereum Classic : ETC , harga US$19,38
  24. Monero , XMR , harga US$143,18
  25. Stellar : XLM, harga US$0,08683
  26. Toncoin : TON , harga US$1,815
  27. Bitcoin Cash : BCH , harga US$110,67
  28. Algorand : ALGO , harga US$0,2383
  29. Cronos : CRO , harga US$0,06383
  30. Quant : QNT , harga US$127,71
  31. Filecoin : FIL ,harga US$4,498
  32. ApeCoin : APE ,harga US$3,965
  33. NEAR Protocol : NEAR ,harga US$1,692
  34. VeChain : VET , harga US$0,0192
  35. OKB : OKB , harga US$21,65
  36. Internet Computer : ICP , harga US$4,230
  37. Flow : FLOW , harga US$1,117
  38. Hedera : HBAR , harga US$0,04768
  39. Terra Classic : LUNC , harga US$0,0001741
  40. MultiversX (Elrond) : EGLD , harga US$43,12
  41. Chiliz : CHZ , harga US$0,1659
  42. Huobi Token : HT , harga US$6,648
  43. Trust Wallet Token : TWT , harga US$2,433
  44. EOS : EOS harga US$0,9227
  45. Pax Dollar : USDP , harga US$1,001
  46. Tezos : XTZ , harga US$0,9979
  47. Aave : AAVE, harga US$63,56
  48. Theta Network : THETA , harga US$0,8919
  49. The Sandbox : SAND , harga US$0,5817
  50. Chain : XCN , harga US$0,03839
  51. TrueUSD : TUSD, harga US$0,9995
  52. Bitcoin SV : APT , harga US$41,97
  53. Decentraland : MANA , harga US$0,406
  54. Zcash : ZEC , harga US$45,17
  55. USDD : USDD , harga US$0,9852
  56. Aptos : APT , harga US$5,230
  57. Axie Infinity : AXS , harga US$6,770
  58. BitTorrent-New : BTT, harga US$0,00000069
  59. PancakeSwap : CAKE , harga US$3,973
  60. BitDAO : BIT , harga US$0,3063
  61. KuCoin Token : KCS, harga US$6,470
  62. Maker : MKR , harga US$644,63
  63. Fantom : FTM ,harga US$0,2399
  64. Gemini Dollar : GUSD, harga US$0,9923
  65. Neutrino USD : USDN , harga US$0,8871
  66. IOTA : MIOTA, harga US$0,2112
  67. PAX Gold : PAXG , harga US$1.791,79
  68. eCash : XEC , harga US$0,00002928
  69. Klaytn : KLAY , harga US$0,1861
  70. Dash : DASH , harga US$44,46
  71. Neo : NEO , harga US$6,880
  72. THORChain : RUNE , harga US$1,345
  73. The Graph : GRT , harga US$0,06352
  74. Mina : MINA , harga US$0,5643
  75. Synthetix : SNX , harga US$1,726
  76. GMX : GMX , harga US$52,87
  77. Fei USD : FEI , harga US$0,9939
  78. EthereumPoW : ETHW , harga US$3,779
  79. GateToken : GT , harga US$3,656
  80. Nexo : NEXO , harga US$0,6942
  81. ImmutableX : IMX , harga US$0,5004
  82. Curve DAO Token : CRV , harga US$0,6622
  83. Basic Attention Token : BAT, harga US$0,2301
  84. Lido DAO : LDO , harga US$1,091
  85. Loopring : LRC , harga US$0,2542
  86. Celo : CELO , harga US$0,6905
  87. Stacks : STX , harga US$0,2452
  88. 1inch Network : 1INCH , harga US$0,4912
  89. Casper : CSPR , harga US$0,03002
  90. Kava : KAVA , harga US$0,9198
  91. Zilliqa : ZIL, harga US$0,02268
  92. Enjin Coin : ENJ , harga US$0,3082
  93. Arweave : AR , harga US$9,191
  94. Decred : DCR , harga US$20,93
  95. Helium : HNT, harga US2,261
  96. NEM : XEM , harga US$0,03259
  97. Holo : HOT , harga US$0,001683
  98. Ethereum Name Service : ENS, harga US$13,94
  99. Convex Finance : CVX, harga US$3,920
  100. Balancer : BAL, harga US$6,058

Demikianlah daftar peringkat kripto yang populer berdasarkan nilai Kapitalisasi Pasar, dan fluktuasi dapat berubah setiap saat.

Disclaimer : Perdagangan aset kripto memiliki resiko yang sangat tinggi karena fluktuasi harga yang dapat berubah setiap saat, harap selalu melakukan riset dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang suatu aset kripto yang diperdagangkan, Kami tidak menyarankan untuk membeli atau menjual suatu aset kripto tertentu melainkan hanya membahas informasi terbaru untuk menambah wawasan perkembangan suatu aset-aset kripto.

Shiba Inu (SHIB) Aset Kripto Populer Yang Berada Di Jaringan Ethereum

0

Shiba inu (SHIB) adalah cryptocurrency ERC20 yang berdiri pada jaringan Ethereum salah satu aset kripto yang cukup populer dan pernah mencapai harga tertingginya $0,00007102 per token SHIB pada 30 Oktober 2021 dari harga awalnya $0,000000001005566 per tokenSHIB pada tanggal 1 Agustus 2020. Shiba Inu merupakan token meme anjing yang sangat populer sejak diluncurkan yang direncanakan untuk menyaingi Dogecoin yang sudah populer sebelumnya.

Shiba Inu adalah Aset kripto berbentuk yang berada pada jaringan Ethereum ERC20 yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok anonim dengan nama Ryioshi, Shiba Inu diluncurkan pertama kali pada Agustus 2020 dengan menggunakan meme anjing shiba yang merupakan anjing ras yang sangat populer di Jepang.

Pada tahun 2021 seorang influencer dunia yang terkenal Elon Musk yang memiliki jutaan pengikut pada media sosial miliknya membuat ciutan di akun Twitter miliknya tentang Shiba Inu , ternyata secara tidak langsung membuat Koin Kripto Shiba Inu semakin populer dan dikenal banyak orang dan membuat harganya naik perlahan dan sangat tinggi pada bulan Oktober 2021.

Shiba Inu dikenal sebagai Altcoin baru diciptakan sebagai sebuah token ERC20 yang terdesentralisasi pada Agustus 2020 yang berdiri di Blockchain Ethereum dan berbasis Dogecoin dan menjulukinya sebagai dogekiller.Shiba Inu dengan simbol SHIB saat itu hanya sebagai token yang hanya dapat di kirim saja antar pengguna dengan kata lain tidak memiliki utilitas.dalam perjalanannya pengembang Shiba Inu mulai mengembangkan proyek SHIB yaitu Shibaswap yaitu sebuah Exchange Desesentralisasi untuk token yang mereka ciptakan yaitu token SHIB, token LEASH dan token BONE.

Shibaswap diklaim dapat peluang menyediakan imbalan bagi para pemegangnya yang memegang token SHIB melalui staking atau menyediakan likuiditas. Shiba Inu menjadi populer karena harga pertoken berada dibawah 1 rupiah, dan sangat berbeda sekali dengan koin cryptocurrency lainnya.Token Shiba Inu lebih banyak digerakkan oleh komunitasnya yang dikenal dengan Shiba.army.

Dalam white paper Shiba Inu Pengembangnya menyatakan bahwa Token tersebut memiliki kemampuan untuk melampai nilai cryptocurrency Dogecoin, hal tersebut dikarenakan ekosistem Shiba Inu diciptakan untuk melayani lebih baik komunitas kripto yang sangat berkembang, sistem tersebut termasuk adanya Shibaswap,Shibarmy yang terdiri dari para pengembang dan pemegang koin SHIB atau penggemar koin tersebut.Pendiri Shiba Inu Ryoshi mengklaim bahwa dia tidak memegang satu koin pun Shiba Inu, dan 50% koinnya dikirimkan kepada salah satu pendiri Ethereum Vitalik Buterin. Pada 12 Mei 2021 Vitalik Buterin mendonasikan token SHIB seharga 1 milliar dollar untuk dana amal pemulihan covid 19 di india, dan pada tanggal 10 Mei 2021 token Shiba Inu terdaftar di Binance yaitu salah satu pasar aset kripto terbesar di dunia (exchange) dengan simbol SHIB dan sejak itu harga per tokennya naik dengan signifikan.

Ryoshi pendiri Shiba Inu masih menjadi misteri akan identitas aslinya, Jadi siapakah itu Ryoshy? banyak yang telah mencari tahu tentang sosok dibalik Shiba Inu tersebut, pada 29 Mei 2021 membuat postingan dalam sebuah blog Ryoshiresearch dengan judul I AM RYOSHI dan pendiri tersebut membahas tentang identitas mereka, dan menjelaskan bahwa saya sudah menjelaskan sejak awal, saya bukan siapa-siapa,bukan seorang penting,upaya untuk membuka topeng identitas saya bahkan jika berhasil akan menjadi mengecewakan,saya hanyalah seorang tanpa pengaruh yang mengetuk-ngetuk keyboard dan saya dapat digantikan oleh siapapun. saya adalah Ryoshi.Ryoshi menegaskan bahwa SHIB adalah token Desentralisasi yang murni milik komunitasnya dan bahwa Ryoasi sendiri bukan milyuner Shib dan saya realitanya memiliki 0 SHIB.

Dilansir dalam situs resminya shibatoken, Shiba Inu merupakan token meme terdesentralisasi yang dikembangkan untuk menjadi ekosistem SHIB,LEASH,BONE .Shiba Inu merupakan mata uang cryptocurrency yang memungkinkan pemegang atau investor dapat menyimpan token di dompet mereka, LEASH adalah token kedua yang diberikan insentif di Shibaswap dan menawarkan hadiah untuk pemegangnya yang menyediakan likuiditasnya, BONE memiliki jumlah 250.000.000 token dan dirancang agar berada diantara dua token sebelumnya dalam sirkulasi dan token tersebut merupakan token tata kelola yang memungkinkan #ShibArmy memberikan suara dalam proposal Doggy DAO dimasa depan.

Pada saat ini berdasarkan data pada situs Coinmarketcap harga Shiba Inu (SHIB) per token hari ini adalah Rp 0,141576 dengan jumlah volume perdagangan selama 24 jam sebesar Rp 3,034,451,264,759 IDR dengan peringkat #14 , jumlah kapitalisasi pasar sebesar Rp 77,734,444,860,478 IDR dengan jumlah peredaran suplai sebanyak 549,063,278,876,302 SHIB koin.

Disclaimer : Perdagangan aset kripto memiliki resiko pasar yang tinggi karena fluktuasi harga yang dapat berubah, harap selalu melakukan riset dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang suatu aset kripto yang diperdagangkan, Kami tidak menyarankan untuk membeli atau menjual suatu aset kripto tertentu melainkan hanya membahas informasi terbaru untuk menambah wawasan perkembangan suatu aset-aset kripto

Ancaman Hukuman Bagi Pelaku Penadahan Menurut Hukum Pidana

0

Didalam lingkungan Masyarakat aktifitas menjual atau membeli suatu barang lazim dilakukan , dalam jual beli tersebut penjual atau pembeli melakukan kesepakatan dengan kerelaan untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing.Proses Jual beli barang di tengah masyarakat sangat mudah ditemukan misalnya di Pasar atau toko-toko yang menjual barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat, selain itu proses jual beli juga banyak dilakukan oleh orang perorangan dimana dalam proses jual beli tersebut adanya permintaan dan tawar menawar harga barang dan apabila terjadi kesepakatan antara dua pihak tersebut maka transaksi dapat dilakukan, Penjual menyerahkan barang yang dijual dan mendapatkan bayaran atas barang tersebut dan pembeli menerima barang tersebut untuk dimiliki.

Orang yang melakukan jual beli barang kadang-kadang tidak mengetahui tentang asal usul sebuah barang yang dijual tersebut, kalau ternyata barang yang diperjual belikan tersebut ternyata hasil dari kejahatan maka akan ada ancaman pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 480 KUHP Tentang Penadahan/Pemudahan.Barang yang dapat digolongkan sebagai “barang yang diperoleh karena kejahatan” misalnya barang asal pencurian,penggelapan,penipuan,dan lain-lain.

Pasal 480 KUHP : Dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya empat tahun atau denda sebanyak-banyaknya sembilan ratus rupiah :

ke-1. karena bersalah menadah,barangsiapa membeli, menyewa, menukari, menerima gadai, menerima sebagai hadiah atau karena mau mendapat untung, menjual, menyewakan, menukarkan, menggadaikan, membawa, menyimpan atau menyembunyikan sesuatu barang yang diketahuinya atau patut disangkanya, bahwa barang itu diperoleh karena kejahatan;

ke-2. barang siapa mengambil untung dari hasil sesuatu barang, yang diketahuinya atau patut dapat disangkanya ,bahwa barang-barang itu diperoleh karena kejahatan.

Bagian inti delik (delicts bestanddelen) yaitu :

  • Membeli, menyewa, menukari, menerima gadai, menerima sebagai hadiah atau karena mau mendapat untung, menjual, menyewakan, menukarkan, menggadaikan, membawa, menyimpan atau menyembunyikan suatu barang.
  • Yang diketahui atau patut harus menduga diperoleh dari kejahatan.

Menurut Prof.Dr.jur.Andi Hamzah, Penadahan termasuk delik pemudahan, karena dengan adanya penadah , memudahkan orang melakukan kejahatan, misalnya pencurian. Jika ada yang menadah tentu memudahkan orang mencuri karena ada tempat penyaluran hasil curian. Semua kata antara koma adalah alternatif. jadi cukup satu saja dapat dibuktikan . Jadi ada penadahan hasil curian,penggelapan,pemalsuan. Dengan adanya kata-kata : Menjual,menyewakan, menukarkan, maka seorang pencuri yang menjual, menyewakan, menukarkan hasil curiannya sendiri secara harfiah juga masuk dalam delik tersebut.

Menurut R.Sugandhi, SH dalam penjelasan KUHP pasal 480, Orang dikatakan menadah apabila ia :

a. membeli, menyewa, menukari, menerima gadai, menerima sebagai hadiah, sesuatu barang yang diketahuinya atau patut dapat disangkanya , bahwa barang itu diperoleh karena kejahatan atau karena mau mendapat untung.

b. menjual, menyewakan, menukarkan, menggadaikan, membawa, menyimpan atau menyembunyikan sesuatu barang yang diketahuinya atau patut dapat disangkanya, bahwa barang itu diperoleh karena kejahatan

Untuk mengetahui apakah barang itu berasal dari kejahatan,memang sulit, tetapi dengan cara menilai dari sudut harga yang sangat jauh lebih murah dari harga yang bukan berasal dari kejahatan dan cara penjualan yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi,kita dapat menyangka bahwa barang itu berasal dari kejahatan. Selain perbuatan-perbuatan diatas yang dapat digolongkan sebagai perbuatan menadah, orang yang mengambil untung dari hasil sesuatu barang , yang diketahuinya atau patut dapat disangkanya bahwa barang itu diperoleh karena kejahatan, dapat pula dikatakan “menadah”.

Untuk agar terhindar dari perbuatan menadah apabila ingin melakukan jual beli barang hendaknya mengetahui tentang asal usul barang tersebut, misalnya saat kita ingin membeli sepeda motor dengan seseorang, maka apabila sepeda motor tersebut bukan hasil dari kejahatan pastilah harga sepeda motor tersebut sesuai dengan harga pasaran yang berlaku saat itu dan sepeda motor tersebut harus memiliki dokumen pendukung seperti BPKB (bukti kepemilikan kendaraan bermotor), STNK (Surat tanda nomor kendaraan), dan apabila kedua dokumen tersebut tidak ada diserahkan dalam jual beli dan ditawarkan dengan harga yang murah maka sepatutnya diduga kalau barang tersebut hasil kejahatan.

Contoh lainnya misalnya seseorang menawarkan menjual Handphone bekas melalui media sosial dengan harga yang murah, tetapi si penjual tidak dapat menyertakan kotak asli handphone tersebut atau faktur pembelian handphone tersebut ,sebaiknya harus dilengkapi dengan kotak asli handphone bekas tersebut karena didalam kotak tersebut terdapat IMEI handphone dan dapat dicocokkan dengan barangnya,hal tersebut untuk menghindari pembeli membeli barang dari hasil kejahatan. dalam handphone IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor yang berfungsi sebagai identitas khusus untuk mengidentifikasi sebuah ponsel , dan nomor IMEI tersebut berbeda/ tidak sama antara perangkat yang satu dan lainnya.Oleh sebab itu pada saat membeli suatu barang agar tidak tergiur dengan penawaran harga yang sangat murah dari orang lain.

Pelaku penadahan dalam tingkat penyidikan dapat dilakukan penahanan sesuai pasal 21 ke 1 huruf (b) KUHAP bahwa perbuatan Pidana sebagaimana dimaksud dalam pasal 480 KUHP dapat dilakukan terhadap tersangka dan pertimbangan dilakukan Penahanan misalnya diduga keras melakukan tindak pidana yang dapat dilakukan penahanan, tersangka dikhawatirkan akan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti,dan atau mengulangi tindak pidana.

Reff :

  1. Prof.Dr.jur. Andi Hamzah, Delik-delik Tertentu (Speciale Delicten) di dalam KUHP, Sinar Grafika, Jakarta, 2009
  2. R. Sugandi, SH, Kitab Undang-undang Hukum Pidana dengan Penjelasannya, Usaha Nasional, Surabaya,1980.

100 Kripto Terbaik CoinMarketCap November 2022

0

Pada awal bulan November 2022 pasar cryptocurrency sebagian mengalami peningkatan dan itu tidak terlepas dari berbagai isu global sehingga sangat mempengaruhi harga-harga aset kripto di dunia.Bitcoin pada bulan Oktober juga mengalami bullish, Bitcoin (BTC) pada bulan Oktober 2022 mengalami harga terendahnya pada tanggal 13 Oktober 2022 dengan kisaran harga per koin sebesar $19.027,45 USD, demikian juga dengan Ethereum (ETH) juga mengalami harga terendahnya pada tanggal 13 Oktober 2022 dengan harga $1.264,78 USD per koin ETH, dan kemudian mengalami peningkatan 21.79% pada tanggal 29 Oktober 2022 dengan harga per koin $1.626,02 USD.

Suatu berita terkait dengan aset kripto sangat mempengaruhi kenaikan atau penurunan aset-aset kripto Misalnya Near Protocol yang beberapa waktu lalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan yang memiliki teknologi yang cukup unik dan kemudian menjalin kerjasama dengan google cloud,Near Protocol menjalin kerjasama dengan google cloud dengan tujuan agar para developer dan pengembang dApps dapat memperluas jangkauan dengan menggunakan google cloud yang memungkinkan terjadinya adopsi teknologi tersebut dimasa yang akan datang Near Protocol harganya masih turun diharga $2.91 per koin.

Selain Near Protocol, koin lainnya yaitu Cardano (ADA) kabarnya akan membuat Algrithmic Stablecoin Djed ($DJED) dan sedang melakukan final audit .Sebelumnya stablecoin Terra USD yang mengalami collapse,waktu dikemudian hari akan menentukan apakah Stablecoin Djed milik Cardano tersebut akan terkenal di pasar kripto dimasa yang akan datang.

Sebelum melakukan trading atau investasi aset-aset cryptocurrency seperti Bitcoin atau altcoin lainnya tentu saja harus mencari berbagai informasi tentang harga aset-aset kripto.Harga dan peringkat suatu aset kripto pasti akan berubah bila dibandingkan dengan bulan Oktober 2022 karena adanya permintaan dan atau jual beli dan bersifat fluktuasi. Saat ini sangat banyak sekali jenis-jenis aset cryptocurrency yang terdaftar pada Coinmarketcap, tetapi data kripto yang disajikan dalam artikel ini hanya 100 aset kripto saja,Berikut 100 Peringkat Kripto berdasarkan CoinMarketCap pada tanggal 03 November 2022 yaitu :

  1. Bitcoin : BTC , harga US$20.201,41
  2. Ethereum : ETH ,harga US$1.532,54
  3. Tether : USDT , harga US$1,000
  4. BNB : BNB , harga US$319,42
  5. USD Coin : USDC , harga US$1,000
  6. XRP : XRP , harga US$0,4566
  7. Binance USD : BUSD , harga US$1,000
  8. Dogecoin : DOGE , harga US$0,1317
  9. Cardano : ADA ,harga US$0,3905
  10. Solana : SOL , harga US$31,16
  11. Polygon : MATIC , harga US$0,8952
  12. Polkadot : DOT , harga US$6,328
  13. Shiba Inu : SHIB , harga US$0,00001193
  14. Dai : DAI , harga US$1,000
  15. TRON : TRX , harga US$0,06189
  16. Uniswap : UNI , harga US$7,226
  17. Avalanche : AVAX , harga US$18,30
  18. Wrapped Bitcoin : WBTC , harga US$20.228,10
  19. UNUS SED LEO : LEO , harga US$4,638
  20. Litecoin : LTC , harga US$64,03
  21. Cosmos :ATOM , harga US$13,59
  22. Chainlink : LINK , harga US$7,571
  23. FTX Token : FTT , harga US$25,13
  24. Ethereum Classic , ETC , harga US$23,25
  25. Cronos : CRO, harga US$0,1104
  26. Stellar : XLM , harga US$0,1084
  27. Monero : XMR , harga US$148,52
  28. Algorand : ALGO , harga US$0,3652
  29. NEAR Protocol : NEAR , harga US$2,934
  30. Bitcoin Cash : BCH , harga US$115,82
  31. Quant : QNT ,harga US$160,62
  32. Toncoin : TON ,harga US$1,566
  33. Filecoin : VET ,harga US$0,02333
  34. VeChain : VET , harga US$0,02341
  35. Flow : FLOW , harga US$1,630
  36. Chiliz :CHZ , harga US$0,2461
  37. Terra Classic : LUNC , harga US$0,000218
  38. Elrond : EGLD , harga US$60,40
  39. Hedera : HBAR , harga US$0,05921
  40. Huobi Token : HT , harga US$8,848
  41. Internet Computer : ICP , harga US$5,040
  42. ApeCoin : APE , harga US$4,334
  43. Tezos : XTZ , harga US$1,397
  44. The Sandbox : SAND harga US$0,824
  45. Theta Network : THETA , harga US$1,181
  46. Decentraland : MANA , harga US$0,6311
  47. Chain : XCN, harga US$0,05388
  48. Aave : AAVE , harga US$81,64
  49. Eos : EOS , harga US$1,130
  50. KuCoin Token : KCS , harga US$10,02
  51. OKB : OKB, harga US$16,19
  52. Aptos : APT , harga US$7,430
  53. Pax Dollar : USDP , harga US$0,9966
  54. Bitcoin SV : BSV , harga US$46,74
  55. BitDAO : BIT , harga US$0,4121
  56. Axie Infinity : AXS , harga US$8,731
  57. Maker : MKR , harga US$854,21
  58. TrueUSD : TUSD, harga US$1,000
  59. Zcash : ZEC , harga US$51,02
  60. BitTorrent-New : BTT , harga US$0,00000080
  61. Klaytn : KLAY, harga US$0,243
  62. Synthetix : SNX , harga US$2,427
  63. USDD : USDD ,harga US$0,9963
  64. eCash : XEC, harga US$0,00003717
  65. IOTA : MIOTA , harga US$0,2528
  66. EthereumPoW : ETHW, harga US$6,244
  67. Neutrino USD : USDN , harga US$0,9753
  68. PancakeSwap : CAKE , harga US$4,551
  69. Neo : NEO , harga US$8,329
  70. The Graph : GRT , harga US$0,08404
  71. Fantom : FTM , harga US$0,2252
  72. Mina : MINA , harga US$0,7753
  73. Nexo : NEXO , harga US$0,9687
  74. PAX Gold : PAXG , harga US$1.635,17
  75. GateToken : GT , harga US$4,638
  76. Helium : HNT , harga US$3,833
  77. THORChain : RUNE , harga US$1,501
  78. Trust Wallet Token : TWT , harga US$1,177
  79. Arweave : AR , harga US$14,27
  80. Gemini Dollar : GUSD , harga US$1,003
  81. Basic Attention Token : BAT , harga US$0,3201
  82. Lido DAO : LDO , harga US$1,522
  83. Curve DAO Token : CRV, harga US$0,8944
  84. Dash : DASH , harga US$41,91
  85. Enjin Coin : ENJ , harga US$0,4338
  86. Kava : KAVA , harga US$1,393
  87. Osmosis : OSMO , harga US$1,511
  88. Fei USD : FEI , harga US$0,9895
  89. Stacks : STX , harga US$0,3105
  90. Casper : CSPR , harga US$0,0396
  91. Zilliqa : ZIL, harga US$0,03015
  92. BinaryX : BNX , harga US$145,68
  93. Decred : DCR , harga US$26,71
  94. 1inch Network : 1INCH , harga US$0,6016
  95. XDC Network : XDC, harga US0,03021
  96. Waves : WAVES , harga US$3,286
  97. Convex Finance, CVX , harga US$5,095
  98. Ravencoin : RVN, harga US$0,02989
  99. Holo : HOT, harga US$0,002024
  100. TerraClassicUSD : USTC, harga US$0,03562

Demikianlah daftar kripto yang populer berdasarkan nilai Kapitalisasi Pasar dan fluktuasi dapat berubah setiap saat.

Disclaimer : Perdagangan aset kripto memiliki resiko pasar yang tinggi karena fluktuasi harga yang dapat berubah, harap selalu melakukan riset dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang suatu aset kripto yang diperdagangkan, Kami tidak menyarankan untuk membeli atau menjual suatu aset kripto tertentu melainkan hanya membahas informasi terbaru untuk menambah wawasan perkembangan suatu aset-aset kripto.

Hal-hal Yang Harus Dilakukan Setelah Menerima Surat Panggilan Polisi Sebagai Saksi Atau Tersangka

0

Dalam kehidupan sosial di tengah masyarakat,setiap orang tentu akan saling berhubungan dengan orang lain ,Dalam kehidupan bermasyarakat terikat dengan norma-norma yaitu peraturan-peraturan hidup yang mengatur tingkah laku manusia dalam bermasyarakat.Beberapa norma-norma tersebut seperti norma agama,kesusilaan,kesopanan dan hukum. Norma hukum dibuat oleh negara sebagai peraturan-peraturan yang hidup yang bersifat memaksa dan memiliki sanksi hukum apabila norma tersebut dilanggar dengan tujuan agar norma hukum tersebut dihormati dan ditaati.

Di Mana ada masyarakat disitu ada hukum (ubi societas ibi ius) sebuah pandangan ahli hukum dari Roma Marcus Tullius Cicero (106-43 SM) yang berpandangan bahwa setiap masyarakat mutlak menganut hukum baik disengaja atau tidak.Lingkungan masyarakat merupakan tempat berkumpulnya orang-orang untuk bermukim,bekerja,bergaul atau mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhannya, maka seringkali dalam lingkungan pergaulan masyarakat tersebut terjadi Hal-hal yang merugikan seorang kepada yang lain dan perbedaan kepentingan yang pada akhirnya berpotensi untuk menimbulkan konflik atau masalah hukum di tengah masyarakat.Untuk mencegah hal tersebut maka hukum diperlukan untuk mengatur dan menegakkan peraturan-peraturan yang berlaku ,Anggota masyarakat yang sedang memiliki permasalahan hukum sebagai korban dalam suatu tindak pidana dalam hal ini sebagai masyarakat bisa melaporkan suatu peristiwa pidana yang dialaminya kepada Penegak hukum yang berwenang dalam hal ini adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia (Pasal 15 ayat (1) huruf a UU No 02 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik indonesia ) .

Pasal 16 ayat (1) undang-Undang No 2 Tahun 2002 Berbunyi : Dalam rangka menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 13 dan 14 di bidang proses pidana, Kepolisian Negara Republik Indonesia Berwenang Untuk :

a.Melakukan penangkapan,Penahanan,Penggeledahan,dan Penyitaan;

b.Melarang setiap orang meninggalkan atau memasuki tempat kejadian perkara untuk kepentingan penyidikan;

c.Membawa dan menghadapkan orang kepada penyidik dalam rangka penyidikan;

d.Menyuruh berhenti orang yang dicurigai dan menanyakan serta memeriksa tanda pengenal diri;

e.Melakukan pemeriksaan dan penyitaan surat;

f.Memanggil orang untuk didengar dan diperiksa sebagai tersangka atau saksi;

g.Mendatangkan orang ahli yang diperlukan dalam hubungannya dengan pemeriksaan perkara;

h.Mengadakan penghentian penyidikan;

i.Menyerahkan berkas perkara kepada penuntut umum;

j.Mengajukan permintaan secara langsung kepada pejabat imigrasi yang berwenang di tempat pemeriksaan imigrasi dalam keadaan mendesak atau mendadak untuk mencegah atau menangkal orang yang disangka melakukan tindak pidana;

k.Memberi petunjuk dan bantuan penyidikan kepada penyidik pegawai negeri sipil serta menerima hasil penyidikan penyidik pegawai negeri sipil untuk diserahkan kepada penuntut umum ; dan

l.Melakukan tindakan lain menurut hukum yang bertanggungjawab.

Apabila terjadi suatu tindak pidana maka untuk kepentingan penyidikan tindak pidana dengan pertimbangan untuk kepentingan pemeriksaan dalam rangka penyidikan tindak pidana maka penyidik dapat memanggil seseorang untuk didengar keterangannya sebagai tersangka,saksi atau ahli.

Adapun beberapa dasar untuk memanggil seseorang untuk didengar keterangannya yaitu :

1.Pasal 7 ayat(1) huruf g KUHAP: Penyidik sebagaimana dimaksud dalam pasal 6 ayat(1) huruf a karena kewajibannya mempunyai wewenang : Memanggil orang untuk didengar dan diperiksa sebagai tersangka atau saksi. Penyidik adalah Pejabat polisi negara Republik Indonesia (Pasal 6 ayat (1) KUHAP).

2.Pasal 11 KUHAP : Penyidik pembantu mempunyai wewenang seperti tersebut dalam pasal 7 ayat (1),kecuali mengenai penahanan yang wajib diberikan dengan pelimpahan wewenang dari penyidik.

3.Pasal 112 ayat (1) dan ayat (2) KUHAP : (1) Penyidik yang melakukan pemeriksaan ,dengan menyebutkan alasan pemanggilan secara jelas,berwenang memanggil tersangka dan saksi yang dianggap perlu untuk diperiksa dengan surat panggilan yang sah dengan memperhatikan tenggang waktu yang wajar antara diterimanya panggilan dan hari seorang itu diharuskan memenuhi panggilan tersebut. (2) Orang yang dipanggil wajib datang kepada penyidik dan jika tidak datang,penyidik memanggil sekali lagi ,dengan perintah kepada petugas untuk membawa kepadanya.

4.Pasal 113 KUHAP : Jika seorang tersangka atau saksi yang dipanggil memberi alasan yang patut dan wajar bahwa ia tidak dapat datang kepada penyidik yang melakukan pemeriksaan,penyidik itu datang ke tempat kediamannya.

5. Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

6.Laporan Polisi,yaitu Laporan tentang terjadinya suatu tindak pidana.

Surat Panggilan sebagai Tersangka atau saksi akan dikirimkan kepada orang yang diduga berhubungan dengan suatu tindak pidana yang dilaporkan kepada Polisi dan untuk kepentingan penyidikan maka perlu didengar keterangannya sebagai saksi atau tersangka.

Beberapa hal-hal yang harus dilakukan apabila menerima Surat panggilan dari Kepolisian yaitu :

  1. Melihat Kop Surat yang menunjukan identitas pengirim surat resmi yang biasanya dibagian atas surat panggilan.
  2. Melihat Dasar panggilan berupa Laporan Polisi,sehingga anda mengetahui tentang suatu peristiwa pidana yang dilaporkan.
  3. Mengecek Identitas orang yang dipanggil, Seperti nama,umur,pekerjaan,alamat.
  4. Hadir di kantor mana dan akan menghadap kepada siapa, Kalau ada nomor telepon penyidik yang memanggil dapat dikonfirmasi tentang kebenaran surat panggilan tersebut.
  5. Waktu pemanggilan untuk hari, misalnya hari ,tanggal dan jam. Sebaiknya hadir tepat waktu sesuai dengan yang sudah ditentukan didalam surat panggilan tersebut.
  6. Dipanggil sebagai Tersangka atau saksi, Apabila dalam surat panggilan sebagai saksi dapat hadir tepat waktu dan memberikan keterangan tentang perkara pidana yang didengar sendiri,dilihat sendiri,dialami sendiri. Dan apabila dalam panggilan tersebut sebagai tersangka dapat hadir dengan tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditentukan .Pasal 14 UU No 8 Tahun 1981 Tentang KUHAP, :Tersangka adalah seorang yang karena perbuatannya atau keadaannya,berdasarkan bukti permulaan patut diduga sebagai pelaku tindak pidana. tersangka juga dapat meminta bantuan hukum kepada Advokad atau Penasihat Hukum/Pengacara untuk mendampingi selama proses hukum yang dialami.
  7. Surat Panggilan tersebut telah di tandatangani oleh penyidik .

Apabila menerima surat panggilan polisi maka sebaiknya hadir memenuhi panggilan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan ,dan apabila berhalangan dapat diberitahukan alasannya,karena apabila Surat panggilan pertama tidak hadir maka akan dikirimkan surat panggilan ke 2, dan apabila tidak hadir tanpa alasan yang patut dan wajar maka Penyidik dapat mengambil tindakan hukum membawa tersangka atau saksi tersebut, (Pasal 112 ayat (1) dan ayat (2) KUHAP).

.

Paling Populer

Pilihan Editor