Kamis, Februari 6, 2025
Beranda blog Halaman 32

Pengertian hukum menurut para ahli hukum

0

Istilah hukum di Indonesia berasal dari bahasa arab “qonun ” atau “ahkam” atau “hukm” yang memiliki arti “hukum”. jadi di Indonesia dikenal dengan istilah “hukum”,di Inggris dikenal dengan “law“, di Belanda dan Jerman “recht” dan di Prancis “droit

Istilah Recht berasal dari bahasa latin yaitu “rectum” yang artinya tuntunan atau bimbingan ,perintah atau pemerintahan.Rectum dalam bahasa romawi adalah “Rex” yang artinya Raja atau perintah raja.kemudian istilah-istilah (Recht,Rectum,Rex) dalam bahasa inggris menjadi “Right“yang berarti hak atau adil juga berarti “hukum”.

Istilah “law” (inggris), “Lex” (latin), atau dari kata “lasere” yang berarti mengumpulkan atau mengundang orang-orang untuk diberi perintah .Lex juga berasal dari istilah “legi” berarti peraturan atau undang-undang.peraturan yang dibuat dan di sahkan oleh pejabat atau penguasa yang berwenang disebut “Legal” atau “Legi” yang berarti Undang-undang.dengan demikian istilah “law” (inggris). “Lex atau Legi” (latin), “Loi” (prancis), “wet” (belanda), “gesetz” (Jerman), berarti hukum atau Undang-undang.

Istilah hukum dalam bahasa latin juga disebut “ius” dari kata “iubere” artinya mengatur atau memerintah atau hukum.perkataan mengatur atau memerintah bersumber pada kekuasaan negara atau pemerintah.istilah “ius” (hukum) sangat erat dengan tujuan hukum yaitu keadilan atau “iustitia” atau “justitia” adalah dewi keadilan bangsa Yunani dan Romawi kuno .

“iuris” atau “juris” (belanda) berarti hukum atau kewenangan (hak) dan “jurist” (inggris dan belanda) adalah ahli hukum atau hakim.istilah “Jurisprudence”(inggris) berasal dari kata “iuris” merupakan bentuk jamak dari “ius” yang berarti “hukum” yang dibuat oleh masyarakat atau sebagai hukum kebiasaan atau berarti “hak” dan “prudensi” berarti melihat ke depan atau mempunyai keahlian . dengan demikian Jurisprudence mempunyai arti Ilmu pengetahuan hukum ,ilmu hukum atau ilmu yang mempelajari hukum.

Menurut Poernadi Purbacaraka dan Soerjono soekanto (1979 :55),Jurisprudensi berarti Teori ilmu hukum atau Algemene Rechtsleer atau General Theory Of Law. Jika “Jurisprudentia” (latin) berarti pengetahuan hukum (rechtsgeleerheid).Jurisprudentie (Belanda) sama artinya dengan Jurisprudensi (Indonesia) berarti Hukum peradilan atau hukum ciptaan hakim, artinya ” Keputusan pengadilan atau hakim yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.Beberapa defenisi hukum menurut beberapa ahli hukum lainnya yaitu  :

  1. Hukum adalah peraturan-peraturan yang bersifat memaksa yang diadakan untuk melindungi kepentingan orang dalam masyarakat.
  2. Paul Schoten dalam bukunya “algemeen deel” menyatakan bahwa hukum itu suatu petunjuk tentang apa yang layak dikerjakan,apa yang tidak,jadi hukum itu bersifat suatu perintah.
  3. Menurut Bellefrod, Hukum yang berlaku di suatu masyarakat bertujuan mengatur tata tertib masyarakat itu dan didasarkan atas kekuasaan yang ada di dalam masyarakat itu.
  4. Hukum adalah Rangkaian peraturan-peraturan mengenai tingkah laku orang-orang sebagai suatu anggota masyarakat.
  5. Menurut Mochtar Kusuma atmaja,Hukum adalah keseluruhan asas-asas dan kaidah-kaidah yang mengatur hubungan manusia dalam masyarakat.
  6. Hukum adalah keseluruhan kumpulan peraturan-peraturan atau kaedah-kaedah dalam suatu kehidupan bersama,keseluruhan peraturan tentang tingkah laku yang berlaku dalam suatu kehidupan bersama ,yang dapat dipaksakan pelaksanaannya dengan suatu sanksi.
  7. Hukum adalah petunjuk hidup ,perintah-perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat dan seharusnya ditaati masyarakat yang bersangkutan,oleh karena pelanggaran petunjuk hidup tersebut dapat menimbulkan tindakan oleh pemerintah atau penguasa masyarakat itu.
  8. Hukum adalah peraturan-peraturan yang bersifat memaksa ,yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib ,pelanggaran terhadap peraturan-peraturan tersebut berakibat diambilnya tindakan yaitu dengan hukuman yang tertentu.
  9. Hukum adalah himpunan peraturan-peraturan hidup yang bersifat memaksa ,berisikan suatu perintah ,larangan atau perizinan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu serta dengan maksud untuk mengatur tata tertib dalam kehidupan  bermasyarakat.

Demikianlah pengertian istilah hukum di Indonesia dan pendapat-pendapat ahli hukum mengenai arti dari hukum tersebut.

Pengertian Pengantar Hukum Indonesia

0

Pengantar hukum Indonesia yang  disingkat PHI terdiri dari tiga kata yaitu “Pengantar” , “hukum” dan “Indonesia” yang dapat diartikan yaitu mengantar pada tujuan tertentu.pengantar dalam bahasa belanda disebut “Inleiding“, sedangkan dalam bahasa Inggris “Introduction” yang artinya memperkenalkan secara umum atau garis besar yang tidak mendalam atas sesuatu hal tertentu.dan pada istilah pengantar hukum Indonesia yang diperkenalkan secara umum atau garis besar adalah Hukum Indonesia.

Pengantar hukum Indonesia berarti memperkenalkan secara umum atau secara garis besar  dasar dasar hukum yang berlaku sekarang di Indonesia,kepada siapa saja yang ingin mengetahui dan mempelajari Hukum Indonesia.pada tingkat perguruan tinggi ,Pengantar hukum Indonesia merupakan mata kuiah dasar ( basis leervak) dan pra syarat untuk mempelajari cabang-cabang ilmu hukum yang lebih khusus dan lebih luas.

Selain Pengantar hukum Indonesia (PHI), masih ada mata kuliah pra syarat untuk mempelajari cabang-cabang hukum positif dan ilmu hukum secara mendasar dan umum yaitu Pengantar Ilmu Hukum (PIH).sebelum berlakunya kurikulum 1984 ,materi kuliah pengantar hukum Indonesia disebut dengan Pengantar tata hukum Indonesia (PTHI), dan yang dimaksud dalam istilah tersebut adalah tatanan atau susunan atau tata tertib hukum yang berlaku di Indonesia.

Istilah “hukum Indonesia” yang dimaksud adalah hukum yang berlaku di Negara Indonesia pada waktu sekarang.hukum yang berlaku sekarang di suatu wilayah atau di suatu tempat tertentu disebut ” Hukum Positif” artinya hukum yang (dipositifkan) berlaku untuk masyarakat tertentu dan dalam waktu tertentu.

Hukum positif juga disebut dengan ” ius constitutum” artinya hukum yang sudah ditetapkan untuk diberlakukan saat ini pada suatu tempat atau negara tertentu.

Menurut pendapat Soediman Kartohadiprojo bahwa ” Tata hukum Indonesia” artinya ” Hukum yang  sekarang berlaku di indonesia” .”berlaku” berarti yang memberi akibat hukum kepada peristiwa-peristiwa dalam pergaulan hidup .”sekarang” menunjukan pada pergaulan hidup saat ini, dan tidak pada pergaulan hidup pada masa lampau dan tidak pula pada pergaulan hidup yang kita cita-citakan dikemudian hari. ” di Indonesia” menunjukan kepada pergaulan hidup yang terdapat di Republik Indonesia dan tidak di negara lain.dan selain itu Soediman Kartohadiprojo juga menyatakan dalam pendapatnya bahwa Hukum positif disebut juga ” ius constitutum” sebagai lawan dari ” ius constituendum” yakni kaidah hukum yang dicita-citakan.

Menurut pendapat Kusumadi Pudjosewojo bahwa ” tiap-tiap bangsa  mempunya tata hukumnya sendiri ,Bangsa indonesia pun mempunyai tata hukumnya sendiri yaitu tata hukum Indonesia.siapa yang mempelajari tata hukum Indonesia ,maksudnya yang terutama ingin mengetahui perbuatan atau tindakan manakah yang menurut hukum,dan yang manakah yang melawan hukum ,bagaimana kedudukan  seseorang dalam masyarakat ,apakah kewajiban-kewajiban dan wewenang-wewenangnya,semua itu menurut hukum Indonesia.

Menurut pendapat Achmad sanusi menyatakan bahwa istilah PTHI  “pengantar tata hukum Indonesia ” merupakan pengantar ilmu hukum sebagai suatu sistem hukum positif di indonesia,PTHI mempelajari konsep dan teori hukum yang berlaku disini  yang sesuai dengan bahan bahan real dan ideal bangsa Indonesia.Hukum Positif atau ” stellingsrecht” merupakan suatu kaidah yang berlaku sebenarnya,merumuskan suatu hubungan yang pantas antara fakta hukum dan akibat hukum yang merupakan abstraksi dari keputusan-keputusan. “ius constitutum” adalah kuhum positif suatu negara yaitu hukum yang berlaku dalam suatu negara pada saat tertentu.

Menurut pendapat J.H.P Bellefroid “Hukum positif ialah suatu penyusunan hukum mengenai hidup kemasyarakatan,yang ditetapkan oleh kuasa masyarakat tertentu ,berlaku untuk masyarakat tertentu yang terbatas menurut tempat dan waktunya.Hukum positif adalah hukum yang berlaku sungguh sungguh.Hukum positif atau hukum “isbat” ialah hukum yang berlaku di dalam negara.

Dalam bukunya “Rechtsphilosophie” (G.Radbruch, 1950 :209) menyatakan bahwa ilmu hukum positif adalah ilmu tentang hukum yang berlaku di suatu negara atau masyarakat tertentu pada saat tertentu.

J.J.H Bruggink dalam bukunya Rechtsreflecties grondbegrippen uit de rechtstheorie (Refleksi hukum,pengertian dasar dan teori hukum) yang telah dialih bahasakan oleh Bernard arief Sidharta  dengan judul (Refleksi tentang hukum) bahwa yang dimaksud “positivitas” kaidah hukum adalah ditetapkannya kaidah hukum dalam sebuah aturan hukum oleh pengemban kekuasaan hukum yang berwenang (bevoegde rechstsautoriteit),dengan ini aturan hukum tersebut disebut dengan hukum Positif.

Hukum positif adalah terjemahan dari “ius positum” yang berasal dari bahasa latin  yang secara harfiah berarti “hukum yang ditetapkan” (gestel recht), oleh karena itu hukum positif adalah hukum yang ditetapkan oleh manusia,yang dalam ungkapan kuno disebut “stellig recht”

Menurut N. Algra dan K Van duyvendak dalam bukunya  ” Rechtsaanvang,1989 : 2 , Istilah lain hukum positif dalah hukum yang berlaku (Gelden recht)

Dari pendapat beberapa para ahli hukum tersebut dapat diambil kesimpulan  mengenai pengertian dan defenisi hukum positif

  1. Hukum positif (ius positum) ditetapkan oleh manusia atau oleh penguasa (pembuat hukum) yang berwenang untuk masyarakat tertentu dalam wilayah tertentu.
  2. Hukum Positif (ius positum) identik atau sama dengan ius constitutum  yaitu hukum yang telah dipilih atau ditentukan atau ditetapkan berlakunya untuk mengatur kehidupan di tempat tertentu di waktu sekarang.tetapi apabila hukum itu masih dicita-citakan dan akan berlaku untuk waktu yang akan datang disebut dengan “ius constituendum” kebalikan dari ius constitutum atau ius positum.

ius constitutum atau ius positum selain berbeda dengan ius constituendum, juga berbeda dengan konsep hukum menurut “hukum alam” atau “hukum kodrat”(ius naturale atau natural law) yang bersifat universal karena masa berlakuknya  tidak terbatas waktu dan tempat.

ius positum”  atau “ius constitutum” atau disebut juga ” ius operatum ” artinya hukum yang telah ditetapkan atau di positifkan (positum) atau dipilih atau ditentukan (constitutum) berlakunya sekarang (operatum) dalam masyarakat atau wilayah tertentu.ius operatum mengandung arti bahwa hukum atau peraturan perundang-undangan telah berlaku dan dilaksanakan di masyarakat.

ius constituendum dapat menjadi ius constitutum atau ius positum atau ius operatum apabila sudah ditetapkan berlaku oleh penguasa yang berwenang dan pemberlakukannya memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh hukum positif lainnya yang mengatur pemberlakukan suatu hukum (undang-undang) misalnya Undang-undang tersebut harus telah di sahkan oleh lembaga pembuat undang-undang dan di undangkan oleh lembaga yang berwenang.

Tradisi unik bakar batu di papua

0

Bakar batu adalah sebuah tradisi unik di provinsi papua indonesia yang umumnya dilakukan oleh masyarakat lokal.adapun batu tersebut dibakar adalah untuk memasak makanan dalam jumlah yang banyak pada satu tempat.umumnya kita sudah sering melihat memasak makanan dengan cara dipanggang,direbus,digoreng,tetapi ini menggunakan batu sebagai media untuk memasak,mungkin hasilnya seperti makanan yang dikukus.

acara bakar batu sendiri merupakan tradisi suatu kelompok masyarakat di desa-desa di papua yaitu memasak bersama-sama dan umumnya ritual tersebut dilaksanakan apabila ada acara syukuran kelahiran,perkawinan adat,penobatan kepala suku,dan mengumpulkan pasukan untuk berperang.

proses bakar batu sebelum digunakan terlebih dahulu membakar batu dengan menggunakan kayu bakar,setelah batu-batu tersebut sangat panas membara kemudian dipindahkan ke sebuah lubang yang telah dilapisi oleh daun-daunan,secara umum tradisi bakar batu dilakukan oleh suku yang berada dipegunungan seperti lembah baliem,painai,nabire,pegunungan jaya wijaya,pegunungan dekai,pegunungan bintang,pegunungan yakuhimo, dan penyebutan bakar batu tersebut untuk masing-masing suku pun berbeda,misalnya di lembah paniai disebut dengan gapiia,dipegunungan jayawijaya disebut barapen,di wamena disebut kit oga isogoa.

Dalam ritual bakar batu tersebut terjalin kebersamaan dan berbagi tugas masing-masing dan semua ambil bagian dalam acara tersebut,pria menyiapkan hasil buruan sedangkan wanita menyiapkan umbi-umbian untuk dimasak.sebagian lainnya membakar batu,yang unik adalah hewan jenis babi tidak disembelih dengan menggunakan pisau,tetapi dipanah oleh kepala suku.apabila babi yang dipanah langsung mati maka pertanda acara ritual akan sukses,tetapi apabila babi yang dipanah tidak langsung mati maka ritual tersebut diyakini tidak sukses.

setelah itu kemudian dibuat sebuah lubang yang digali ditanah kemudian dilapisi daun-daunan,kemudian batu yang sudah dibakar dimasukkan kemudian dilapisi lagi dengan daunan lalu makanan-makanan yang akan dimasak berupa daging babi,sayur-sayuran,umbi-umbian dimasukkan lalu di tutup dengan daunan dan disusun kembali batu yang telah dibakar tersebut.

setelah kira-kira 90 menit hidangan berupa daging dan sayuran telah matang kemudian kepala suku membagi-bagi daging babi untuk di berikan ke kelompok-kelompok suku yang hadir sedangkan para mama membagikan sayuran dan umbi-umbian dan makan bersama-sama.setelah selesai makan bersama kemudian acara dilanjutkan dengan menari bersama dan bagi muda-mudi acara tersebut merupakan moment yang tepat untuk mencari jodoh, sungguh budaya yang sangat unik dan bagus untuk dilestarikan.

Tradisi pasola dari Nusa tenggara timur

0

Pasola berasal dari kata sola atau hola yang berarti suatu pelaksanaan ada nyale berupa permainan lempar lembing dengan menggunakan kayu dari atas kuda yang sedang berpacu oleh dua kelompok yang berlawanan.kegiatan tersebut dilakukan umumnya pada bulan Februari – Maret setiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah,perekat rasa persaudaraan dan kekeluargaan, dan bentuk ketaatan kepada leluhur.

Dalam pelaksanaannya,masyarakat sumba percaya bahwa apabila ada korban dalam pelaksanaan pasola ,dipercaya bahwa itu merupakan hukuman dari dewa karena korban tersebut telah melakukan suatu pelanggaran,dan darah yang tercucur dalam pelaksanaan pasola tersebut dipercaya menambah kesuburan tanah sehingga panen dimasa depan akan berlimpah,sedangkan kematian dalam pelaksanaan pasola menandakan adanya suatu pelanggaran norma adat ditempat dilaksanakannya pasola tersebut.

Pelaksanaan adat pasola merupakan salah satu rangkaian adat penganut aliran kepercayaan asli suma yaitu marapu dan pelaksanaannya dilakukan bersamaan dengan upacara nyale dan tanggalnya ditentukan oleh Rato (tetua adat) dengan ,melihat tanda-tanda alam,dan pada saat rato menentukan tanggalnya maka ditepi pantai akan banyak nyale (cacing laut) setelah itu baru dilakukan acara pasola.

Acara pasola juga dapat dilihat sebagai cara penduduk setempat melestarikan budaya leluhur dan sebagai pemersatu masyarakat sumba.dalam pelaksanaan pasola tersebut dilakukan oleh pria dewasa dengan menunggang kuda dan kemudian melemparkan lembing yang terbuat dari kayu.mereka saling melempar dari atas kuda.

Adapun sejarah pelaksanaan pasola ini berawal dari cerita tentang seorang janda cantik bernama Rabu kaba.suaminya bernama umbu amahu,yang merupakan seorang pemimpin di kampung waiwuang.pada suatu hari umbu amahu bersama dengan saudaranya yaitu tau masusu dan bayang amahu memberitahukan kepada warga akan pergi melaut, kemudian ketiga orang tersebut tidak kunjung pulang ke kampung tersebut dan kemudian warga percaya bahwa ketiga orang tersebut telah meninggal karena melaut.dan kemudian warga kampung berkabung dengan kejadian tersebut.

setelah itu istri umbu amahu yaitu rabu kaba kemudian menjalin asmara dengan seseorang bernama teda gaiparona,dan kemudian membawa perempuan tersebut ke kampung teda gaiparona.kemudian tanpa diduga ketiga orang yang sebelumnya pergi melaut kembali ke kampung dan mereka mengatakan bahwa mereka tidak jadi pergi kelaut melainkan pergi ke selatan pantai untuk mengambil padi.setelah kembali tersebut umbu amahu mencari istrinya dan diketahui bahwa istrinya sudah bersama dengan teda gaiparona.kemudian Rabu kaba meminta kepada teda gaiparona untuk mengganti belis yang diterima oleh umbu dulla,kemudian teda gaiparona menyanggupi dan kemudian setelah dilunasi diadakanlah acara perkawinan antara Rabu kaba dengan teda gaiparona dan diakhir pesta tersebut umbu dulla menyampaikan pesan kepada warga kampung waiwuang agar mengadakan pesta nyale dalam bentuk pasola untuk menghilangkan kesedihan karena mereka kehilangan janda cantik bernama Rabu kaba.

Cara melacak handphone android yang hilang karena tercecer atau dicuri orang lain

0

Namanya barang jenis apapun apabila hilang dari tangan kita tentu sangat menyebalkan terlebih jika barang tersebut merupakan barang yang sangat penting seperti handphone.dalam hal ini kita membahas tentang mencari handphone android yang hilang,tentu saja apabila kita mengalaminya akan menyulitkan aktifitas kita misalnya tidak bisa menghubungi orang lain,serta data-data yang tersimpan didalamnya tidak dapat diakses.

namanya usaha tidak selalu berhasil,tetapi tidak salah untuk mencoba.dan akan lebih mudah menemukannya apabila GPS pada handphone android tersebut diaktifkan.keuntungan dari ponsel android lainnya adalah apabila ponsel android milik anda tersebut hilang,maka anda dapat menemukan,mengunci dan menghapus data pada ponsel tersebut apabila tidak ada harapan lagi untuk ditemukan.

Untuk melacak ponsel android milik anda maka harus dipastikan terlebih dahulu bahwa perangkat yang akan dilacak sedang aktif dan fitur GPS sedang aktif .langkah-langkahnya :

  • Masuk ke akun google kemudian klik akun saya,setelah itu akan tampil beberapa fitur salah satunya bernama temukan ponsel anda kemudian klik mulai,dan dari fasilitas tersebut anda dapat:
  1. Membuat ponsel android berdering walaupun suara disetel dalam keadaan nonaktif
  2. Mengunci handphone yang hilang
  3. Menelepon ke ponsel yang hilang
  4. mengeluarkan akun dari ponsel yang hilang
  5. menghapus perangkat
  6. Membuat Laporan kehilangan ke Kantor Polisi.

Menghapus data data dari perangkat merupakan upaya terakhir apabila kemungkinan handphone android milik anda tidak dapat lagi ditemukan.

BEBERAPA CARA MENGAMANKAN HANDPHONE UNTUK ANTISIPASI HILANG DICURI ORANG

  1. Selalu menyimpan ditempat yang aman dan tidak meletakkan di sembarang tempat
  2. Selalu mencatat nomor IMEI ( International mobile equipment identity).gunanya untuk dapat melacak  handphone di seluruh dunia,dan cara melihat IMEI pada handphone adalah  tekan *06# dan tekan ok/call pada handphone.
  3. Catat nomor IMEI tersebut ditempat yang aman dan disarankan tidak dicatat pada handphone karena kalau hilang maka kesulitan untuk mencarinya.nomor IMEI tersebut akan membantu melacak handphone anda apabila hilang karena tercecer dijalan atau dicuri oleh orang lain
  4. Apabila handphone anda hilang dicuri orang lain atau tercecer maka anda hanya perlu mengirimkan 15 digit nomor  IMEI tersebut ke [email protected] dan mengisi data-data sebagai berikut :
  • Nama anda :
  • Model handphone :
  • Buatan :
  • Nomor terakhir yang digunakan :
  • Email untuk dihubungi :
  • Nomor IMEI :

Kemudian setelah dikirimkan maka sistem GPRS dan internet akan melacak posisi handphone tersebut walaupun kartu sim telah ditukar, Semoga bermanfaat.

Sejarah lahirnya pancasila dasar negara Indonesia

0

Indonesia atau yang dikenal dengan nusantara merupakan negara kepulauan dengan memiliki jumlah pulau 13.466 pulau,dengan jumlah suku 1.340 suku bangsa,dengan jumlah penduduk kira-kira 257 juta orang adalah sebuah negara besar dan memiliki dasar negara Pancasila.

Berbicara tentang indonesia pasti berbicara tentang keberagaman karena sudah takdir indonesia sejak lahir menjadi sebuah negara .disebutkan memiliki keragaman karena didalamnya terdapat berbagai suku,bahasa,,ras,agama,budaya,dan semua keragaman tersebut disatukan oleh pancasila.pancasila tersebut merupakan rangkaian dalam sebuah proses yang pada tanggal 1 Juni 1945 disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia pertama Ir.Sukarno melalui sebuah pidato dengan tanpa teks .adapun isi pidato tersebut sebagai berikut :

Malam itu aku menggali
menggali didalam ingatanku
menggali didalam ciptaku
menggali di dalam khayalku
apa yang terpendam didalam bumi indonesia ini agar supaya sebagai hasil dari penggalian itu dapat dipakainya sebagai dasar daripada negara indonesia merdeka yang akan datang
sudah terbukti bahwa pancasila yang saya gali dan saya persembahkan kepada rakyat indonesia bahwa pancasila itu adalah sebagai dasar yang benar-benar dinamis,suatu dasar yang benar-benar dapat menghimpun segenap tenaga rakyat indonesia,atau dasar yang benar-benar bisa mempersatukan rakyat indonesia itu untuk bukan saja mencetuskan revolusi ,tetapi juga mengakhiri revolusi ini dengan hasil yang baik.
maka aku adalah sebenarnya utusan,wakil,daripada revolusi indonesia,
revolusi indonesia ini bukan revolusi sukarno
tetapi revolusi seluruh rakyat indonesia dari sabang sampai merauke.

Melihat takdir bangsa indonesia yang beragam tersebut akhirnya para pendiri bangsa Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945 sepakat dengan rumusan final pancasila sebagai dasar negara Indonesia. yang kekal dan abadi.

Pancasila berasal dari bahasa sanskerta yaitu panca artinya lima,sila artinya prinsip atau dasar jadi dapat diartikan menjadi lima dasar dan kemudian dijabarkan menjadi 36 butir pengamalan yang ditetapkan oleh MPR dengan surat ketetapan nomor II/MPR/1978 tentang ekaprasetya pancakarsa dan kemudian ketetapan MPR tersebut diubah dengan TAP MPR No I/MPR/2003 dengan jumlah pengamalan sebanyak 45 butir,dan adapun ke 45 nilai tersebut antara lain :

1.Ketuhanan yang maha esa

  • Bangsa indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketaqwaannya kepada tuhan yang maha esa
  • Manusia indoensia percaya dan taqwa terhadap tuhan yang maha esa,sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab
  • mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap tuhan yang maha esa
  • membina kerukunan hidup diantara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa
  • agama dan kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa adalah menyangkut hubungan pribadi manusia dengan tuhan yang maha esa
  • mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing
  • tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa kepada orang lain.

2.Kemanusiaan yang adil dan beradab

  • Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai mahkluk tuhan yang maha esa
  • mengakui persamaan derajad,persamaan hak dan kewajiban azasi setiap manusia,tanpa membeda-bedakan suku,keturunan,agama,kepercayaan,jenis kelamin,kedudukan sosial,warna kulit dan sebagainya
  • mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia
  • mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepa selira
  • mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain
  • menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
  • gemar melakukan kegiatan kemanusiaan
  • berani membela kebenaran dan keadilan
  • bangsa indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia
  • mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain

3.Persatuan indonesia

  • Mampu menempatkan persatuan,kesatuan,serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan
  • sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan
  • mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa
  • mengembangkan rasa kebanggaan,kerkebangsaan dan bertanah air indonesia
  • memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan,perdamaian abadi dan keadilan sosial
  • mengembangkan persatuan atas dasar bhineka tunggal ika
  • memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa

4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

  • Sebagai warga negara dan warga masyarakat ,setiap manusia indonesia mempunyai kedudukan ,hak dan kewajiban yang sama
  • tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain
  • mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama
  • musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan
  • menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah
  • dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan  musyawarah
  • di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan
  • musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur
  • keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada tuhan yang maha esa,menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia,nilai-nilai kebenaran dan keadilan,mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama
  • memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan permusyawaratan

5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

  • Mengembangkan perbuatan yang luhur,yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan
  • mengembangkan sikap adil terhadap sesama
  • menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
  • menghormati hak orang lain
  • suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri
  • tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain
  • tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah
  • tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum
  • suka bekerja keras
  • suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama
  • suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

Butir-butir tersebut merupakan pedoman bagi setiap warga negara republik indonesia dalam berbangsa mengingat indonesia terdiri dari keberagaman,dan juga merupakan cerminan dari karakteristik masyarakat indonesia.apabila kita terapkan dalam kehidupan bermasyarakat maka akan jauh namanya perselisihan ataupun konflik.kita harus menjaga pancasila sehingga indonesia akan kekal dan abadi.

Doa dan keajaiban cinta

0

Kisah ini adalah kisah nyata yang pernah terjadi di Beijing ,china ,Lei dan Yi mei merupakan dua orang sahabat yang selalu bersama-sama saat sekolah,dan tanpa disadari Yi mei memiliki perasaan cinta kepada Lei,tetapi hal itu tidak pernah diungkapkannya karena Yi mei khawatir bahwa itu akan mengganggu hubungan persahabatannya apabila hal itu diketahui oleh Lei.Yi mei tidak pernah mengungkapkan persaannya kepada Lei karena Yi mei berpikir bahwa dirinya hanyalah sahabat dan mungkin saja Lei telah mencintai wanita lain dan persahaban itu terus berlangsung sampai mereka selesai sekolah.

Kemudian pada suatu hari Lei datang menemui Yi mei kerumahnya dan dalam pertemuan tersebut Lei mengatakan bahwa akan segera menikah dengan orang lain.mendengar hal tersebut hati Yi mei sangat sedih mendengarnya,dan dia kemudian menyembunyikan rasa sedihnya agar tidak sampai diketahui oleh Lei.Yi mei berusaha tegar,dia mengatakan kepada sahabatnya itu “aku harap kamu bahagia” dan Lei pun tersenyum mendengar ucapan sahabatnya tersebut dan kemudian memeluknya sebagai ungkapan kebahagiaan.tanpa diketahui oleh Lei bahwa Yi mei hatinya sangat sedih dan sesak,tidak memiliki semangat hidup,dan semuanya telah berubah.cinta terpendam sebelah tangan hanya dia sendiri yang merasakannya tetapi sahabatnya tersebut tidak pernah memikirkannya.tetapi Yi mei mendoakan sahabatnya tersebut agar kelak bahagia dengan wanita pilihannya.

Kemudian suatu hari tanggal 12 juli 1994 Lei datang menemui Yi mei dan dalam pertemuan tersebut Lei memberikan contoh undangan pernikahan kepada Yi Mei dan Lei berharap Yi mei dapat mencetak undangan pernikahan tersebut untuknya dan meminta Yi mei datang ke acara pernikahannya.sebagai sahabat Yi mei tentu mengerti apa yang dipikirkan oleh Lei,kemudian dia mengatakan akan datang ke acara pernikahannya tersebut.dan dalam pertemuan tersebut Lei memperhatikan Yi mei berubah, badannya terlihat kurus,wajahnya tidak ceria,dan kemudian Lei bertanya ada apa denganmu mei?…kamu terlihat sangat kurus,apa kamu sakit atau ada masalah?…mendengar hal itu Yi mei menjawab dengan berusaha memberikan senyuman yang manis, saya tidak apa-apa,saya baik-baik saja dan tidak ada masalah apa-apa,jadi kamu jangan khawatir.kemudian Yi mei mencoba mengalihkan pembicaraan tentang contoh undangan pernikahan Lei,dan Yi mei mengatakan bahwa contoh undangan pernikahannya bagus dan sebaiknya warnanya menggunakan merah muda saja agar lebih lembut.mendengar hal tersebut Lei tersenyum dan mengatakan akan segera mengganti contoh undangan tersebut dan setelah itu Lei pamit untuk menemui calon istrinya.Lei mengatakan akan mengajak calon istrinya untuk pergi mencari perabotan rumah tangga dan Yi mei melambaikan tangan saat mereka berpisah,dan Yi mei sangat sedih tetapi berusaha memberikan senyum terindah untuk Lei.

Lei tidak mengetahui bahwa Yi mei mengidap penyakit kanker darah stadium akhir,dan kecil kemungkinan harapan hidup Yi mei dan pada tanggal 18 Juli 1994 Yi mei terbaring dirumah sakit,dia mengalami koma dan tidak sadarkan diri.dirumah sakit badannya dipenuhi alat bantu,hanya pendengarannya yang masih berfungsi sedangkan organ lainnya dinyatakan tidak lagi berfungsi.Keluarga Yi mei sangat sedih melihat kondisinya dan kemudian keluarga tidak tahan melihat kondisi Yi mei dalam keadaan koma dan akhirnya menyetujui agar dilakukan suntik mati kepada Yi mei untuk mengakhiri penderitaannya tersebut.

Selama Yi mei berada dirumah sakit,sahabatnya Lei setiap hari selalu datang menjenguk sahabatnya tersebut,menunggu berharap Yi mei bisa sadar dari kondisi koma tersebut,bahwa Lei menunda rencana pernikahannya karena sahabatnya tersebut merupakan tamu penting baginya.dia tidak ingin saat acara pernikahannya dia gembira tetapi sahabatnya Yi mei terbaring dirumah sakit dengan kondisi yang sangat memprihatinkan.

Pada tanggal 10 Desember 1994 seluruh keluarga Yi mei berkumpul dan menyetujui esok harinya tanggal 11 Dsember 1994 Yi mei akan disuntik mati agar mengakhiri penderitaan yang dialami Yi mei dari kondisi koma.kemudian sebelum hal itu dilakukan Lei meminta izin kepada keluarga Yi mei untuk diberikan kesempatan berbicara untuk terakhir kalinya kepada Yi mei kemudian dia berbicara kepada Yi mei dengan mendekat ke telinga Yi mei kemudian Lei berbisik

” Mei.. ini aku Lei,apa kau ingat waktu kita mencari belalang kemudian menangkap kupu-kupu?…aku tidak akan pernah lupa hal itu. apa kau ingat saat kita masih sekolah?…kita sering dihukum bersama karena terlambat masuk sekolah…dan kita sering dihukum bersama-sama..”

” Mei… apa kau ingat saat kau ikut lomba lari,kau jatuh ke lumpur dan saat itu aku mengejekmu…?kemudian kau marah dan mendorongku kembali ke lumpur sampai aku kotor karena lumpur?…apa kau ingat kita selalu mengerjakan tugas PR sekolah bersama?…aku tak pernah dapat melupakan itu..”

” Mei,aku ingin kau bisa tersenyum kembali seperti dulu,apa kau tega meninggalkanku sendiri?… kemudia tanpa sadar Lei menangis dan air matanya jatuh ke wajah Yi mei .” kau tahu tidak?..kau sangat berarti bagiku..aku tidak rela kalau besok kau disuntik mati..sampai kapanpun aku tidak rela,bangunlah mei…aku ingin membawamu lari dari rumah sakit ini agar kau tidak disuntik mati… kau tahu kenapa? karena aku sangat mencintaimu mei…, aku tidak ingin kehilanganmu…sambil menangis dan menggenggam tangan Yi mei,Lei memohon ” Mei…tolonglah bangun mei..bangun…aku percaya tuhan akan mendengarkan doaku untukmu,tuhan itu baik dia akan mendengarkan doaku,bangunlah mei…sudah lama aku melakukan puasa untuk permohonanku ini agar kau segera sembuh.”

” Mei… aku tidak bisa…aku tidak bisa kalau besok hadir di acara pemakamanmu mei..makanya aku minta bangunlah mei…cepat sadar mei…,kau sangat jahat meninggalkanku sendiri disini,kau tahu mei..? aku menikah karena aku tidak ingin dibayangi olehmu mei…agar kau bisa menikah dengan orang yang kau impikan itu saja mei…seandainya saja kau mengatakan kau mencintaiku maka aku akan membatalkan pernikahanku,walau itu tidak mungkin…,tetapi kau ingin pergi meninggalkanku..” Lei menangis sejadi-jadinya sampai suara nya parau dan sambil terisak Lei membisikkan kata ke telinga Yi mei ” aku mencintaimu.., aku sayang padamu…”

Setelah itu apa yang terjadi?.. kemudian 7 jam setelah itu terjadi keajaiban.dokter menemukan tanda-tanda kehidupan dalam diri Yi mei,jarinya mulai dapat bergerak , dan semua organ tubuhnya mulai berfungsi,kemudian pihak dokter rumah sakit menghubungi keluarga Yi mei dan mengatakan masa koma telah berakhir,dan seluruh anggota kelurganya mengucap syukur kepada tuhan dan sangat gembira mendengar kabar tersebut.

Lei selalu mendampingi Yi mei dirumah sakit menemani Yi mei dan pada tanggal 14 Desember 1994 Yi mei dapat membuka mata dan berbicara,dia melihat Lei ada disampingnya,dia tersenyum .kemudian Lei menangis dan kemudian memeluk Yi mei sambil mengucap puji syukur kepada tuhan. dan Yi mei kemudian mengatakan ” Kau memintaku bangun…,kau bilang kau mencintaiku…,mendengar itu aku berjuang untuk hidup,hidup untukmu…, Lei aku mohon jangan pernah tinggalkan aku lagi ya…aku sangat mencintaimu..” mendengar hal itu Lei kemudian memeluk Yi mei dengan rasa haru dan bahagia.kemudian pada akhirnya tanggal 17 Februari 1995 Lei dan Yi mei menikah,mereka bahagia dan telah dikaruniai 1 orang anak laki-laki.

Melihat cerita tersebut saat orang tua Yi mei mengambil keputusan untuk mengakhiri penderitaan Yi mei dengan meminta dilakukan suntik mati,kadang kita dihadapkan dengan sebuah kenyataan dan harus ralistis dalam menghadapinya, hidup memang selalu diliputi oleh rasa kekhawatiran,saat Lei khawatir Yi mei tidak bisa sembuh dengan kondisi yang seperti itu,oleh sebab itu nyatakanlah segala keinginanmu kepada tuhan dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur,carilah tuhan,maka tuhan akan melepaskanmu dari ketakutanmu.

Ritual MaNene di tanah toraja

0

Ma’nene merupakan ritual atau upacara yang dilaksanakan oleh masyarakat toraja untuk mengganti pakaian mayat para leluhurnya yang telah lebih dahulu meninggal dunia, dan adapun tujuan mengganti pakaian tersebut adalalah sebagai bentuk penghormatan kepada leluhurnya.

Sejarah ritual Ma’nene berawal dari zaman dahulu kala ada seorang pemburu binatang bernama pong rumasek yang pergi ke hutan dipegunungan balla,dan pada saat melakukan perburuan binatang dihutan tersebut ia menemukan jasad manusia yang telah meninggal dunia dengan kondisi yang memprihatinkan, dan kemudian pong rumasek membawa jasad tersebut pulang ke kampung lalu dibersihkan,kemudian dikenakan pakaian yang layak,setelah itu jasad tersebut dikuburkannya ditempat yang layak.setelah kejadian tersebut arwah jasad yang di kuburkan oleh pong rumasek selalu ikut membantunya apabila melakukan perburuan ke dalam hutan.

setelah kejadian tersebut,pong rumasek mendapatkan banyak berkat,panen hasil pertanian miliknya melimpah dan juga apabila pergi berburu ke hutan, dengan mudah selalu mendapat hasil buruan.pada saat itu pong rumasek berpikir bahwa jasad orang yang telah meninggal haruslah tetap dirawat dan sekalipun tidak berbentuk lagi maka harus dihormati .kemudian oleh pong rumasek kemudian menyampaikan kepada penduduk baruppu agar ritual ma’nene tersebut dilaksanakan dan sampai saat ini penduduk Baruppu selaku melaksanakannya.

prosesi ada Ma’nene umumnya dilaksanakan satu kali dalam tiga tahun berdasarkan hasil musyawarah desa dan tujuannya dilaksanakan sebanyak satu kali dalam tiga tahun adalah agar keluarga yang menetap di tanah perantauan bisa datang kembali menjenguk orang tua atau nene To’dolo agar mempererat hubungan kekeluargaan.

Lokasi pekuburan leluhur masyarakat tempat dilaksanakannya ritual Ma’nene tersebut berada di pekuburan patane,sariale ibukota kabupaten toraja utara.dan prosesi ritual Ma’nene tersebut tidak berlangsung lama, biasanya dimulai dengan doa yang pimpin oleh Ne’tomina lumba (tetua adat) dengan menggunakan bahasa toraja kuno,kemudian peti dibuka lalu jasad dari dalam peti tersebut diangkat dan kemudian dibersihkan dengan menggunakan kuas dan kain yang bersih.dan selama proses pembersihan jasad tersebut para laki-laki memberikan nyanyian dan tarian yang melambangkan kesedihan dengan maksud untuk memberi penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan.

setelah setelah melaksanakan ritual tersebut kemudian jasad dimasukkan lagi ke dalam peti dan setelah kembali kampung kemudian dilaksanakan acara makan bersama dan dilanjutkan dengan tradisi sisemba  yaitu berkumpul bersama menjalin keakraban dengan keluarga perantau yang datang ke kampung halaman.

Ritual adat Ma’nene tidak boleh dilakukan sebelum masa panen,karena masyarakat adat toraja percaya bahwa apabila ritual Ma’nene dilaksanakan sebelum masa panen , maka sawah dan ladang mereka akan mengalami kerusakan karena banyaknya hama berupa tikus yang mengakibatkan penduduk setempat gagal panen, oleh karena itu ritual tersebut selalu dilaksanakan setelah masa panen dan dilaksanakan biasanya pada bulan agustus.

Pesta budaya gawai dayak

0

Dayak adalah salah satu suku besar di indonesia yang berada di pulau kalimantan,sebagian suku dayak tersebut berada di sarawak malaysia dan brunai darussalam.Suku dayak merupakan penduduk asli pulau kalimantan dan di indonesia mendiami daerah kalimantan barat,Kalimantan timur,kalimantan Tengah,Kalimantan selatan dan kalimantan utara.masyarakat dayak umumnya beragama katholik,kristen,dan sebagian kecil penganut islam dan aliran kepercayaan kaharingan.suku dayak sebagian besar tinggal dihulu sungai di pedalaman kalimantan dan umumnya bekerja sebagai petani dan berkebun.

Suku dayak memiliki 6 rumpun suku besar dan 405 sub suku yang mendiami seluruh pulau kalimantan, 6 rumpun suku tersebut adalah dayak kayaan,dayak danum,dayak iban, dayak klemantan,dayak punan.dipedalaman kalimantan masih banyak ditemukan rumah betang yang merupakan rumah adat suku dayak yang berfungsi sebagai tempat tinggal utama.rumah betang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari budaya dayak,dan selain sebagai tempat tinggal rumah betang juga biasa digunakan sebagai tempat pelaksanaan acara adat maupun acara syukuran seperti gawai dayak.

Gawai dayak biasa dilaksanakan suku dayak yang berada di kalimantan barat dan makna dari acara tersebut adalah sebuah ungkapan rasa syukur kepada jubata (tuhan) atas hasil panen padi yang selesai dilaksanakan dan biasanya diisi dengan acara nyangahathn (lantunan doa/mantra) dan kemudian dilaksanakan dengan saling mengunjungi rumah kerabat,dan pada acara tersebut akan tersedia hidangan makanan berupa salikat poe (lemang  pulut yang dimasak menggunakan bambu),tumpi (cucur), bontokng ( nasi yang dibungkus oleh daun),dan berbagai makanan khas lainnya.

Gawai dayak (syukuran pasca panen padi) tersebut pada beberapa wilayah di kalimantan barat,penyebutannya berbeda-beda tetapi maknanya sama,misalnya untuk warga dayak yang tinggal di pehuluan sungai kapuas disebut dengan gawai, wilayah bengkayang disebut dengan maka’dio, untuk orang dayak kanayatn disebut dengan naik dango yang tujuannya sama yaitu mengadakan pesta syukuran kepada jubata (tuhan) atas panen padi yang melimpah.dan biasanya gawai tersebut dilaksanakan dengan waktu yang berbeda-beda ditiap kampung/wilayah dan kemudian akan mengundang warga dari wilayah lainnya untuk datang kedaerah yang sedang melaksanakan acara gawai tersebut.

Gawai dayak atau naik dango didasari cerita rakyat tentang asal mula padi yaitu cerita nek baruang kulup.dalam cerita tersebut bahwa setangkai padi milik jubata dicuri oleh burung pipit digunung bawakng dan kemudian padi tersebut jatuh ketangan nek jaek yang saat itu sedang mengayau (mencari kepala manusia),tetapi saat pulang nek jaek tersebut tidak mendapat hasil dan hanya membawa setangkai padi, dan kemudian dia berencana untuk menanam benih tersebut,tetapi warga dikampungnya tidak setuju dan pada akhirnya dia diusir dari kampung tersebut.kemudian nek jaek pergi mengembara kehulu sungai dan dalam pengembaraan tersebut ia bertemu dengan jubata dan kemudian menikah dan memiliki anak yang bernama nek baruang kulup.baruang kulup suka datang ke dunia untuk bermain gasing bersama dengan manusia dan hingga kemudian baruang kulup mambawa padi kepada talino (manusia), kemudian ia diusir karena telah memberi padi tersebut kepada talino.sampai pada akhirnya baruang kulup menikah dengan manusia.saat memperoleh padi tersebut terjadi pengusiran kepada keluarga manusia dan jubata,sehingga sejak itu manusia tidak bisa lagi melihat jubata kecuali jubata memperlihatkan dirinya tetapi jubata memperlihatkan dirinya dalam wujud yang tidak disadari oleh manusia,dan jubata selalu memperhatikan manusia ,jubata tersebut mengajari orang dayak bertani,mengobati penyakit,memberikan kekuatan kepada orang tertentu,mengajarkan cara menghormati arwah leluhur,dan banyak hal lainnya yang diajarkan jubata kepada orang tertentu.padi yang diberikan jubata tersebut memberikan penghidupan kepada manusia dan itulah sebabnya manusia membuat upacara naik dango (gawai) sebagai wujud rasa syukur kepada jubata.

Gawai dayak sendiri dijadikan simbol bahwa setiap orang dayak berasal dari leluhur yang sama dan secara bersama-sama melestarikan budaya leluhur dan tradisi pada masa lalu dan menumbuhkan rasa solidaritas sesama orang dayak.

Pada tahun 1986 dibentuk SEKBERKESDA (Sekretariat bersama kesenian dayak) yang bertugas untuk mengorganisir pelaksanaan pagelaran seni budaya dayak di kalimantan barat dan dikemudian hari berubah menjadi gawai dayak yang memiliki simbol bahwa setiap orang dayak berasal dari leluhur dan budaya yang sama dan bersama-sama melestarikan budaya dan tradisi masa lalu.  Gawai dayak pertama sekali dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 1986 yang dipelopori oleh kelompok urban dayak yang memiliki tujuan untuk membangkitkan rasa kebersamaan sesama orang dayak,dan kemudian acara tersebut dikembangkan sebagai momen pelestarian budaya dengan menampilkan kesenian dan tradisi dari tiap-tiap daerah, dan acara gawai dayak tersebut dilaksanakan setiap tanggal 20 mei setiap tahun.dan gawai dayak tersebut mengalami perubahan nama pada tahun 1992 menjadi pekan gawai dayak yang maknanya bahwa gawai dayak tersebut dilaksanakan selama sepekan setiap tahun.

Dalam upacara gawai dayak (naik dango) ada beberapa kegiatan utama yaitu :

  1. Batutuk adalah sebuah kegiatan menumbuk padi dengan menggunakan lesung untuk mengambil beras,selain itu juga menumbuk tepung atau ketan untuk membuat hidangan makanan.
  2. Matik adalah doa yang dilantunkan kepada jubata (tuhan) untuk menyampaikan maksud hajatan tersebut agar tuhan memberi berkat atas pelaksanaan gawai tersebut dan pelaksanaan acara matik tersebut disajikan makanan berupa tumpi sunguh (cucur putih ).solekng’poe (beras pulut/lemang yang telah dimasak menggunakan bambu), sirih masak (sirih yang siap untuk dimakan yang didalamnya terdapat kapur,gambir),dan gulungan rokok daun nipah.
  3. Nyangahtn adalah doa yang diucapkan oleh tetua adat untuk mengambil semangat (jiwa) padi yang belum kembali, memanjatkan syukur kepada pencipta atas hasil padi yang telah dipanen, dan memohon agar pada masa berikutnya diberikan kesejahteraan,kemudian memohon agar segala sesuatu (kekotoran) dilunturkan,dan setelah itu dilaksanakan ngadap buis yaitu penerimaan sesajian (buis) oleh awa pama dan jubata dengan tujuan memberikan ungkapan syukur dan memperoleh penyucian terhadap hal-hal yang kurang berkenan dan kemudian memanggil jiwa yang tersesat agar tenang dan tenteram.

kemudian setelah beberapa acara tersebut kemudian pada malam harinya diadakan acara makan bersama dan umumnya tersedia makanan khas pulut (ketan yang dimasak menggunakan bambu), tumpi (cucur), dan makanan lainnya.

Gawai dayak sendiri telah dilaksanakan selama puluhan tahun setiap tanggal 20 mei setiap tahunnya yang didukung oleh masyarakat budaya yang bertujuan melestarikan budaya tradisional dan mempererat hubungan antar suku dayak dimanapun berada.

Ir Basuki tjahaja purnama.MM (BTP) mantan gubernur DKI Jakarta

0

Ir Basuki tjahaja purnama.MM  (BTP) yang biasa dipanggil ahok lahir di gantung desa laskar pelangi,belitung timur tanggal 29 Juni 1966 adalah mantan gubernur DKI Jakarta yang ke 17 menggantikan Ir Joko widodo (jokowi) dan  mulai menjabat sejak tanggal 16 Oktober 2014 – 09 Mei 2017.

riwayat pendidikan pernah belajar di  sekolah dasar di SDN nomor 3 gantung pada tahun 1977, sekolah menengah pertama di SMPN no 1 Gantung tahun 1981, SMA III PSKD Jakarta tahun 1984 dan setelah selesai menamatkan sekolah menengah atas tersebut kemudian sempat mendaftarkan diri  di Fakultas kedokteran Universitas kristen indonesia (UKI) sempat menjalani perkuliahan selama seminggu,akan tetapi karena merasa tidak cocok dengan keinginan pribadinya  kemudian basuki  melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Universitas trisakti,jakarta fakultas teknologi mineral jurusan geologi  dan mendapatkan gelar insiyur geologi pada tahun 1990.dan kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 manajemen keuangan di Sekolah tinggi manajemen prasetya mulya dan selesai tahun 1994.

Setelah selesai kuliah dan mendapatkan gelar insiyur geologi ,basuki kembali ke kampung halaman di belitung dan kemudian mendirikan perusahaan Cv Panda yang bergerak dibidang kontraktor pertambangan timah dan menjalani pekerjaan tersebut selama dua tahun.kemudian pada tahun 1992 basuki mendirikan PT Eka persada sebagai persiapan membangun pabrik gravel pack sand tahun1995 dengan harapan agar dapat memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah di belitung timur dengan memberdayakan sumber daya mineral terbatas.saat menjadi pengusaha tersebut,basuki sudah mengalami pahitnya menghadapi politik dan birokrasi yang korup dan pabriknya ditutup oleh pejabat yang sewenang-wenang,dan kemudian membuat basuki ingin pergi keluar negeri,tetapi keinginan basuki tersebut tidak disetujui ayahnya yakni Tjung kim nam (Indra Thahaja purnama).pada masih muda ayah basuki pernah berkeinginan untuk dapat menjadi pejabat agar dapat mensejahterakan rakyat tetapi hal tersebut dilupakan dan kemudian sang ayah bekerja keras untuk membentuk anak-anaknya meneruskan cita-cita tersebut.

Cara Tjung kim nam (Indra Tjahaja purnama) mendidik anak-anaknya diawali dengan selalu makan dengan duduk bersama dalam keluarga,dan saat makan tersebut ayahnya memberikan nasehat-nasehat dan harapannya sebagai orang tua, dan kemudian ayahnya selalu mengatakan kepada basuki dan saudaranya ” saya tidak akan mewariskan harta berupa uang,alasannya kalau  kalian punya uang banyak dan kaya,maka apabila ada perampok datang maka uang tersebut akan hilang dalam sekejap,tetapi jika kalian terdidik dan memiliki nama baik maka itulah harta sejati yang tidak dapat diambil oleh siapapun”

Pada tahun 2003 basuki memutuskan untuk masuk ke politik dan pada Pemilihan legistalif tahun 2004 mendaftar caleg melalui Partai perhimpunan indonesia baru (PPIB) dan kemudian basuki terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung timur periode tahun 2004-2009.selama bertugas di DPRD basuki menunjukan integritasnya dengan tidak melakukan korupsi,kolusi dan nepotisme dan memegang prinsip menyuarakan kebenaran dan keadilan.kemudian setelah 7 bulan menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten belitung timur ia banyak memperoleh dukungan rakyat untuk maju mengikuti kandidat pemilihan Bupati Belitung timur,dan dalam melaksanakan kampanye pemilihan bupati tersebut dia tidak menggunakan politik uang melainkan dia memberikan nomor telepon pribadinya agar apabila ada warga yang ingin menyampaikan keluhan agar dapat segera disampaikan dan ditangani dengan segera.

Berkat pengalaman sebagai pengusaha dan anggota DPRD kabupaten belitung timur, basuki mengerti mengelola sistem birokrasi dan keuangan dan kemudian ia mendata ulang daftar rakyat miskin di kabupaten belitung timur dengan harapan agar bantuan yang diberikan benar-benar bermanfaat,kemudian mengasuransikan warganya agar dapat menikmati pelayanan kesehatan gratis,sehingga warga tidak perlu lagi merasa khawatir memikirkan biaya apabila sakit,membebaskan biaya pendidikan sampai tingkat SMA,memperbaiki fasilitas umum,dan memperbaiki pelayanan publik,terobosan tersebut membuat tingkat kepuasan publik menjadi meningkat dan pada tahun 2006 tersebut,basuki dinobatkan oleh majalah TEMPO sebagai salah satu dari 10 tokoh yang mengubah indonesia.kemudian di tahun 2007 basuki dinobatkan sebagai tokoh anti korupsi dari penyelenggara negara oleh gerakan tiga pilar kemitraan yang terdiri dari Kementrian pendayagunaan aparatur negara,KADIN dan masyarakat transparansi indonesia.

kemudian pada tahun 2007 basuki ikut dalam pemilihan gubernur bangka belitung,tetapi dalam pemilihan gubernur tersebut dia gagal sebagai pemenangnya karena ada indikasi manipulasi dan kecurangan selama proses pemilihan berlangsung.

Pada tahun 2009 basuki kemudian ikut dalam pemilihan DPR RI melalui partai Golkar dan terpilih menjadi anggota DPR RI dan duduk di komisi II.setelah duduk di DPR RI ,basuki menerapkan standar baru bagi anggota DPR lain dalam anti korupsi,transparansi dan profesionalisme.basuki memiliki keyakinan bahwa perubahan indonesia tergantung pada individu yang memiliki integritas berani masuk kedalam politik.

Basuki dalam melaksanakan tugasnya sebagai pejabat negara tidak mau melakukan korupsi,ia berpegang teguh pada iman yang diyakininya bahwa korupsi itu adalah mencuri dan mencuri itu adalah dosa sebagaimana dikutip dalam nats alkitab yaitu  Amsal 30 :7 – 9 yang berbunyi : Dua hal aku mohon kepadamu,jangan kau tolak sebelum aku mati yakni jauhkanlah daripadaku kecurangan dan kebohongan .jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan .biarlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku.supaya aku kenyang,aku tidak menyangkalmu dan berkata siapa tuhan itu ? atau kalau aku miskin,aku mencuri, dan mencemarkan nama allahku.

Pada tahun 2012 diadakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang diselenggarakan pada tanggal 11 Juli 2012 dan basuki berpasangan dengan Joko widodo yang saat itu masih menjabat sebagai walikota surakarta.pasangan jokowi-basuki tersebut didukung oleh dua partai yaitu partai PDI perjuangan dan partai gerindra,dan jokowi – basuki membawa visi mewujudkan jakarta baru yang bebas dari pemukiman kumuh,sampah,pelayanan kesehatan gratis bagi warga,kota modern tertata rapi dengan kepemimpinan yang bersih dan melayani.pada saat saat melaksanakan kampanye,pasangan tersebut menawarkan program berupa :

  • Dalam bidang penataan kota:membangun rumah susun,membangun ruang publik berupa taman,mengganti angkutan transportasi umum yang lebih baik,melanjutkan pembangunan MRT,menyediakan transportasi massal yang layak.
  • Dalam bidang kesehatan: membuat Kartu jakarta sehat untuk menggantikan surat keterangan tidak mampu yang digunakan warga miskin untuk berobat dan biayanya ditanggung oleh pemerintah.
  • Bidang pendidikan: membuat program wajib belajar 12 tahun dengan membantu warga tidak mampu untuk dapat menyelesaikan pendidikan sampai SMA dengan biaya ditanggung oleh pemerintah yang diwujudkan menggunakan kartu jakarta pintar
  • Bidang ekonomi: merevitalisasi pasar tradisional agar dapat bersaing dengan pasar modern
  • Bidang kebudayaan: membangun kebudayaan warga kota yang berbasis komunitas dan mengembangkan pusat kebudayaan.
  • Bidang reformasi birokrasi :melaksanakan pemerintahan yang bersih,transparan, mempublikasikan melalui website program yang dilaksanakan,mengangkat pejabat walikota dengan sistem fit and proper test,mempercepat pengurusan perizinan,meniadakan pentungan yang selalu dibawa oleh polisi pamong praja dalam melaksanakan tugasnya.

Kemudian dalam pemilihan gubernur tersebut pasangan jokowi-basuki memperoleh kemenangan dengan 53,82% suara memilih pasangan tersebut mengalahkan pasangan Fauzi bowo-Nachrowi ramli dan berhasil mendampingi jokowi sebagai wakil gubernur DKI jakarta sejak tanggal 15 Oktober 2012.

Setelah resmi dilantik sebagai wakil gubernur DKI mendampingi Jokowi mereka langsung bekerja untuk memenuhi program-program yang disampaikan pada saat kampanye.pada bulan Februari 2013 basuki mempublikasikan gaji yang diterima untuk jabatan wakil gubernur DKI dengan setelah dipotong pajak sebesar Rp 2.810.100,- dan jumlah tunjangan wakil gubernur sebesar Rp 4.104.000,-

dan untuk mewujudkan transparansi dalam menjalankan pemerintahan, basuki mempublikasikan rapat kerja dengan pegawai pemda DKI melalui  internet menggunakan saluran youtube.

Pada tanggal 19 November 2014,basuki resmi menjabat Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko widodo setelah menang dalam pemilihan presiden republik indonesia,dan dibawah kepemimpinannya basuki melanjutkan program jakarta baru.

kemudian pada  bulan september 2014 basuki meninggalkan partai gerindra,yaitu partai yang telah membawanya ke kursi wakil gubernur,alasan basuki meninggalkan partai gerindra tersebut karena Partai gerindra mendukung rancangan undang-undang pemilihan kepala daerah yang dipilih oleh DPRD dan basuki tidak setuju atas usul partai gerindra tersebut agar kepala daerah dipilih oleh DPRD karena menurut basuki bahwa apabila kepala daerah dipilih oleh DPRD maka kepala daerah bertanggung jawab kepada DPRD,bukan kepada rakyat langsung, dan apabila dilakukan pemilihan kepala daerah secara langsung,maka siapapun memiliki kesempatan untuk dapat menjadi kepala daerah.karena merasa sudah tidak sejalan dengan perjuangannya akhirnya basuki mengundurkan diri dari partai gerindra.

Selama menjabat basuki memerintahkan bawahannya untuk menormalisasi sungai dan memindahkan warga yang tinggal dibantaran sungai karena menyebabkan banjir di beberapa wilayah jakarta, menertibkan bangunan liar,menertibkan warga yang tinggal di lahan milik negara,menertibkan pedagang kaki lima,melakukan penertiban kali jodo, pembangunan mass rapid transit  (MRT) jakarta,pembangunan LRT jakarta,pembangunan trans jakarta layang, membuat sistem parkir meter,melakukan sterilisasi monas dari pedagang kaki lima, merelokasi kampung pulo,membentuk PPSU untuk menangani kebersihan jakarta,membuat ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA).

kemudian basuki bersama dengan Djarot saiful hidayat kembali mencalonkan diri sebagai calon gubernur dan wakil gubernur periode tahun 2017-2022 yang dilaksanakan pada 15 februari 2017 dan 19 April 2017, pasangan tersebut didukung oleh partai PDI Perjuangan ,partai hati nurani rakyat,partai nasional demokrat,partai golkar dan pada putaran kedua pasangan tersebut kalah pada putaran kedua dan dimenangkan oleh Anies baswedan dan sandiaga uno sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih dengan jumlah 57,96 % suara pemilih.

para pendukung basuki sedih dan menerima hasil pemilihan tersebut dan kemudian para pendukung mengirimkan karangan bunga kepada basuki sebagai ucapan terimakasih atas usahanya selama memimpin sebagai gubernur jakarta.

selama masa kampanye pasangan basuki bersama dengan Djarot saiful hidayat selalu dihembuskan dengan berbagai isu suku agama dan ras karena basuki merupakan seorang tionghoa dan beragama kristen.kemudian pada tanggal 27 september 2016 basuki melaksanakan kunjungan kerja di pulau pramuka kepulauan seribu untuk meninjau program pembudidayaan ikan kerapu, dan disana dia berbicara didepan warga pulau pramuka  dan mengatakan bahwa program pembudidayaan ikan kerapu tersebut akan tetap berjalan walaupun dirinya tidak terpilih lagi sebagai gubernur,dan dalam pertemuan dengan warga tersebut basuki mengatakan : “kan bisa aja dalam hati kecil bapak ibu ngak pilih saya karena dibohongi (orang) pakai surat almaidah 51 macam-macam itu,itu hak bapak ibu, kalau bapak ibu merasa gak bisa pilih karena takut masuk neraka ,dibodohin begitu,oh nggak apa-apa ,karena itu panggilan pribadi bapak ibu.kata basuki.

Kemudian tanggal 06 Oktober 2017 buni yani menggunggah rekaman video pidato tersebut di akun facebooknya dengan memberi judul “penistaan agama” namun video rekaman pidato tersebut diedit terlebih dahulu dengan menghilangkan kata pakai didalamnya dan buni yani menuliskan ” karena dibohongi surat al maidah 51 ” tidak seperti aslinya ” karena dibohongi pakai surat al maidah 51″ dan kemudian tidak lama setelah itu ormas islam seperti FPI,MUI melaporkan basuki ke polisi dengan tuduhan penistaan agama.

Kemudian pada tanggal 10 oktober 2016 basuki meminta maaf kepada umat islam terkait ucapannya soal surat al maidah 51,kemudian tanggal 14 oktober 2016 ribuan orang dari berbagai ormas islam di jakarta melakukan demonstrasi dan menuntut agar basuki segera dihukum.kemudian tanggal 24 Oktober 2016 basuki mendatangi kantor kepolisian di bareskrim Polri untuk memberikan klarifikasi atas ucapannya tersebut.

Pada tanggal 04 November 2016 unjuk rasa anti ahok kembali terjadi dan kemudian menuntut agar basuki di pidanakan dan dipenjarakan, dan dalam aksi tersebut diikuti oleh wakil ketua DPR RI  fahri hamzah dan fadli zon ,unjuk rasa tersebut diikuti oleh anggota ormas FPI sebanyak 100.000 orang.dan unjuk rasa tersebut berlangsung dengan tertib dan damai,tetapi menjelang malam hari sempat terjadi kericuhan tetapi bisa diatasi oleh polisi.kemudian tanggal 05 November 2016 presiden jokowi memerintahkan agar kasus tersebut segera ditangani dengan transparan dan apabila diperlukan dapat dilakukan gelar perkara terbuka, dan kemudian pada tanggal 07 November 2016 basuki diperiksa polisi untuk kedua kalinya.

Pada tanggal 15 November 2016,POLRI melakukan gelar perkara terbuka terbatas untuk menentukan status basuki dan sehari kemudian yaitu tanggal 16 November 2016 Polisi menetapkan basuki sebagai tersangka dalam dugaan penistaan agama, dan basuki menyatakan mengikuti proses hukum.

pada tanggal 25 November 2016 berkas perkara basuki diserahkan oleh penyidik ke kejaksaan agung ,dan pada tanggal 30 november 2016 perkara tersebut dinyatakan lengkap dan hasil penyidikan kasus tersebut memenuhi syarat formal dan material untuk dibawa ke pengadilan dan pada berkas perkara,basuki disangkakan melakukan penodaan agama dengan pasal 156 dan pasal 156a Kitab undang-undang hukum pidana.

Pada tangggal 09 Mei 2017 hakim pengadilan negeri jakarta utara Dwiarso budi santiarto yang memeriksa perkara tersebut menjatuhkan hukuman vonis penjara selama dua tahun kepada basuki dan kemudian hakim tersebut memerintahkan agar basuki segera ditahan di penjara.putusan hakim tersebut lebih berat daripada tuntutan jaksa yaitu satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun tetapi basuki langsung mengajukan banding atas putusan tersebut.dan pada saat hakim membacakan putusan tersebut, diluar gedung terdapat ribuan orang massa pelapor untuk mengawal hasil sidang putusan dari pengadilan tersebut.satu hari pasca dibacakan putusan sidang tersebut ,tiga orang hakim yang memeriksa perkara basuki tersebut mendapat promosi naik jabatan,adapun hakim tersebut antara lain Dwiarso budi santrianto mendapat promosi menjadi hakim di pengadilan tinggi bali,hakim abdul rosyad mendapat promosi menjadi hakim di pengadilan tinggi suslawesi tengah,Jupriadi mendapat promosi menjadi ketua pengadilan negeri bandung.

pendukung gubernur basuki sangat kecewa dengan hasil putusan pengadilan tersebut,kemudian tidak lama setelah hakim membacakan putusan penjara selama dua tahun terhadap basuki,ia langsung dibawa ke penjara cipinang untuk ditahan,mengetahui hal tersebut pendukung basuki yang jumlahnya ribuan orang langsung datang ke penjara cipinang dan melakukan aksi didepan penjara tersebut dan menuntut agar basuki segera dibebaskan karena kasus tersebut sarat dengan politik mengatasnamakan agama.kemudian malam harinya basuki kemudian dipindahkan ke markas brimob dengan alasan keamanan karena jumlah pendukung basuki tidak mau meninggalkan lokasi penjara cipinang sebelum bertemu dengan basuki.dan mengetahui bahwa basuki dipindahkan ke markas brimob kemudian pendukungnya datang ke markas brimob untuk menuntut agar basuki segera dibebaskan . kemudian pihak kepolisian memfasilitasi basuki berbicara kepada pendukungnya menggunakan alat komunikasi HT (handy talk) dan menyuruh pendukungnya segera pulang kerumah.

kemudian pada tanggal 10 Mei 2017 sekitar 1000 orang pendukung dan relawan basuki melakukan aksi solidaritas dengan menyalakan lilin pada acara bertajuk solidaritas atas matinya keadilan,dan kegiatan tersebut dilaksanakan di tugu proklamasi jakarta,setelah itu aksi menyalakan 1000 lilin juga merambah ke berbagai daerah di indonesia sampai keluar negeri,dimulai dari jakarta,sumba,ende,kupang,jogya,manado,surabaya,batam,rote,nias,medan,pematang siantar,singkawang,parapat,toraja,tobelo,tapanuli utara,pekanbaru,nias,palangkaraya,sidikalang,samarinda,bandung,bali,jayapura,timika,maluku, dan aksi tersebut juga dilakukan dibeberapa negara yaitu belanda,jepang,taiwan,hongkong,toronto,kanada,belgia,belanda,new york,washington,perth,inggris,norwegia,jerman.

Tetapi dalam perjalanan proses mengajukan banding ke pengadilan tinggi, basuki kemudian batal mengajukan banding atas vonis hakim yang menghukumnya selama dua tahun penjara,dan disisi lainnya untuk menjawab seluruh aksi dukungan kepada basuki oleh para relawan dan pendukungnya,kemudian basuki menuliskan sepucuk surat dari dalam penjara untuk para pendukungnya dan surat tersebut dibacakan oleh istrinya veronika dan berikut isi surat yang ditulis oleh basuki tersebut:

Rumah tahanan Depok,Minggu 21 Mei 2017

Kepada relawan dan pendukung ahok yang saya cintai,semua mereka yang telah menjalankan proses demokrasi dimanapun berada.

Saya telah banyak berpikir tentang kejadian yang saya alami,saya mau berterimakasih kepada saudara-saudara yang terus mendukung saya dalam doa,kiriman bunga,makanan,kartu ucapan,surat,buku-buku,bahwa berkumpul dengan menyalakan lilin.

Saya tahu tidak mudah bagi saudara menerima kenyataan seperti ini,apalagi saya.tetapi saya telah belajar mengampuni dan menerima semua ini,jika untuk kebaikan kita dalam berbangsa dan bernegara.

Alangkah ruginya warga DKI dari sisi kemacetan dan kerugian ekonomi akibat adanya unjukrasa yang mengganggu lalu lintas,tidaklah tepat saling unjuk rasa dan demo dalam proses yang saya alami saat ini.saya khawatir banyak pihak yang akan menunggangi jika para relawan unjuk rasa,apalagi benturan dengan pihak lawan yang tidak suka dengan perjuangan kita.

Terimakasih telah melakukan unjukrasa yang taat aturan dan menyalakan lilin perjuangan konstitusi ditegakkan di NKRI dengan pancasila,Undang-undang dasar tahun 1945,dan bhineka tunggal ika.

Mari kita tunjukan bahwa kita percaya,tuhan tetap berdaulat dan memegang kendali sejarah setiap bangsa .kita tunjukan bahwa kita adalah orang yang beriman kepada tuhan yang maha esa,pasti mengasihi sesama manusia,pasti menegakkan kebenaran dan keadilan bagi sesama manusia.

Gusti ora sare….

Put your hope in the lord now and always. Mazmur 131 ayat 3

Kalau dalam iman saya ,saya katakan : The lord will work out his plans for my life.Mazmur 138 ayat 8a. (Tuhan akan menyelesaikannya bagiku.Mazmur 138 ayat 8a).

saat ini basuki dijadikan simbol perjuangan untuk mempertahankan negara kesatuan republik indonesia,pancasila dan keberagaman.kasus basuki tersebut juga menjadi momentum kebangkitan rakyat indonesia yang selama ini diam kembali menyuarakan mempertahankan NKRI ,pancasila dan keberagaman,dan rakyat tidak menginginkan kelompok radikal dan intoleran yang berupaya menggantikan dasar negara,dan menolak keberagaman.

Walaupun basuki berada dipenjara tetapi pendukungnya tidak meninggalkannya,nama basuki yang akrab disapa ahok semakin santer terdengar sampai kepelosok negeri dan bahkan  mendapat perhatian dunia internasional,mungkin suatu saat nanti kita bisa kembali mendengar nama ahok dalam saat yang berbeda,karena banyak tokoh dunia yang terkenal pernah mendapatkan ketidakadilan dalam proses hukum yang berlaku dan kemudian namanya diingat,dipuja dan dipuji banyak orang sehingga menjadi tokoh yang berpengaruh dan bahwa memimpin sebuah negara.

Cara mengecilkan perut buncit untuk pria dan wanita secara cepat dan alami

0

Perut buncit yang biasanya disebut dengan obesitas perut umumnya disebabkan oleh penumpukan lemak dibagian perut.lemak tersebut ada dua macam yaitu lemak subkutan yang berada di bawah kulit dan lemak viseral yang berada didalam organ dalam tubuh.terjadinya obesitas pada perut karena adanya asupan makanan yang melebihi aktifitas fisik sehingga mengalami penumpukan.dan dapat juga disebabkan kurangnya aktifitas olagraga.

penyebab lainnya adalah adanya riwayat perut buncit dalam keluarga,stres yang tinggi ,minum minuman keras dan banyak memakan makanan yang berlemak,sedangkan pada wanita perut buncit dapat dialami setelah mengalami monopause.oleh karena itu perut buncit juga dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan seperti penyakit jantung,tekanan darah tinggi,stroke, dan diabetes.

umumnya bagi orang yang mengalami perut buncit akan sangat sulit mengecilkannya kembali,tidak ada cara yang instan untuk mendapatkan hasil mengecilkan perut buncit,umumnya cara yang digunakan adalah dengan banyak melakukan aktifitas fisik berupa olahraga yang rutin dan teratur,berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut buncit ;

  • Banyak melakukan aktifitas fisik berupa olahraga.dan cara yang paling cepat adalah olahraga lari pada sore hari kira-kira jam 3 sore,tetapi apabila sudah rutin melaksanakan olahraga tersebut sebaiknya mengurangi makanan yang berlemak dan kalori tinggi.
  • Mengurangi makanan dan asupan kalori yang tinggi,sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran,susu yang rendah lemak,dan protein tanpa lemak.
  • Mengurangi minum minuman beralkohol.
  • Tidur yang cukup dan teratur
  • Konsumsi buah lemon,dapat membantu mengurangi lemak perut apabila dikonsumsi secara rutin dan teratur.
  • Makan makanan berserat
  • Hindari makan cemilan,karena makan makanan cemilan mengandung banyak gula dan lemak yang tinggi seperti coklat,kue,es krim,lemak tersebut dapat akan tertimbun didalam perut.
  • Melakukan senam aerobik,dapat membakar lemak secara bertahap dan konsisten
  • Melakukan kegiatan olahraga bersepeda.
  • Melakukan diet,yaitu mengurangi frekuensi makan dari biasanya 4 kali sehari menjadi 2 kali sehari.
  • Membatasi asupan makanan dengan asupan gula yang tinggi misalnya kue,coklat,es krim dan minuman kemasan.
  • Minum air putih yang banyak akan membuat tubuh lebih sehat

Banyak orang melakukan cara-cara yang ekstrim untuk mengecilkan perut buncit seperti melakukan diet dengan cara tidak makan sama sekali yang pada akhirnya akan membuat sakit,diet bukan berarti tidak makan sama sekali,melainkan mengurangi asupan makanan yang dimasukkan ke dalam tubuh,kemudian disertai dengan olah raga yang teratur karena kedua hal tersebut harus dilakukan secara berdampingan jika ingin memperoleh hasil yang memuaskan.

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat tanpa bekas

0

Hampir semua orang pernah memiliki jerawat baik itu laki-laki atau perempuan,baiknya mengetahui terlebih dahulu apa jenis jerawat tersebut.jerawat adalah gangguan pada kulit wajah yang disebabkan oleh sumbatnya pori-pori sehingga mengakibatkan kulit tampak kemerahan dan dan ada bengkak dan bernanah.

Jerawat juga banyak jenisnya diantaranya yang paling ringan adalah bintik merah yang ada di beberapa bagian wajah dan yang paling parah adalah wajah penuh dengan jerawat dan sakit apabila disentuh,selain itu juga jerawat kadang membuat orang yang mengalaminya menjadi tidak percaya diri.

Umumnya pada sebagian orang mengalami jerawat pada saat masa pubertas dan dialami oleh laki-laki dan perempuan,selain itu orang dewasa juga banyak yang mengalami hal tersebut. dan ada beberapa faktor orang mengalami jerawat yaitu :

1.Faktor perubahan hormon pada tubuh manusia umumnya dialami oleh orang yang masa puber dan mengalami menstruasi

2.Faktor infeksi pada kulit karena adanya bakteri yang memicu peradangan.

3.Faktor genetik yang cenderung dialami oleh keluarga

4.Faktor psikologi,biasanya orang yang stres dapat menimbulkan jerawat

ada beberapa cara yang digunakan untuk menghilangkan jerawat tersebut diantaranya cara alami dan melalui pengobatan.tapi dalam menggunakan obat jerawat juga tidak boleh sembarangan mengingat saat ini banyak obat kimia yang menawarkan obat penghilang jerawat,tetapi setelah digunakan malah menjadi semakin parah karena karena tidak semua obat yang dijual bebas dipasaran dapat benar-benar menghilangkan jerawat,bahkan ada yang lebih parah berikut kandungan obat jerawat yang berbahaya bagi kulit;

1.merkuri merupakan bahan kimia yang paling banyak ditemukan pada produk obat penghilang jerawat,yang berbahaya apabila sampai kena kulit sehingga menimbulkan iritasi,kulit kemerahan dan bintik hitam pada kulit wajah

2.senyawa asam retinoat yang dapat mengakibatkan kulit panas seperti terbakar dan mengelupas.

3.senyawa hidrokuinon yang mengakibatkan timbul flek hitam diwajah dan bengkak kemerahan.

4.rodhamin B  atau pewarna sintetik atau pewarna tekstil yang mengakibatkan iritasi pada pencernaan sehingga tidak baik bagi kesehatan.

untuk itu apabila salah dalam memilih obat akan mengakibatkan kondisi jerawat akan semakin parah,gatal,kulit kering,kulit terkelupas,dan menimbulkan iritasi.untuk menghindari hal-hal tersebut ada baiknya mencoba menghilangkan jerawat dengan cara alami,bahannya mudah ditemukan disekitar kita  dan harga lebih murah,yaitu dengan menggunakan bahan alami seperti :

1.mentimun,cocok digunakan untuk menghilangkan jerawat karena sifat diuretik,efek pendingin,dan juga pembersih bagi kulit sehingga baik untuk perawatan kulit,dan dalam mentimun memiliki kandungan vitamin A,B,C dan mineral ,dan apabila menggunakan sari mentimun untuk masker dapat mengencangkan kulit wajah.cara menggunakannya adalah

  • Ambil buah mentimun kemudian bersihkan
  • buah mentimun kemudian di haluskan dengan cara di blender
  • ambil sarinya dan minum kemudian bisa juga di lumuri di wajah
  • kemudian bersihkan dengan air hangat

2.Lemon,cocok digunakan untuk menghilangkan jerawat karena mengandung vitamin C,jeruk lemon memiliki sifat disinfektan alami yang dapat menghilangkan jerawat,minyak berlebih yang ada di wajah dan bakteri pada wajah,dan cara menggunakannya adalah:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu
  • ambil buah lemon kemudian diperas ke dalam semangkuk air,kemudian setelah itu ambil kapas dan celupkan ke dalam air campuran perasan lemon tersebut dan kemudian oleskan di daerah yang ada jerawat
  • setelah satu malam ,kemudian wajah dibersihkan dan lakukan sampai beberapa hari maka akan memperoleh hasil yang baik

3.pepaya,juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat digunakan sebagai masker sari pepaya untuk menghilangkan jerawat dan cara menggunakannya adalah:

  • Ambil satu buah pepaya kemudian buah tersebut di kupas dan kemudian di haluskan sampai menjadi bubur
  • bersihkan wajah dengan menggunakan air bersih
  • oleskan bubur buah pepaya tersebut ke wajah dan biarkan selama 60 menit,kemudian bersihkan dengan air hangat, dan ulangi sampai beberapa kali sampai mendapatkan hasil yang lebih baik.

4.air kelapa,sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan,kemudian dapat juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dan cara menggunakannya adalah ;

  • ambil satu buah kelapa (yang muda lebih baik)
  • kemudian ambil airnya dan simpan di dalam wadah berupa mangkok
  • kemudian cuci wajah dengan menggunakan air kelapa tersebut sehingga akan terasa segar pada wajah.

ada beberapa cara agar jerawat tidak datang kembali antara lain:

1.Makan makanan sehat dan seimbang dan banyak mengkonsumsi buah-buahan segar serta hindari makanan berlemak seperti daging,hindari makanan berminyak seperti gorengan dan lain-lain.

2.Hindari menggunakan alat kosmetik yang belum diketahui efeknya pada wajah,karena saat ini banyak alat kosmetik yang mengandung bahan berbahaya.

3.Hindari memencet jerawat sampai mengeluarkan nanah karena hal tersebut dapat menyebabkan infeksi dan iritasi pada kulit.